You are hereFeed aggregator / Sources / Fakultas Kehutanan

Fakultas Kehutanan


Syndicate content
Berita Kampus Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin
Updated: 1 year 1 week ago

Jokowi Menyanyikan Mars Rimbawan Bersama Civitas Akademika Fahutan Unhas

Sat, 10/05/2013 - 05:48

Fahutan, Unhas - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama Jokowi menyempatkan mengunjungi Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin dalam serangkaian kegiatannya di Makassar, Jumat (4/10). Sebagaimana diketahui, Jokowi juga merupakan rimbawan, alumni kehutanan UGM.

Di Fakultas Kehutanan, Jokowi melakukan penanaman ebony (Diospyros celebica) di halaman fakultas. Namun, sebelum menanam, ia diminta menyanyikan lagu Mars Rimbawan bersama dengan civitas akademika fakultas kehutanan. Saat ditanya apakah masih mengingat Mars Rimbawan, dengan lugas ia menjawab masih ingat. Mars rimbawan adalah mars para rimbawan di seluruh pelosok tanah air.

Jokowi hadir di Makassar dalam rangka kegiatan peresmian kantor cabang Bank DKI yang berada di Jl. Ratulangi, Makassar. Setelah itu, ia menyempatkan mengunjungi Universitas Hasanuddin.

Categories: Faculties Feed

Prodi Kehutanan Gelar Upgrading Penulisan Karya IImiah

Tue, 09/24/2013 - 17:33

Fahutan, Unhas - Dalam rangka pengembangan kapasitas program studi, Program Studi Kehutanan menggelar Upgrading Penulisan Karya Ilmiah yang berlangsung Senin kemarin (23/9) di Aula Fakultas Kehutanan Unhas. Kegiatan Upgrading tersebut diikuti oleh dosen, mahasiswa program sarjana dan pascasarjana kehutanan Unhas.

Hadir sebagai pembicara Prof. Ir. Wasmen Manalu, Ph.D. yang merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Selain itu, Prof. Dr. Halmar Halide, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Sc. juga didaulat sebagai pembicara. Ketiga pembicara tersebut punya banyak pengalaman menulis pada jurnal bertaraf internasional.

Dalam materinya, Prof. Manalu menyampaikan bahwa penelitian belum dikatakan selesai jika belum melakukan registrasi pada jurnal ilmiah. Ia juga menyampaikan bahwa karya ilmiah yang dihasilkan harus ada sumbangannya terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, menemukan teknologi atau menghasilkan inovasi baru.

Dekan Fakultas Kehutanan Prof. Muh. Restu mengharapkan bahwa dengan kegiatan upgrading tersebut dapat memperkaya dan memberikan pemahaman yang lebih bagus bagi para peserta dalam rangka peningkatan kualitas penulisan karya ilmiah.

Categories: Faculties Feed

Enam Fakultas Ikut Pelatihan ISO di Fahutan Unhas

Fri, 09/13/2013 - 13:54

Fahutan, UNHAS - Sebanyak 6 (enam) fakultas di lingkup Universitas Hasanuddin mengikuti Pelatihan ISO oleh PT. First Consulting Indonesia yang berlangsung di Aula Fakultas Kehutanan Unhas, Jumat (13/9). Enam fakultas tersebut adalah Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakulltas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas MIPA dan Fakultas Kedokteran Gigi. Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan dari masing-masing fakultas hingga kasubag.

Fakultas Kehutanan memang berencana menerapkan Standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Sebelumnya, bulan Mei yang lalu, fakultas kehutanan telah melakukan sosialisasi Standar Sistem Manajemen Mutu tersebut terhadap dosen dan staf dilingkup fakultas.


Categories: Faculties Feed

Yudisium, Pelepasan Calon Wisudawan dan Ramah Tamah Wisuda Fahutan Periode I September 2013

Thu, 09/12/2013 - 18:43

Fahutan, Unhas - Fakultas Kehutanan Unhas menyelenggarakan acara Yudisum yang dirangkaikan dengan Pelepasan Calon Wisudawan dan Ramah Tamah Periode I September 2013 yang berlangsung Minggu Siang (8/9) di Aula Fakultas Kehutanan. Acara dihadiri orang tua/wali wisudawan, pimpinan fakultas, dan staf pengajar Fahutan. Pada periode kali ini, Fakultas Kehutanan kembali meluluskan 29 orang mahasiswanya.

Sugiarti LIPI menjadi wisudawan terbaik periode kali ini. Dengan Judul tugas akhir "Prediksi Erosi Menggunakan Metode Universal Soil Loss Equation Untuk Perencanaan Penggunaan Lahan di Daerah Aliran Sungai Lampoko", Sugiarti mampu menyelesaikan studinya selama 3 tahun 11 bulan dengan IPK 3.77 predikat kelulusan cum laude.

Categories: Faculties Feed

Kompas: Kebun Raya Universitas Dijajaki

Mon, 09/09/2013 - 12:56

Makassar, KOMPAS - Hutan Pendidikan seluas 1.300 hektar yang dikelola Fakultas Kehutanan Univesitas Hasanuddin, Sulawei Selatan, dijajaki dijadikan kebun raya untuk sebagian. Di area tersebut masih terdapat lahan seluas 520 hektar atau sekitar 40 persen hutan alam.

Categories: Faculties Feed

Kuliah Umum bersama Menteri Lingkunan Hidup di Fahutan Unhas

Sat, 09/07/2013 - 08:22

Fahutan, Unhas - Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, M.B.A. menyampaikan kuliah umum dan mewisuda peserta pendidikan lingkungan usia remaja dalam rangkaian acara hari Wanua Maruddani, 50 Tahun Pendidikan Kehutanan Unhas, di Aula Fakultas Kehutanan, Jumat (30/8). Kuliah umum diikuti oleh mahasiswa, dosen, juga siswa pendidikan lingkungan hidup yang berasal dari SMPN 7 bengo-bengo, Maros.

Prof. Balthasar mengawali kuliah umumnya dengan menyampaikan ucapan selamat kepada Kehutanan Unhas yang usia pendidikannya di Unhas telah memasuki yang ke 50 Tahun.

Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan secara khusus kepada pada siswa pendidikan lingkungan usia remaja yang baru saja ditamatkan. Mereka merupakan pionir untuk lingkungan di negara ini, tambahnya pula.

Diakhir kuliahnya, Prof. Balthasar menyampaikan bahwa kampus memiliki peran yang penting dalam mempersiapkan pendidikan terhadap generasi yang care dengan lingkungan. Dan ia pun mengharapkan bahwa kampus dapat melahirkan pemimpin yang mempunyai pemahaman dan kepedulian terhadap lingkungan.

Categories: Faculties Feed

Fahutan Sukses Selengarakan Seminar Nasional Silvikultur

Sat, 09/07/2013 - 07:45

Fahutan, Unhas - Fakultas Kehutanan sukses menggelar Seminar Nasional Silvikultur I yang berlangsung di Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, Makassar, pada Tanggal 29 dan 30 Agustus 2013. Seminar Nasional diikuti oleh para Silvikulturis dari berbagai institusi di berbagai pelosok Indonesia.

Seminar Nasional diawali dengan pemaparan oleh Inveted Speaker, yakni Prof. Baharuddin Nurkin (Unhas), Prof. Moh. Naiem (UGM), Prof. Andri Indrawan (IPB) dan Prof. Abu Bakar M. Lahjie (Unlam). Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pararel season yang dibagi dalam 5 komisi, dimana para peneliti dari berbagai institusi memaparkan hasil penelitiannya.

Dari pemamaran para peneliti tersebut, diseminasi hasil-hasil temuan terbaru diharapkan dapat memberikan informasi berguna yang dapat dimanfaatkan secara luas baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan dibidang silvikultur maupun dalam aplikasinya di lapangan secara luas.

Selain itu, pada seminar ini juga telah dibentuk "MASYARAKAT SILVIKULTUR INDONESIA" yang menetapkan Prof. Dr. Muh. Restu yang juga adalah Dekan Fakultas Kehutanan Unhas sebagai ketua periode 2013-2016. Seminar Nasional Silvikultur II dan III juga telah ditetapkan akan berlangsung di Jogjakarta tahun 2014 dan Bogor pada tahun 2015.

Jumat paginya, acara seminar kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Field Trip menuju Taman Purbakala Leang-leang, Taman Nasional Bantimurung dan berakhir di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Bengo-Bengo, Maros.

Melalui seminar ini diseminasi hasil-hasil temuan terbaru diharapkan dapat memberikan informasi berguna yang dapat dimanfaatkan secara luas baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan dibidang silvikultur maupun dalam aplikasinya di lapangan secara luas.

Categories: Faculties Feed

Meriah di hari Wanua Maruddani, 50 Tahun Pendidikan Kehutanan Unhas

Wed, 09/04/2013 - 08:07

Fahutan, Unhas - Perayaan hari Wanua Maruddani dalam rangka peringatan 50 Tahun Pendidikan Kehutanan Universitas Hasanuddin dan Temu Alumni berlangsung meriah di Fakultas Kehutanan Kampus Unhas, Tamalanrea Makassar dan Hutan Pendidikan Unhas, Bengo-Bengo Maros. Kegiatan tersebut belangsung selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 Agustus 2013.

Sabtu pagi, perayaan dimulai dengan melakukan kegiatan jalan santai mengitari kampus Unhas Tamalanrea. Wakil Rektor I Prof. Dadang A. Suriamiharja melepas peserta jalan santai yang terdiri dari alumni dan civitas fakultas kehutanan serta dari lingkup Unhas. Start diawali dari pelataran depan Gedung Fakultas Kehutanan, lalu mengelilingi kampus, dan berakhir di tempat semula.

Usai jalan santai, para peserta kemudian menikmati berbagai jenis kuliner khas makassar yang disajikan oleh Panitia. Selain itu, Fakultas Kehutanan juga memberikan penghargaan kepada orang-orang yang memiliki peran besar terhadap pendidikan Kehutanan Unhas sejak berdirinya hingga usianya yang telah menginjak 50 Tahun.

Sore harinya, peserta kemudian bergerak menuju Hutan Pendidikan Unhas, di Bengo-bengo, Maros. Berikutnya, ada dua kegiatan akan digelar di sana, yakni Sylva Ria dan Tudang Sipulung.

Menginjak malam, acara Sylva Ria pun dimulai, alumni dari berbagai angkatan memberikan persembahan, dari persembahan lagu hingga stand up comedy yang cukup menghibur seluruh peserta yang hadir. Minggu paginya, kegiatan berlanjut pada acara tudang sipulung.

Siang harinya, semua rangkaian kegiatan pun berakhir, para peserta beranjak meninggalkan Hutan Pendidikan Unhas untuk kembali ke daerah masing-masing, menyebar di seluruh pelosok negeri ini, dan akan berjumpa kembali di hari Wanua Maruddani berikutnya.

Categories: Faculties Feed

Baharuddin Raih Gelar Doktor

Tue, 09/03/2013 - 09:36

Fahutan, Unhas - Baharuddin berhasil memperoleh gelar doktor dalam bidang Ilmu Pertanian setelah lulus dalam ujian promosi doktor dengan predikat sangat memuaskan yang berlangsung di Aula Fakultas Kehutanan, Kamis (22/8). Ia mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul Analisis Potensi Tegakan Bambu Parring (Gigantachioa atter) Sebagai Penyerap dan Penyimpanan Karbon (Studi Kasus Pengelolaan Hutan Bambu Rakyat di Tanralili Kabupaten Maros) dihadapan para penguji dan penguji eksternal.

Sidang ujian promosi dipimpin oleh Prof. Muh. Restu yang juga merupakan Dekan Fakultas Kehutanan. Tim penguji terdiri atas Prof. Djamal Sanusi, Prof. Daud Malamassam, Prof. Kaimuddin, Prof. Baharuddin Mappangaja, Prof. Samuel A. Paembonan, Prof. Iswara Gautama dan Dr. Hasan Hasyim.

Novelty yang diangkat dalam disertasinya adalah penentuan kadar karbon biomassa bambu berdasarkan dengan analisis komponen kimia, model pendugaan bionassa, dan cadangan karbon bambu parring di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros.

Categories: Faculties Feed

Wakil Bupati Banggai Sharing Pengalaman dengan MABA Kehutanan

Tue, 09/03/2013 - 06:23

Fahutan, Unhas - Wakil Bupati Banggai, Ir. Hermin Yatim, MM, yang juga merupakan Alumni Kehutanan Unhas Angkatan 85, memberikan materi dan sharing pengalaman kepada Mahasiswa Baru dalam acara Penerimaan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (P2MB) Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, Selasa (20/8). Kegiatan yang berlangsung di Aula Fakultas Kehutanan tersebut diikuti oleh 179 mahasiswa baru tahun 2013.

Dalam pemaparannya, Hermin menyampaikan bahwa usai meraih gelar sarjananya di tahun 1990, ia kemudian diminta untuk membangun Hutan Tanaman Industri (HTI) oleh pengusaha dari Sulawesi Tengah, tepatnya di Banggai, daerah yang saat itu masih asing terdengar di telinga. Pada masa itu, HTI hanya banyak dikembangkan pada daerah Sumatera dan Kalimantan, dan belum ada di Sulawesi. Baginya, tawaran tersebut merupakan sebuah tantangan sebagai rimbawan Unhas.

Memasuki Tahun ke-3, HTI yang ia bangun mendapat kunjungan Menteri Kehutanan, yang saat itu dijabat Ir. Djamaluddin Suryohadikusomo dan dikenal sangat tegas. Namun, setelah melihat HTI yang dibangun secara langsung maupun pantauan udara, menteri merasa puas dengan HTI yang dihasilkan oleh Forester Unhas tersebut dan memberikan reward berupa HPH seluas 102.000 ha, juga dana reboisasi.

Selain itu, kepada mahasiswa baru, hermin juga menyampaikan empat point yang harus dimiliki oleh seorang rimbawan agar berhasil, yaitu harus memiliki karakter yang kuat, mempunyai kedisiplinan, harus fokus pada target yang ingin dicapai dan harus memiliki kepribadian yang baik.

Categories: Faculties Feed

P2MB Fakultas Kehutanan Tahun 2013

Tue, 08/20/2013 - 10:00

Fahutan, Unhas - Kegiatan Penerimaan dan Pembinaan Mahasiswa Baru (P2MB) Fakultas Kehutanan berlangsung mulai hari ini, Selasa (20/8), di Aula Gedung Baru Fakultas Kehutanan. Kegiatan P2MB ini diikuti oleh sebanyak 177 orang mahasiswa baru yang berasal dari berbagai pelosok tanah air.

Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa selama pelaksanaan P2MB ini, mahasiswa baru akan diberikan informasi-informasi sebagai bekal kepada mahasiswa baru agar dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan Unhas dan lingkungan fakultas, beralih dari level SMA ke lingkungan belajar sebagai seorang mahasiswa.

Kegiatan yang mengangkat tema "Pembelajar Tangguh, Pelestari Hutan dan Lingkungan, Pelopor Pembangunan Kehidupan Berkelanjutan" ini akan berlangsung selama dua hari, yakni 20-21 Agustus, di tingkat fakultas maupun jurusan.

Categories: Faculties Feed

Fajar: Lepas Kangen di Lima Dekade Kehutanan Unhas

Tue, 08/13/2013 - 17:38

Lima puluh tahun Pendidikan Kehutanan di Universitas Hasanuddin.

Categories: Faculties Feed

Buka Puasa Keluarga Besar Kehutanan Unhas

Mon, 08/05/2013 - 06:20

Fahutan, Unhas - Keluarga besar kehutanan Unhas menggelar acara buka puasa bersama di Aula Gedung Baru Fakultas Kehutanan, Jumat (2/8). Hadir dalam kegiatan tersebut adalah civitas akademika Fakultas Kehutanan dan alumni.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara temu alumni yang puncak acaranya akan berlangsung pada tanggal 24-25 Agustus 2013. Acara puncak akan diisi dengan kegiatan, antara lain jalan santai, sylva ria dan tudang sipulung. Acara tersebut akan berlangsung di dua tempat, yakni Kampus Unhas Tamalanrea dan Hutan Pendidikan Bengo-Bengo, Maros.

Categories: Faculties Feed

Direktur CGFS Universitas Washington USA Kunjugi Fakultas Kehutanan Unhas

Mon, 07/08/2013 - 13:50

Fahutan, Unhas - Fakultas Kehutanan Unhas mendapatkan kunjungan dari Prof. Randall Kyes, Ph.D. yang merupakan Direktur dari Center for Global Field Study (CGFS) Washington University, Amerika Serikat.

Prof. Randall akan berada Unhas selama kurang lebih 7 hari dan akan melakukan beberapa kegiatan, diantaranya, melakukan pertemuan dengan pimpinan fakultas kehutanan dan universitas, membawakan kuliah umum, serta serangkaian kegiatan yang akan berlangsung di Hutan Pendidikan Unhas, Bengo-bengo, Maros.

Selasa esok, 9 Juli, Prof. Randall akan menyampaikan kuliah umum dengan tema "Conservation Biology in the 21st century: At the human-environment interface - Global partnership in research, training, and outreach". Kuliah umum akan berlangsung pukul 09.00 - 12.00 WITA di Aula Gedung Baru Fakultas Kehutanan Unhas.

Categories: Faculties Feed

M. Asar Said Mahbub Memperoleh Gelar Doktor

Fri, 06/28/2013 - 09:16

Fahutan, Unhas - Dosen Fakultas Kehutanan Unhas bergelar Doktor kembali bertambah. Adalah M. Asar Said Mahbub berhasil memperoleh gelar Doktor dalam bidang Ilmu Pertanian dengan predikat Sangat Memuaskan setelah mampu mempertahankan Disertasinya yang berjudul "Dialetika Pengetahuan Lokal dan Non Lokal (Studi Kasus Pasang Ri Kajang dalam Pengelolaan Hutan Adat Kajang)" dalam ujian Promosi Doktor yang berlangsung di Aula Fakultas Kehutanan, Kamis (27/6).

Sidang ujian promosi dipimpin oleh Prof. Muh. Restu yang juga merupakan Dekan Fakultas Kehutanan. Tim penguji terdiri atas Prof. Darmawan, Prof. Daud Malamassam, Prof. Muh. Dassir, Prof. Samuel Arung Paembonan, Prof. Yusran Jusuf, Prof. M. Saleh S. Alim dan Dr. Hasan Hasyim.

Dalam presentasinya, Asar mengungkapkan bahwa terdapat berbagai pengetahuan lokal Komunitas Adat Kajang dalam pemanfaatan kawasan hutan yang bersumber dari pemerintah dan pihak swasta. Dialetika kemudian timbul dan memberikan pengaruh dalam bentuk pembagian kompleks hutan berdasarkan fungsinya, larangan-larangan eksploitasi, serta sanksi yang didasarkan pada perundang-undangan. Sehingga disimpulkan bahwa dialetika tercermin dalam bentok koeksistensi, dominasi dan hibridasi.

Asar juga memberikan arahan dalam pengelolaan ekosistem yakni dengan menyandingkan pengetahuan lokal dan non lokal, utamanya elemen-elemen yang sudah terhibridasi. Selain itu, ia juga menyarankan agar tetap mempertahankan aturan yang didominasi oleh aturan Pasang.

Categories: Faculties Feed

Mendikbud Resmikan Gedung Baru Fakultas Kehutanan

Wed, 06/26/2013 - 17:34

Teaching Industry, Unhas - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Mohammad Nuh meresmikan Gedung Fakultas Kehutanan yang berlangsung siang tadi, Rabu (26/6), di Teaching Industry Unhas.

Gedung Fakultas Kehutanan yang baru diresmikan ini meliputi 3 (tiga) bagian, yakni gedung utama yang digunakan sebagai ruang manajemen, gedung perkuliahan yang berada disebelah kanan gedung utama, serta gedung laboratorium dan ruang dosen yang terletak di sebelah kiri gedung utama.

Peresmian gedung Fakultas Kehutanan tersebut dilakukan bersamaan dengan peresmian Gedung Teaching Industry Unhas dan penyerahan Buku Ilmiah karya dosen Unhas di Teaching Industry. Sebelumnya, Mendikbud juga meresmikan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jalan Kandea serta melakukan pertemuan dengan Mahasiswa Bidik Misi di Auditorium Rumah Sakit Unhas Lt. 2

Categories: Faculties Feed

Yudisium, Pelepasan Calon Wisudawan dan Ramah Tamah Wisuda Fahutan Periode IV Juni 2013

Mon, 06/24/2013 - 18:24

Fahutan, Unhas - Keluarga besar Fakultas Kehutanan Unhas menggelar acara Yudisum yang dirangkaikan dengan Pelepasan Calon Wisudawan dan Ramah Tamah Periode IV Juni 2013 yang berlangsung Minggu malam (23/6) di Aula Fakultas Kehutanan. Acara dihadiri orang tua/wali wisudawan, pimpinan fakultas, dan staf pengajar Fahutan. Pada periode kali ini, Fakultas Kehutanan kembali meluluskan 36 orang mahasiswanya.

Wisudawan atas nama Yunika Febrinda Mangiri menjadi wisudawan terbaik periode kali ini. Dengan Judul tugas akhir "Respon Pertumbuhan Tunas Bambu Parring (Gigantochloa atter (Hassk) Kurz) dari Tiga Posisi Cabang pada Batang terhadap Pemberian Hormon Tumbuh Growtone", Yunika mampu menyelesaikan studinya selama 3 tahun 8 bulan dengan IPK 3.62 predikat kelulusan cum laude.

Categories: Faculties Feed