You are herePendaftaran SNMPTN 10-31 Mei 2012

Pendaftaran SNMPTN 10-31 Mei 2012


By dradm11 - Posted on 25 January 2012

Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui Jalur Undangan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN) 2012 yang dimulai 1 Februari hingga 8 Maret  2012,

maksimal dibolehkan ikut bagi 50% terbaik  dan konsisten di semester 3,4, dan 5 untuk lulusan Sekolah dengan Akreditasi A. Sementara untuk Akreditasi B dan  C hanya 30% dan 15% terbaik dan konsisten di semester yang sama dengan Akreditasi A. Sementara untuk akreditasi lainnya diluaskan 5% terbaik dan konsisten pada semester 3,4, dan 5.
Standar persentase penerimaan Jalur Undangan 2012 ini berbeda dengan persyaratan tahun kemarin (2011). Pada tahun 2011, siswa yang diperbolehkan ikut pendaftaran jalur ini, memiliki prestasi akademik terbaik dengan peringkat, Sekolah dengan akreditasi A (kelas akselerasi) peringkat yang diterima 100% atau seluruh siswa. Sekolah dengan akreditasi A (RSBI, rencana sekolah berbasis internasional/unggulan) 75% dari siswa terbaik, dan kelas reguler 50%, 25%, 10% dari siswa terbaik.
Pada tahun 2012 ini, pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) 2012. Sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah yang diundang oleh Panitia SNMPTN (dapat dilihat di website:http://undangan.snmptn.ac.id). Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah mereka yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.
Syarat lain peserta, memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi dan tidak buta warna untuk program studi tertentu. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi jalur undangan SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman :http//undangan.snmptn.ac.id
Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyak 2 PTN yang diminati dan juga maksimal 2 program studi pada masing-masing PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 dapat dilihat pada laman SNMPTN Jalur Undangan. Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Rp 175.000 per siswa.
Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yakni, pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama. Kedua, jika siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua pada PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua.
                                                         

Peserta Bidikmisi
 
Khusus untuk peserta Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi dan terlebih dahulu harus didaftarkan oleh kepala sekolah melalui laman:http://bidikmisi.dikti,go.id. Peserta yang memenuhi syarat akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN  Jika calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran. Siswa yang memperoleh KAP dan PIN dapat mendaftar/mengisi biodata melalui laman SNMPTN.
Apabila calon peserta tidak memenuh persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian. Jika calon peserta Bidikmisi telah dinyatan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.
 
Jalur SNMPTN
 
Khusus peserta SNMPTN Jalur Ujian Tulis harus lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2010, 2011, dan 2012. Lulus pada tahun 2010 dan 2011 memiliki ijazah sekolah yang dimaksud atau yang setara dan lulusan tahun 2012 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian,snmptn.ac.id. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) pada laman http://download.snmptn.ac.id, mulai tanggal 11 Maret 2012. Pendaftaran online dimulai tanggal 10-31 Mei 2012.