You are hereFestival Seni Budaya Perancis Hadir di Unhas

Festival Seni Budaya Perancis Hadir di Unhas


By iqbal_sultan - Posted on 22 May 2013

 

 
Makassar, Institut Francais Indonesia (IFI) akan menghadirkan sesuatu yang menarik dalam bulan ini. Perpaduan antara Seni Musik dan Akrobatik akan disajikan bagi warga kota Makassar. Bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai tuan rumah, IFI akan mendatangkan musisi jazz prancis Limousine dan sirkus kontemporer Chabatz d’Entrar dalam Printemps Francais 2013.
 
Printemps Francais merupakan festival seni dan budaya Perancis yang diselenggarakan tiap tahun oleh Institut Perancis di Indonesia - Bagian Kerjasama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Perancis. Ini merupakan edisi ke-9 mereka mengadakan festival ini. Printemps Français 2013 mengunjungi 13 kota di Indonesia, yakni Bali, Balikpapan, Bandung, Jakarta, Kudus, Makassar, Malang, Medan, Purwokerto, Semarang, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta. Ini merupakan kali pertama festival ini diadakan di kota Makassar dan Unhas sebagai tuan rumahnya.
 
Sebagai pembuka, empat musisi jazz dan aktivis musik independen Prancis, Limousine akan mengajak kita menikmati perjalanan dengan suguhan musik yang menghipnotis, mengalun halus dan indah ke tempat-tempat, di momen dan dengan tempo yang tepat. Limousine menciptakan musik instrumental jazz dan pop elektro yang kontemplatif dan sensual dengan nada-nada yang minimalis sehingga mampu membuat kita rileks dan tenang. Para anggotanya berasal dari kelompok musik berbeda aliran, yaitu Laurent Bardainne (keyboard dan saksofon), David Aknin (drum), Maxime Delpierre (gitar), dan Frédéric Soulard (keyboard). Limousine sendiri dijadwalkan tampil tanggal 22 Mei 2013, pkl. 19.30 WITA bertempat di Baruga A.P. Pettarani Unhas.
 
Pertunjukan penutup Printemps Francais di Makassar akan dibawakan oleh sirkus kontemporer Prancis, Chabatz d’Entrar. IFI kembali mengundang Chabatz d’Entrar untuk berkolaborasi dengan seniman Indonesia. Di sini, sekarang dan di sana! adalah karya yang mereka persiapkan selama enam bulan di Bandung. Pemain akrobat Chabatz d’Entrar memberikan dimensi baru pada permainan egrang, alat yang sering dipakai dalam sirkus, melalui pertunjukan bernuansa khayali dan puitis, yang mengeksplorasi ruang, tubuh dan permasalahan hidup bersama. Formasi mereka sendiri, yaitu Anne-Karine Keller dan Olivier Léger (konsep, interpretasi), Rémy Balagué (sutradara, bahan), Stéphane Jollard (Penata cahaya, skenografi), Yves-Henry Guillonnet (Penata musik dan suara), Emmanuelle Grobet (Kostum), serta Silvére Bartoux (Tata panggung). Untuk Chabatz d’Entrar dijadwalkan tampil pada tanggal 25 Mei 2013 pkl 15.00 dan 17.00 WITA bertempat di Lapangan PKM Unhas.
 
Seluruh sajian pertunjukan dapat dinikmati dengan gratis, karena pihak IFI tidak menetapkan HTM untuk festival ini. Printemps Français tentu saja diharapkan dapat melanjutkan momentum kerjasama Indonesia – Perancis yang telah dibangun dalam berbagai bidang selama ini. (HUMAS-ama)
 
Untuk informasi lebih lanjut :
IFI Surabaya (Surabaya, Malang, Makassar)
Kompleks AJBS
Jl. Ratna 14 Blok C2, Surabaya 60246
Telp. (031) 503 5035
Web: info.surabaya@institutfrancais-indonesia.com