You are hereUnhas Adakan Tes Masuk JNS dan POSK

Unhas Adakan Tes Masuk JNS dan POSK


By iqbal_sultan - Posted on 17 July 2012

Universitas Hasanuddin kembali menggelar seleksi masuk pada Selasa, 17 Juli 2012. Setelah JPPB (Jalur Penelusuran Potensi Belajar) dan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Peruruan Tinggi Negeri) jalur undangan dan Tulis yang telah diadakan pada tanggal 12-13 Juni yang lalu, Unhas kembali menyelenggarakan tes untuk JNS (Jalur Non-Subsidi) dan jalur POSK (Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuan) pada hari ini.

Pihak akademik Unhas memang telah menjadwalkan bahwa JNS dan POSK baru akan dilaksanakan setelah hasil tes SNMPTN dan JPPB diumumkan. Tes untuk JNS dan POSK dilakukan secara bersamaan dan berlokasi di ruang-ruang beberapa fakultas di Unhas. Namun peserta tes jalur POSK masih harus menjalani tes bakat, Rabu 18 Juli besok.

Wakil Rektor I Unhas Prof. Dadang A. Suriamiharja, M.Eng, menjelaskan bahwa meskipun dites pada waktu yang berbeda namun para calon mahasiswa yang lulus baik melalui jalur SNMPTN, JPPB, JNS, atau pun  POSK akan mengikuti PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) pada waktu yang bersamaan yakni pada 27 Agustus mendatang.

“PMB akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus mendatang. Jadi mereka yang tesnya belakangan, tetap akan bersama-sama mengikuti tahapan penerimaan mahasiswa baru di tanggal 27 itu. Perkuliah nanti baru dimulai tanggal 3 September,” Ujar Wakil Rektor I.

Jalur JNS dan POSK yang baru dibuka ini, memiliki sistem yang masing-masing berbeda. Untuk JNS sendiri, biaya yang harus dikeluarkan untuk masing-masing jurusan berbeda-beda. Jurusan  dengan biaya tertinggi saat ini adalah Pendidikan Dokter, yaitu Rp. 100 juta. Sedangkan yang terendah yaitu Jurusan Sastra Daerah/Bugis Makassar, Jurusan Arkeologi, dan Jurusan Ilmu Sejarah. Perbedaan besaran biaya yang harus dikeluarkan pada saat dinyatakan lulus Unhas melalui JNS didasarkan pada besar kecilnya biaya operasional saat kuliah nanti. Tingkat kesulitan soal yang digunakan untuk seleksi JNS dan POSK lebih rendah dibanding SNMPTN.

Sementara itu untuk tes PSOK Rabu besok, masing-masing tim telah dibagi sesuai dengan bakat yang telah dilaporkan pada saat pendaftaran. Jumlah pendaftar melalui jalur POSK cukup melonjak dari tahun lalu. Jumlah pendaftar untuk tahun ini mencapai  800 Calon Mahasiswa Baru, hanya saja, jurusan-jurusan medik tidak menerima mahasiswa melalui jalur POSK ini.

Estimasi jumlah Mahasiswa yang akan diterima pada hasil rapat secara keseluruhan adalah 5315 Orang. Melalui SNMPTN, 2726 Calon Mahasiswa. Jalur Undangan, 1120 calon mahasiswa.  JPPB, 370 calon mahasiswa. POSK, 216 calon mahasiwa. Terakhir adalah JNS dengan kuota 753 calon mahasiswa.

“Untuk saat ini, yang paling favorit masih dari ilmu eksakta, yang paling tinggi itu masih Pendidikan Dokter dan ilmu-ilmu medis lainnya, lalu Fakultas Teknik, dari Disiplin Ilmu Sosial sendiri itu ada fakultas Hukum, Akuntasi, Manajeme,.” Tutup Prof. Dadang. (DPK-AYU HUMAS UNHAS)