You are hereUnhas Sosialisasi Buku karakter “Maritim” Bagi Instruktur BCSS

Unhas Sosialisasi Buku karakter “Maritim” Bagi Instruktur BCSS


By iqbal_sultan - Posted on 14 August 2012

Universtas Hasanuddin mengadakan sosialisasi buku Karakter ‘Maritim’ bagi Instruktur Basic Characters and Study Skills(BCSS). Sosialisasi ini berlangsung di gedung IPTEKS Unhas  Selasa 14 Agustus 2012.

Buku tersebut disusun sebagai pedoman bagi instruktur BCSS dalam menanamkan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru angkatan 2012. Pada intinya, buku ini bertujuan untuk mensosialisasikan tujuh karakter dasar maritim yang menjadi pilihan Unhas yaitu manusiawi, arif, regiositas, inovatif, tangguh, integritas, dan mandiri.

Dr. Arlina Gunarya M.Sc. selaku ketua tim penulis buku mengungkapkan dalam penjelasannya mengenai frame work dari penulisan buku tersebut bahwa para instrukrur harus bekerja lebih keras. Untuk itu instruktur harus  menghampiri para mahasiswa baru dengan bahasa dan frame of thought yang dapat dimengerti oleh para mahasiswa dengan karakter beragam. Hal ini merupakan langkah awal untuk menghasilkan alumni universitas yang berkarakter maritim dengan nilai-nilai yang penting dalam menciptakan karakter bangsa yang  kuat.

“Universitas Hasanuddin memiliki mahasiswa yang paling beragam dari berbagai suku dan daerah di seluruh Indonesia,o leh karenanya memang menjadi tantangan bagi para instruktur dalam menata karakter mahasiswa baru” Ungkap Dr.Arlina

Selain Arlina Gunarya sebagai ketua, tim penulis buku yang terdiri dari Sembilan BAB ini juga beranggotakan Latief Toleng, Tadjuddin Parenta, Alwy Rachman, Dyah Kusmarini, Syahdar Baba, dan Ady Wahyudi.

Dari seluruh Universitas di Indonesia Unhas merupakan satu dari 10 Universitas yang diterima oleh dikti untuk merintis pusat pengembangan karakter. Disamping itu dari 10 universitas yang lolos, Unhas merupakan satu dari empat Univeristas yang sudah menjalankan program ini.

Wakil Rektor III Unhas Ir. Nasaruddin Salam M.T  mengungkapkan bahwa pengembangan pendidikan karakter ini diupayakan atas kesadaran bahwa Unhas bukan hanya sekadar lembaga pengajaran , tetapi juga sebagai lembaga pendidikan.

“Kehadiran buku ini diharapkan akan bermanfaat bagi semua pihak, terutama bagi segenap instruktur yang dalam waktu dekat ini akan berpartisipasi memfasilitasi penyelenggaraan BCSS”Ungkap Wakil Rektor III.

(SAT- HUmas Unhas)