You are hereUnhas Gelar Kuliah Umum Professor Dari Universitas Teheran

Unhas Gelar Kuliah Umum Professor Dari Universitas Teheran


By iqbal_sultan - Posted on 08 October 2012

Bertempat di ruang rapat B, Lantai 4 gedung Rektorat, Unhas menggelar kuliah umum yang dibawakan oleh Profesor dari Universitas Teheran, Iran yaitu Prof. Ali Mosavi Movahedi, Senin (8/10). Kuliah umum ini dibawakan oleh Prof. Ali Mosavi Movahedi.

Kuliah Umum yang dilaksanakan oleh Unhas dan Universitas Teheran ini merupakan sebuah langkah awal bagi keduanya untuk membangun upaya kerjasama. Kuliah umum  yang dihadiri oleh Mahasiswa S1 dan S2 dari Fakultas MIPA ini, membahas mengenai bagaimana pengembangan ilmu pengetahuan atau sains di lingkungan perguruan tinggi. Turut hadir pula Wakil Rektor I Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dadang Suriamihardja.

Dalam Kuliahnya, Prof. Ali Mosavi Movahedi  menjelaskan bahwa saat ini 27 persen dari riset sains yang berkembang di dunia berasal dari Amerika Serikat, sementara itu 12 persen lainnya berasal dari China, padahal pada hakikatnya pengembangan sains adalah tanggung jawab dari semua pihak, bukan hanya sebagian orang saja, lebih dari itu sains adalah milik masyarakat sehingga harus disebarluaskan.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa selain menggalakan pengembangan sains, yang mesti dilakukan selanjutnya adalah bagaimana mempublikasikannya kepada masyarakat luas sebab dengan mempublikasikan hasil riset atau penelitian barulah sains dapat bermakna bagi kehidupan masyarakat.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa untuk dapat mencapai itu semua dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak, hal ini dapat diawali dengan membangun hubungan yang harmonis melalui upaya-upaya yang nyata, dalam hal ini adalah upaya membangun kerjasama yang baik dalam berbagai bidang  yang dilakukan oleh Univeristas Hasanuddin dan Universitas Teheran kedepannya.

Menurut Wakil Rektor I Unhas Bidang Administrasi dan Akademik, Prof. Dr. Dadang Suriamihardja menjelaskan bahwa tujuan utama dari kehadiran Prof. Ali Mosavi Movahedi  dari Universitas Teheran, Iran selain untuk memberikan kuliah umum adalah juga untuk membicarakan kerjasama Unhas dan Universitas Teheran kedepannya. Ia menjelaskan dalam waktu dekat akan dilaksanakan proses pembuatan MOU antara Fakultas MIPA Unhas dan Fakultas MIPA dari Universitas Teheran.

“Kuliah umum yang dilaksanakan oleh  Prof. Ali Mosavi Movahedi  dari Universitas Teheran, Iran ini sangat positif bagi Unhas, melalui kuliah umum ini kita dapat memperoleh sumbangan pemikiran yang berarti bagi pengembangan dan publikasi dari hasil riset ataupun hasil karya yang bersifat ilmiah, semoga ini dapat membawa manfaat kedepannya” Ungkapnya . (DPK-Humas Unhas)