PENERIMAAN CALON MAHASISWA PROGRAM AFIRMASI DIKTI BAGI PUTRA-PUTRI ASLI PAPUA TAHUN 2012

Rapat Tim Pengelola Program Afirmasi Dikti bagi Putra-Putri Asli Papua dengan Dirjen Dikti, Prof. Dr. Djoko Santoso dan Sesditjen Dikti, Dr. Haris Iskandar di Jakarta pada tanggal 15 Agustus 2012 berhasil memutuskan untuk menerima 747 orang calon mahasiswa Putra-Putri Asli Papua yang akan disebar di 31 PTN terkemuka di Indonesia. Tim ini dibentuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia atas arahan Mendikbud R.I. Hasil seleksi tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Pengelola Program Afirmasi Dikti bagi Putra-Putri Asli Papua 2012, Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS. mewakili Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia, kepada Dirjen Dikti dan Sesditjen Dikti.    Selanjutnya hasil seleksi tersebut ditetapkan melalui SK Dirjen Dikti No. 60/DIKTI/Kep/2012 yang sudah dapat diakses melalui website Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia  dan website khusus Program Afirmasi Dikti www.unhas.ac.id/pmb/oap.

Jumlah pelamar secara keseluruhan adalah 1012 calon mahasiswa, namun setelah melalui evaluasi berkas lamaran hanya 804 calon yang diusulkan untuk diseleksi lebih lanjut pada rapat Tim seleksi dengan Para Rektor 31 PTN di Jakarta tanggal 4 Agustus 2012 lalu. Dari 804 berkas tersebut dinyatakan sejumlah 747 orang yang dapat diputuskan lolos seleksi dan memenuhi syarat .  Sisanya tidak dapat lulus karena beberapa alasan antara lain calon adalah bukan putra-putri asli Papua, masa kelulusan SMU sudah lebih 3 tahun, berkas tidak lengkap, dan lulusan ijazah dari Papua Nugini yang belum disesuaikan dengan Dinas Pendidikan di Indonesia. Sejumlah 747 orang calon mahasiswa yang telah terseleksi tersebut selanjutnya akan diundang dan dikumpulkan di Univeritas Cendrawasih  dan Universitas Negeri Papua  pada tanggal 27-29 Agustus 2012 untuk mengikuti  Kegiatan pembekalan yang melibatkan Muspida Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, para tokoh adat,  kepala suku, para pemuka agama,  para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dan kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota serta Tim Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat atau UP4B. Pada akhir acara pembekalan tersebut rencananya akan dilakukan penyerahan mahasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat kepada 31 Rektor PTN terkemuka yang akan dihadirkan dalam acara tersebut.

Setelah mengikuti kegiatan pembekalan selanjutnya calon mahasiswa tersebut akan disebar ke beberapa Program Studi di 31 PTN untuk melakukan registrasi dan penerimaan calon mahasiswa di PTN masing-masing. Adapun Program Studi yang disiapkan antara lain; Pendidikan Dokter, Teknik Mesin, Teknik Mesin dan Biosistim, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Kimia,  Teknik Lingkungan, Teknik Arsitektur,  Arsitektur lanskap, Agroteknolgi, Agribisnis, Peternakan, Teknologi Produksi Ternak, Perikanan Kelautan, Manajemen Hutan, Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata, Kehutanan, Nutrisi dan Teknologi Pakan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap, Teknologi Hasil Hutan, Silvikultur, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Agronomi dan Holtikultura, Proteksi tanaman, Kedokteran Hewan, Meteorologi Terapan, ilmu gizi, Akutansi, Statistika, Pendidikan Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Pendidikan, Matematika, Ilmu Hukum, Perpustakaan, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Pendidikan Biologi, dan Sastra Indonesia.

Skema pembiayaan Program ini melalui dana Program  Beasiswa Dikti yang diberi nama Beasiswa ADIK-PAPUA, singkatan dari Beasiswa Afirmasi  Dikti bagi Putra-Putri Asli Papua,  untuk biaya pendidikan di masing-masing PTN.  Sedangkan untuk biaya hidup, pemondokan, transport dan lain-lain, disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat melalui dana APBD dan Otsus Papua. skema pembiayaan antara Dikti dan Pemda Papua ini akan disempurnakan dalam pembahasan anggaran APBN dan APBD 2013 tahun depan sehingga diharapkan efektif dan efisien dengan hasil yang sesuai dengan harapan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to PENERIMAAN CALON MAHASISWA PROGRAM AFIRMASI DIKTI BAGI PUTRA-PUTRI ASLI PAPUA TAHUN 2012

  1. erny.popy.ruthkambu says:

    nama* hasil seleksi kapan di umumkan ??????????????????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>