RAPAT KERJA PENGURUS MRPTNI MASA BHAKTI 2014-2016

Setelah pengurus definitif MRPTNI masa bakti  2014-2016 ditetapkan, maka ketua MRPTNI, Prof. Dr. IR. Herry Suhardiyanto, MSc mengumpulkan para pengurus baru untuk menyusun program kerja masa bakti 2014-2016. Sempat hadir 16 Rektor PTN pengurus MRPTNI pada rapat  tersebut yang dilaksanakan di  ICC Botanical Garden, Mall milik IPB di Bogor, 4-5 April 2014. Rapat dipimpin oleh Prof. Herry dan didampingi oleh Sekjen MRPTNI masa bakti 2014-2016, Prof. Dr. Ir. Usman Rianse, MS, Rektor UHO Kendari dan bendahara umum Prof. Dr. Rochmat Wahab, MPd, M.A, Rektor UNY Yogyakarta.

 Diawal pertemuan, ketua MRPTNI mengusulkan kepada seluruh ketua-ketua bidang untuk menyusun program sendiri bersama dengan wakil-wakil sekjen masing-masing. Namun karena keterbatasan waktu, para Rektor, peserta raker mengusulkan agar penyusunan program dilakukan melalui sidang pleno saja dan juga mengingat isu strategis yang mendesak cukup banyak. Untuk itu, pada rapat kerja ini belum ditetatpkan program kerja secara mendetail, waktu, tempat dan penanggung jawab pelaksanaanya, namun masih merupakan “brain storming” dan inventarisasi isu yang akan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan. Hasil rapat ini akan didistribusikan kembali kepada para pengurus dan selanjutnya akan diadakan rapat khusus untuk mempersiapkan implementsi egiatan dua tahun kedepan.

Hasil pertemuan  ini disusun berupa inventarisasi isu strategis yang mendesak untuk dilaksanakan oleh pengurus MRPTNI hingga 2016 dan masa yang akan datang dengan isu-isu sebagai berikut :

INVENTARISASI MASALAH UNTUK PERUMUSAN PROGRAM MRPTNI 2014-2016

(Hasil RAKER MRPTNI Di BOGOR, 4-5 April 2014).

  1. Kajian tentang kebijakan dan rencana kebijakan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I
  2. Pengangkatan Dosen dan Tendik PNS di PTN, terutama di PTN yang baru beralih status dari PTS ke PTN
  3. Kejelasan keterlibatan PTN untuk rekruitmen Dosen sesuai dengan Renstra Pengembangan SDM masing-masing PTN
  4. Kejelasan kriteria perizinan pimpinan PTN yang akan ke luar negeri, terkait dengan peningkatan publikasi internasional dan kerjasama akademik luar negeri
  5. Dasar perhitungan alokasi anggaran termasuk BOPTN dan keluwesan penggunaannya
  6. Pertemuan/Dialog  MRPTNI dengan Pihak Institusi terkait diluar Kemdikbud
  7. Master plan pembangunan kampus serta dukungan infra struktur untuk pengembangan kampus masing-masing PTN terkait dengan kebijakan alokasi anggaran
  8. Fasilitasi penerbitan Jurnal baru dan Penguatan Jurnal nasional untuk menjadi jurnal internasional PTN.
  9. Pendirian Lembaga Akreditasi Jurnal Ilmiah Independen
  10. Pembentukan lembaga Indexing Jurnal Ilmiah
  11. Kejelasan acuan percepatan peningkatan status PTN dan PTN-BLU menjadi PTN-BH
  12. Peninjauan kembali tentang kebijakan prinsip linieritas bidang studi untuk Dosen mencapai jabatan LK dan GB
  13. Fasilitasi dosen yang akan melakukan pergeseran peminatan bidang ilmu dari bidang ilmu yang urgensi pengembangannya melemah ke bidang ilmu baru yang sangat urgen
  14. Peninjauan kembali kriteria TPA sebagai salah satu parameter dalam penetapan kelulusan Serdos dan kesesuaian dengan bidang ilmunya.
  15. Penetapan nilai minimum TOEFL dalam persyaratan Serdos
  16. Evaluasi proses rekruitmen dan alokasi PTN-Politeknik untuk Program Afirmasi Pendidikan Tinggi untuk mendukung kemajuan daerah secara komprehensif dan holistik.
  17. Kejelasan biaya pengelolaan dan SDM Rumah Sakit PTN

PROGRAM MRPTNI YANG BELUM DIREALISASIKAN
PADA MASA BAKTI 2012-2014

GAGASAN UMUM MRPTNI

  1. Menjalin kerjasama yang lebih baik antara sesama PTN di Indonesia melalui (ujian masuk yang lebih proporsional, student exchange, credit transfer, dual degree, KKN bersama, pemagangan dosen dsb.)
  2. Membangun kerjasama dengan PT Luar negeri dan secara bersama-sama aktif mengikuti kegiatan Ilmiah Internasional dalam rangka menghadapi ASEAN Community 2015
  3. Penyebaran “centre of excellent” pada berbagai PTN
  4. Mendorong PTN lain agar bisa mengembangkan “centre of excellent” yang punya karakter sendiri dan tidak duplikasi dengan yang telah ada, sehingga menumbuhkan pusat unggulan tertentu.

    TATA KELOLA ORGANISASI

  5. Status Hukum MRPTNI melalui pencatatan di Kemhukham, dengan segala konsekwensinya
  6. Pembagian tugas sesama pengurus (wakil ketua, koordinator wilayah dsb), belum berjalan efektif
  7. Penyempurnaan AD-ART  yang lebih komprehensif
  8. Perlu dirumuskan jalannya organisasi ini (termasuk iuran, kalau bisa ditagih terus kepada yg belum bayar), ini penting untuk menjalankan organisasi.
  9. Harus dibuat program yang dirasakan manfaatnya oleh anggota MRPTN
  10. Pada rapat Kerja ini perlu dirumuskan agenda yang akan dilakukan kedepan

    PERAN STRATEGIS MRPTNI

  11. Sebagai mitra oleh Kemdikbud, belum berjalan dengan baik. Salah satu contoh dalam membuat PP, Permen atau kebijakan yang berdampak langsung pada PTN oleh Kemdikbud, tidak melibatkan MRPTNI
  12. Sebagai alat pemersatu, (belum berjalan dengan baik). Kita belum saling membantu sesama kita dalam memajukan PT. PT maju belum berperan banyak dalam kemajuan PTN lainnya, terutanma PTN baru.
  13. Program PERMATA (Pertukaran Mahasiswa se Tanah Air) belum berjalan antara wilayah Barat dan Timur
  14. KKN Perbatasan belum berjalan dan terkordinasi dengan baik
  15. Persiapan dan sikap PTN menghadapi ASEAN Community 2015

    ISU MUTAKHIR

  16. Penyelesaian Masalah PTN Baru, antisipasi perubahan jangka pendek
  17. Rekruitmen CPNS di PTN
  18. Renumerasi dan Tunjangan Kinerja Tendik
  19. BOPN dan Bidikmisi
  20. Integrasi Program Afirmasi  ADEM (Ditmen) dengan Program ADik Papua (Dikti) pada tahun 2015
  21. Penetapan PTN Sehat dan Tidak Sehat

    PERTEMUAN INTERNASIONAL

  22. PTN diluar Jawa masih kurang aktif terlibat presentasi paper Internasional :
  • Bulan Juni 2014 akan dilaksanakan Konferensi ASAIHL di Montpellier France dan JWG Prancis di Paris
  • Bulan Oktober 2014 akan dilaksanakan 3rd Japan-Indonesia Conference di Hokkaido Japan
  • Bulan September 2014 akan dilaksanakan  9th CRICU-CUPT Thailand Conference di Khon Khaen University Thailand
  • Bulan September 2014 akan dilaksanakan 4th SUIJI meeting di UNHAS

Sekretariat MRPTNI, melaporkan langsung dri Bogor.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

PELUNCURAN SBMPTN 2014

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Mohammad Nuh,  secara resmi meluncurkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014, Jumat malam 21 Maret 2014. di Ruang Aula Lantai 3 Gedung Kemendikbud di Jakarta. Peluncuran dihadiri oleh 64 Rektor PTN, anggota MRPTNI termasuk  Rektor UIN yang ikut bergabung dengan SBMPTN beserta pihak terkait seperti Telkom, Bank Mandiri, PT. POS, dan tim Pokja SBMPTN 2014. SBMPTN adalah jalur test tulis bagi calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di 64 PTN seluruh tanah air yang diselenggarakan menyusul seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang tanpa ujian tulis, yang saat ini masih sementara berlangsung. SBMPTN 2014 berbeda dengan SBMPTN sebelumnya, karena pada tahun ini pemerintah memberikan subsidi biaya pendaftaran sehingga biaya yang dibayarkan oleh calon mahasiswa hanya Rp 100.000,- saja untuk semua jenis pilihan test; saintek, soshum, maupun campuran.  Pada tahun sebelumnya biaya pendaftaran sebesar Rp. 175.000 untuk saintek dan soshum dan Rp. 200.000,- untuk campuran. Ketua Panitia SBMPTN 2014, Prof. Dr. Ganjar Kurnia yang juga Rektor Universitas Padjadjaran menjelaskan bebeapa point perbedaan antara SBMPTN 2013 dengan SBMPTN 2014 ini antara lain; ada dua PTN Departemen Agama yang baru ikut bergabung yaitu UIN Arraniry Aceh dan UIN Raden Fatah Palembang dimana kedua Rektornya ikut hadir pada peluncuran tersebut. Pelaksanaan Ujian tahun ini dilaksanakan hanya satu hari saja yaitu pada tanggal 17 Juni 2014, kecuali  program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juni 2014. Pendaftaran dimulai pada tanggal 12 Mei sampai 6 Juni 2014 dan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 16 Juli 2014. Selain itu, hal lain yang berbeda adalah alur pendaftaran yang dimulai dengan pendaftaran SBMPTN lalu kemudian pembayaran di Bank mitra, baik melalui ATM bersama maupun melalui konter bank dengan nomor rekening bank mitra. Untuk detail mekanisme pendaftaran dapat dilihat langsung di website SBMPTN 2014.

Sementar itu, menteri pendidikan dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh Rektor PTN yang telah berusaha keras meningkatkan layanan pendidikan kepada masyarakat dan upaya percepatan dan peningkatan angka partisipasi kasar (APK) dibidang pendidikan. Menteri selanjutnya menjelaskan skenario percepatan pendidikan Indonesia menuju 2045 dimana peningkatan APK adalah kunci suksesnya. Menteri berpandangan bahwa semua Rektor sudah sangat berkontribusi pada peningkatan pencapaian APK saat ini. Namun jika dibandingkan dengan negara lain seperti Korea dan Jepang, kita masih jauh ketinggalan.  Jadi siapapun yang akan melanjutkan kementerian ini nantinya saya pesan agar melakukan percepatan yang lebih tinggi lagi sehingga dalam 10 tahun setidaknya dapat digenjot hingga 40 point lagi. Upaya yang harus dilakukan adalah peningkatan daya tampung PTN, pendirian PTN didaerah perbatasan sebagai sabuk pengaman sosial budaya, penyelenggaraan “online course” , memberikan mandat kepada PTN terbaik untuk menyelenggarakan pendidikan diluar domisili, peningkatan kerjasama dengan PEMDA dan swasta untuk pendirian akademi komunitas dan politeknik, konversi PTS menjadi PTN, meningkatkan keterjangkauan BOPTN, pembebasan biaya seleksi, dan peningkatan kualitas PTS.

Pada akhir sambutannya, menteri meminta kepada seluruh Rektor agar menciptakan kondisi yang kondusif dalam kampus karena tahun kni adalah tahun PEMILU. Tolong tingkatkan semangat partisipasi agar mahasiswa tidak golput. Selain itu mohon diperhatikan program Bidik Misi agar betul-betul lancar dan segera  di SK kan agar pembayaran lancar tidak terlambat  sehingga hak anak-anak kita segera dapat dinikmati. Diakhir acara diisi oleh hiburan dan kesenian dari mahasiswa Universitas Padjajdaran Bandung. (Sekr. MRPTNI melaporkan)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

RAPAT PENGUKUHAN PENGURUS MRPTNI MASA BAKTI 2014-2016

Prof. Usman Rianse, Prof. Herry Suhardiyanto, dan Prof. Rochmad Wahab

Prof. Usman Rianse, Prof. Herry Suhardiyanto, dan Prof. Rochmad Wahab

Segera setelah terpilih menjadi Ketua MRPTNI masa bakti 2014-2016 di Makassar, Prof. Herry Suhardiyanto bersama sekjen dan bendahara, Prof. Usman Rianse dan Prof. Rochmat Wahab, mengundang seluruh anggota MRPTNI, para Rektor PTN di Hotel Sahid Jaya Jakarta Jumat tanggal 7 Maret 2014, untuk menyusun dan melengkapi struktur pengurus MRPTNI dan sekaligus mengukuhkannya. Pada rapat itu, sempat juga diperkenalkan Rektor Universitas Sulawesi Barat Dr.  Aksan Jalaluddin, yang baru saja dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Rektor PTN baru dan sebagai anggota baru MRPTNI serta Prof. Dr. Dwia Aries Tina sebagai Rektor terpilih Universitas Hasanuddin yang sementara menunggu pelantikan.

Pertemuan membahas tentang tugas MRPTNI kedepan, dan sekaligus mencoba menginventarisasi masalah-masalah yang dihadapi PTN dan yang menjadi tantangan pengurus yang akan datang. Para Rektor menyambut  baik susunan pengurus yang diajukan oleh Prof. Herry dan kembali berkomitmen menjadikan MRPTNI sebagai forum silaturahim antar rektor PTN dan mengharapkan dapat membantu pemerintah, khususnya direktorat jenderal pendidikan tinggi dalam melaksanakan berbagai tugas pemerintah kedepan.  Prof. Herry menghimbau kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar selalu melibatkan MRPTNI sebelum mengeluarkan kebijakan strategis yang melibatkan perguruan tinggi.

Struktur Pengurus MRPTNI tidak terlalu berbeda dengan susunan struktur sebelumnya. Hanya saja ada beberapa tambahan wakil sekjen agar setiap wakil sekjen dapat berkordinasi dengan paling sedikit dua bidang strategis. Personil pun tidak banyak yang berganti namun terjadi beberapa pergeseran posisi dibidang yang berbeda. Ketua MRPTNI mengusulkan agar setiap wakil sekjen dapat melakukan rapat kordinasi dengan masing-masing bidang  yang dibawahinya untuk mengusulkan program-program strategis bagi MRPTNI. (Sekretariat MRPTNI 2014)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Herry Suhardiyanto, Ketua MRPTNI 2014-2016

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof.Dr.Ir.Herry Suhardiyanto, M.Sc. terpilih sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) periode 2014-2016 dalam Rapat Musyawarah Anggota MRPTNI di Hotel Clarion Makassar, Ahad (2/3). Herry Suhardiyanto yang didampingi Sekjen Prof.Dr.Ir.Usman Rianse, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari itu, menggantikan Prof.Dr.Ir.Idrus A Paturusi, yang menjabat Ketua MRPTNI periode 2012-2014.

Peserta Musyawarah dua hari itu secara aklamasi menunjuk Prof.Herry Suhardiyanto menjadi formatur tunggal bagi menyusun Kepengurusan MRPTNI 2014-2016. Namun Rektor IPB tersebut menunjuk delapan orang mendampinginya sebagai formatur. Ke-8 anggota itu masing-masing Rektor UNS, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, UIN Malang,  Universitas Hairun,  Unsyiah, Rektor Unpatti, UNY Yogyakarta, UIN Semarang, dan Rektor IPB.

Ketua MRPTNI periode 2012-10`4, Idrus A Paturusi sebelum acara pemilihan dalam laporan pertanggungjawabannya menyebutkan, selama periodenya dilaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan semangat kebersamaan antar-PTN guna meningkatkan mutu dan integritas PTN. Melakukan koordinasi dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan integrasi UN dalam SNMPTN. Membantu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merealisasikan program-program nasional yang strategis dan menjadi perguruan tinggi sebagai pilar perekat kebangsaan NKRI.

”Membangun sinergitas pemerataan mutu PTN melalui kegiatan pendampingan, asistensi, dan detasering antarperguruan tinggi yang sudah maju dan yang belum maju,” kata Idrus A Paturusi.

Dalam periodenya, Idrus juga bekerja sama networking dengan perguruan tinggi luar negeri melalui international conference, student mobility, credit earning, staff exchange, university visiting, dll. Mengupayakan status MRPTNI menjadi organisasi pendidikan tinggi yang berbadan hukum dan secara resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Juga menyempurnakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) MRPTNI sesuai dengan kondisi factual dan perkembangan di bidang pendidikan tinggi.

Sekretaris Eksekutif MRPTNI Ilham Makhmud menjelaskan, selama masa kepemimpinan Idrus A Paturusi dilaksanakan 9 kali rapat paripurna, 4 kali rapat Pengurus MRPTNI, 11 kali rapat Anggota, dan 9 kali konferensi dan seminar internasional.

”Rincian ke-33 kegiatan yang dilaksanakan MRPTNI selama periode Prof.Idrus A.Paturusi lengkap dalam laporan pertanggungjawabannya,” kunci Ilham yang tetap dipercayakan sebagai Sekretaris Eksekutif MRPTNI 2014-2016. ***

(M.Dahlan Abubakar, melaporkan dari Makassar)

Posted in Uncategorized | Leave a comment

2nd JAPAN-INDONESIA RECTOR CONFERENCE

Upaya meningkatkan perluasan kerjasama perguran tinggi negeri dengan mitra universitas diluar negeri terus digulirkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui “Joint Working Group” (JWG)antar negara diberbagai belahan dunia. Tujuan JWG ini adalah untuk meningkatkan kapasitas  dan akses perguruan tinggi terhadap perkembangan ilmu mutakhir sebagai hasil-hasil riset inovative perguraun tinggi di luar negeri. Salah satu JWG yang baru saja dilaksanakan adalah 2nd Japan-Indonesia Confernce  di Universitas Gajah Mada Yogyakarta 13-15 Desember 2013. Conference ini merupakan wujud komitmen para rektor dari kedua negara pada konferensi pertama di Nagoya Uniersity Jepang, bulan November 2012 lalu yang menghadirkan dua pembicara kunci yaitu pimpinan perusahaan Toyota  Mr. Kodaira Noboyuri dengan Prof. BJ. Habibie, dimana pada kesempatan itu, Pak Habibie mendapatkan penghormatan Doktor Honoris Causa dari Nagoya University Jepang.

Konferensi kedua ini mengambil tema “Partnership in Bridging the Theory into Practices” dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama kolaborasi peguruan tinggi Jepang dan Indonesia dalam rangka meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi dengan pelaku industri di kedua negara. Konferensi ini juga menggelar beberapa paper hasil riset perguruan tinggi dan profil kerjasama antar perguruan tinggi Japan-Indonesia yang telah dan akan dilaksanakan kedepan.

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, yang rencananya membuka konferensi ini, mendadak berhalangan hadir sehingga sambutan pembukaan beliau dibacakan oleh Rektor Universitas Gajah Mada, Prof. Dr. Pratikno, S.Soc.Sc. dan sekaligus mewakili Dirjen membuka konferensi dan didampingi oleh Sekjen Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc yang sekaligus juga menyampaikan sambutan ketua MRPTNI. Pihak perguruan tinggi Jepang diwakili oleh President Nagoya University, Prof. Dr. Hamaguchi Michinari yang juga turut memberikan sambuatannya. Sekjen MRPTNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa konferensi ini dimaksudkan untuk mempertemukan berbagai displin ilmu dari perguruan tinggi kedua negara guna membangun kerjasaman diberbagai aspek dengan prinsip kesetaraan. Pertukaran ide yang konsisten sebagai implementasi kerjasama selama ini membuat hubungan perguruan tinggi Jepang dan Indonesia semakin langgeng dan panjang. Untuk itu diharapkan kerjasama ini terus berkelanjutan terutama dalam rangka menghadapi “Asian Economic Comunity 2015 yang akan datang. Sementara itu, Presiden Nagoya University menyampaikan bahwa tahun lalu di Nagoya University Jepang kita duduk bersama dalam konferensi pertama, membicarakan berbagai topik dan isu strategis dimana pada saat itu, kami dari perguruan tinggi di Jepang sangat terkesan dan berkomitmen melanjutkan konferensi ini hingga kita semua berada ditempat ini lagi. Abad 20 telah dilewati bersama dengan pengalaman yang panjang yang diwarnai oleh banyak kerjasama, tapi sekarang kita bersama-sama lagi menghadapi berbagai  isu global yang tentunya memerlukan kerjasama sinergi yang lebih intensif. Untuk itu, kami sangat menghargai dan berterima kasih atas pelaksanaan konferensi kedua ini, dengan harapan akan terus dilaksanakan dimasa-masa yang akan datang secara bergantian di kedua negara. Tidak satu pun diantara kita yang secara sendiri dapat menghadapi tantangan global dimasa yang akan datang. Kami telah banyak belajar tentang sisi Indonesia melalui berbagai kerjasama selama ini.

Konferensi dilanjutkan dengan pemaparan dari pembicara kunci; Bapak Heru Setiawan, Director of Planning, Investment and Risk management PT. Pertamina Indonesia dengan topik Pertamina New & Renewable Energy (NRE) Bussiness Development Strategy and Road Map yang menggambarkan berbagai strategi yang akan dilaksanakan oleh PT Pertamina dalam memenuhi “demand energy consumption” di Indonesia yang sangat membutuhkan riset inovative dari perguruan tinggi. Selanjutnya peserta konferensi di  bagi menjadi dua kelompok diskusi dimana paper para peserta dipresentasikan. Pada kelompok diskusi 1 disampaikan papaer dari Kyoto University, Prof. Kosuke MIZUNO, Tokyo University of Foreign Study Dr. Koji MIYAZAKI, Nanzan University, Prof. Dr. Mikihiro MORIYAMA, IPB, Prof. Anaz Mifta Fauzi, ITB, Dr. Edwan Kardena dan UGM, Prof. Ir. Sri Rahardjo, MSc, Ph.D. Sementara itu, pada kelompok dua disajikan papaer dari Chiba University, Prof. Akikazu ANDO, Kobe University, Dr. Akira NEGI, Hokkaido University, Prof. Kasushige KAWABATA, Nagoya University, Prof. Yuzuru SHIMADA, ITS, Prof. Dr. Adi Soeprijanto, UI, Prof. Bambang Wibawarta, dan dari Dikti, Prof. Dr. Supriadi Rustad. (Sekretariat MRPTNI melaporkan dari Yogyakarta).

Posted in Uncategorized | Leave a comment