You are hereUnhas Sosialisasikan Penyelenggaraan UN dan SNMPTN 2013

Unhas Sosialisasikan Penyelenggaraan UN dan SNMPTN 2013


By iqbal_sultan - Posted on 29 December 2012

 

 

Sosialisasi tata cara pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan SNMPTN digelar pada Jumat (28/12) di gedung Baruga A.P.Pettarani, kampus tamalanrea Unhas.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor I Unhas Prof. Dr. Dadang A. Suriamiharja, M. Eng  tersebut di hadiri oleh tamu undangan yang berasal dari perwakilan tiap-tiap sekolah  yaitu SMA/MA dan SMK dari 9 Kabupaten/Kota di Sulsel, yakni Makassar, Maros, Barru, Pangkep, Pare-Pare, Pinrang, Sidrap, Wajo, dan Polewali Mandar serta Sulbar. Sosialisasi ini dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni pada bulan Desember dan Januari mendatang.

Dalam sosialisasi tersebut, Drs. Alimin Bado, M. S memaparkan secara detail tentang tata cara penyelenggaraan UN, mulai dari kebijakan UN, wewenang perguruan tinggi, persiapan, pelaksanaan, pengawasan, pengumuman, pengumuman hasil, hingga prosedur tindak lanjut yang berisi tentang pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan selama proses ujian berlangsung, lengkap dengan identitas pelanggar dan sanksi yang akan dijatuhkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam UN tahun 2013 ini, pengawasan akan lebih  ditingkatkan. Meskipun jumlah soal sudah ditentukan sebanyak 20 paket, namun hal itu tidak menutup kemungkinan akan adanya kecurangan-kecurangan yang dapat terjadi.

Untuk memperlancar pendistribusian bahan UN, perguruan tinggi akan membentuk tim kerja yang akan mengawasi bahan UN dari percetakan hingga sampai ke tingkat satuan pendidikan dan titik akhir penyimpanan selama ujian berlangsung.

Ujian Nasional sendiri rencananya akan dilaksanakan pada april mendatang untuk SMA/MA dan SMK bersamaan dengan ujian untuk paket C.

Selain itu paparan mengenai tata cara SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi)/PPA disampaikan oleh Drs. Yusafir Hala, M.Si. Ia menjelaskan mengenai perubahan dalam sistem penerimaan mahasiswa baru untuk jalur SNMPTN/PPA.

Untuk tahun 2013 ada tiga jalur masuk perguruan tinggi yakni SNMPTN/PPA, SBPMTN, dan Seleksi Mandiri. Untuk SNMPTN/PPA biaya pendaftaran akan dibebankan kepada pemerintah. (Humas Unhas : Dr. Iqbal Sultan)