You are hereKerangka Acuan Kerja: Hibah Penulisan Bahan Ajar Universitas Hasanuddin 2011

Kerangka Acuan Kerja: Hibah Penulisan Bahan Ajar Universitas Hasanuddin 2011


Kerangka Acuan Kerja

Hibah Penulisan Bahan Ajar  Universitas Hasanuddin 2011


1. Pendahuluan
Dalam upaya peningkatan efektivitas proses pembelajaran, di samping strategi pembelajaran, bahan ajar juga memegang peranan penting. Mahasiswa adalah insane yang dalam proses menjadi ilmuan, dan oleh karena itu harus direncanakan langkah sistematis agar proses berjalan dengan baik. Bahan ajar  menjadi komponen penting sebagai langkah menuju “pembacaan” buku teks yang tingkat kedalaman isinya cukup sulit bagi mahasiswa.
Menulis bahan ajar adalah bagian dari tugas dosen dalam mengemban dan mengembangkan tridarma. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (SCL) yang sedang gencar dicobaterpkan di Unhas sejak 2008 yang lalu dan terus hingga sekarang, membutuhkan bahan ajar sebagai pelengkap aktivitas pembelajaran.
Dengan semakin baiknya prasarana internet di kampus Unhas, maka kehadiran bahan ajar yang dapat diakses secara online menjadi semakin penting. Jaringan internet dan intranet harus diginakan sebesar-besarnya untuk proses pembelajaran. Dengan demikian keberadaan bahan ajar interaktif yang “terpajang” di LMS (Learning Management System) di www.unhas.ac.id adalah sebuah keharusan, agar fasilitas tersebut tidak mubasir.
Pada tahun anggaran 2011 (DIPA 2011), Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan (LKPP) Unhas memberikan hibah penulisan bahan ajar kepada dosen Unhas. Kegiatan hibah ini dibersifat kompetisi.


2. Rumusan Masalah
Permasalahan utama Unhas dalam hal bahan ajar adalah jumlahnya yang relative sedikit, keberadaan bahan ajar yang tidak “terlihat” karena tidak terpajang di LMS atau di www.unhas.ac.id . Selain itu, menulis bahan ajar harus dikembangkan menjadi salah satu kegiatan penting para dosen Unhas.


3. Tujuan dan Sasaran
Untuk memperoleh setidaknya 80 judul bahan ajar yang tersedia (hardcopy) di Perpusatakaan Pusat Unhas, dan terpajang di www.unhas.ac.id sehingga dapat dibaca dan atau diunduh oleh mahasiswa. Sasarannya, antara lain meningkatnya gairah mahasiswa belajar, aktivitas belajar mandiri terprogram semakin intensif dan tercapainya efektivitas pembelajaran yang akan ditandai dengan meningkatnya IPK lulusan dan menurunnya masa studi rata-rata.


4. Ruang Lingkup Kegiatan
Penulisan bahan ajar bagi mata kuliah yang belum tersedia bahan ajarnya di Perpustaaan atau bahan ajar yang belum pernah didanai penulisannya.


5. Output/Produk Kegiatan

  1. Bahan ajar dapat dikembangkan dari tulisan sendiri dosen; transformasi  teks (referensi dikumpulakn dan dipilah dan dipilih bagian yangs esuai dengan tujuan pemebelajaran; atau pengembangan bahan ajar dengan kompilasi (mengumpulkan bahan informasi yang relevan dengan tujuan tanpa memberikan prubahan pada informasi tersebut.
  2. Bahan ajar dapat berupa modul atau buku yang dikemas dalam bentuk konvensional atau (lebih diutamakan) dalam bentuk bahan ajar interaktif.
  3. Isi bahan ajar/modul tidak kurang dari 120 halaman, tidak termasuk (lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, Pendahuluan (yang berisi gambaran profil lulusan Program Studi; kompetensi lulusan, analisis kebutuhan pembelajaran; dan GBRP), dan lampiran.
  4. Paling kurang lima eksemplar Bahan Ajar, terdiri dari tiga eksemplar dijilid hardcover (dijilid tesis) dan disetor ke Perpusataakn Pusat Unhas, dan dua eksemplar dijlid antero biasa disetor ke LKPP-Unhas.
  5. Satu softcopy bahan ajar (sebaiknya dalam format pdf) disetor ke LKPP untuk selanjutnya diungguh (uploaded) ke LMS Unhas.


6. Kualifikasi Penulis dan Persyaratan

  1. Penulis adalah dosen tetap Unhas yang telah mengiktuti Perlatihan AA telah menyerahkan Laporan Perlatihan AA atau yang telah mengikuti  pelatihan SCL dan aktif mengajar.
  2. Bahan ajar untuk mata kuliah yang pernah dibuat dan mendapat biaya dari Anggaran Unhas atau Dikti supaya tidak diajukan lagi untuk pembuatan/revisi bahan ajar.
  3. Penulis boleh sendiri atau tim (dengan satu orang poenanggungjawab
  4. Penulis mengajukan usul  penulisan Bahan Ajar untuk satu mata kuliah, usul tersebut harus mendapat persetujuan Pembantu Dekan I Fakultas yang bersangkutan, dan dilampirkan GBRP mata kuliah yang akan dibuat bahan ajarnya.
  5. Tim penilai proposal dan pendamping (coach) penulisan bahan ajar tidak boleh mengajukan usul penulisan bahan ajar, baik sebagai ketua maupun sebagai anggota tim.


7. Jadwal Kegiatan
Proposal dibuat rangkap tiga diserahkan ke LKPP paling lambat Jumat 23 September 2011.
Pengumuman hasil seleksi proposal pada akhir September 2011
Penulisan/pembuatan bahan ajar ini harus selesai (bahan ajar telah dikemas sesuai dengan yang disebutkan pada butir 5, pada 30 November 2011.
Dalam proses penulisan bahan ajar penulis akan didampingi oelh seorang coach (fasilitator) dari PKPAI-LKPP Unhas.


8. Pembiayaan
Biaya total penulisan bahan ajar ini maksimum Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) yang terdiri dari: biaya penggandaan; konsumsi rapat/diskusi; biaya komunikasi dan fotokopi bahan; alat tulis; dan lain-lain (catatan: honorarium penulis tidak boleh ada)


9. Format
Proposal  Penulisan Bahan Ajar dan Teks Bahan Ajar yang disusun/ditulis menggunakan paras huruf  arial atau times new roman berukuran 12 pt (teks dalam Tabel, Gambar, atau Grafik dapat disesuaikan) dengan jarak baris  1,5. Bahan ajar ditulis pada kertas A4, sembir kiri 30 mm, sembir atas, kanan dan bawah masing-masing 25 mm. Nomor halaman ditulis di sudut kanan atas.

9.1 Bahan Ajar

Halaman Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Senarai Kata Penting (Glosarium)
BAB 1 Pendahuluan
    Berisi  gambaran profil lulusan Program Studi; kompetensi lulusan, analisis kebutuhan pembelajaran; dan GBRP.    
BAB  2  Bahan Pembelajaran 1
    Pendahuluan : Berisi sasaran pembelajaran dan hal-hal penting dalam proses pembelajaran pada pencapaian sasaran
    Uraian bahan pembelajaran: berisi definisi, penjelasan, teori, contoh soal/kasus dll. Yang relevan dnegan sasaran pembelajaran
    Penutup: berisi penugasan, soal perlatihan, dll sebagai bahan evaluasi; dan daftar bacaan.
BAB  3  Bahan Pembelajaran 2
    Pendahuluan : Berisi sasaran pembelajaran dan hal-hal penting dalam proses pembelajaran pada pencapaian sasaran
    Uraian bahan pembelajaran: berisi definisi, penjelasan, teori, contoh soal/kasus dll. Yang relevan dnegan sasaran pembelajaran
    Penutup: berisi penugasan, soal perlatihan, dll sebagai bahan evaluasi; dan daftar bacaan.


BAB n  Bahan Pembelajaran n
Evaluasi
Penutup
Daftar Pustaka

9.2 Usulan Pembuatan Bahan Ajar

Ditulis pada kertas berukuran A4, secara umum Usul Penulisan Bahan Ajar terdiri dari:

  1. Halaman Muka/kulit berwarna merah tulisan pada baris pertama rata kiri USUL PENULISAN BAHAN AJAR 2011. Selanjutnya teks di tengah (Center), ditulis  Nama Mata Kuliah; Nama Pengusul (satu orang atau lebih); Logo Unhas; Program Studi; Jurusan/Bagian; Fakultas; Universitas Hasanuddin, Tahun.
  2. Halaman Pengesahan (Nama mata kuliah; Identitas Penulis (atau Penanggungjawab) termasuk alamat email; jumlah biaya yang diusulkan; jangka waktu penulisan; diketahui oleh Ketua Program Studi  dan Dekan/Pembantu Dekan yang bersangkutan.
  3. Halaman isi, berisi:
  4. Nama Mata Kuliah dan Semester Penyajian;
  5. Pendahuluan, mencakup latar belakang pentingnya penulisan bahan ajar, review singkat pengalaman proses pembelajaran, jumlah peserta rata-rata, nilai rata-rata peserta, jumlah yang mendapat nilai A atau E, permasalahan umum proses pembelajaran, masalah yang kiranya dapat diatasi (setidaknya sebahagian) dengan adanya bahan ajar;
  6. Tujuan dan Manfaat;
  7. Jadwal Kegiatan, harus disusun sedemiian rupa sehingga pada tanggal 30 November 2011 penulisan (termasuk penggandaan) telah tuntas selesai;
  8. Biaya, maksimum lima juta rupiah dan tidak ada komponen honorarium;
  9. Lampiran:

1. Riwayat Hidup Singkat Pengusul.
2. GBRP mata kuliah bersangkutan