IDRUS PATURUSI Terpilih menjadi Ketua MRPTNI

Rapat Musyawarah Anggota, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, di Hotel Horison Palembang pada pukul 23.45 malam berhasil memilih Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi, Rektor Universitas Hasanuddin, sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) periode 2012-2014, menggantikan Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS, mantan Rektor Universitas Andalas yang saat ini menduduki jabatan Wakil Menteri Pendidikan, Kemendikbud R.I.    Prof. Musliar adalah Ketua MRPTNI periode 2010-2012, yang juga saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Inspektorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud R.I.

Idrus dipilih melalui pemungutan suara oleh 7 formatur yang dipilih dalam rapat musyawarah MRPTNI tersebut yaitu: Ketua Formatur ; Prof. Dr. Bedjo Sujanto, Rektor UNJ,  Sekretaris ; Prof. Dr. H. Usman Rianse, MS, Rektor Unhalu dan Anggota Formatur yang terdiri atas; Prof. Dr. Ir. Hery Suhardiyanto, MSc, Rektor IPB,  Prof. Dr. Zainal Muktamar, Rektor Universitas Bengkulu, Prof. Dr.dr. Idrus A. Paturusi, Rektor Unhas, dan Rektor Universitas Lambung Mangkurat. Ketuju formatur memberikan 4 suara ke Prof. Idrus  Paturusi dan 3 suara ke Prof. Hery Suharrdiyanto.   Pada malam itu juga, formatur berhasil melengkapi susunan kepengurusan MRPTNI 2012-2014.
Wakil menteri Pendidikan, Prof. dr. Musliar Kasim, MS dalam amanahnya setelah pemilihan tersebut menyampaikan bahwa MRPTNI adalah lembaga yang sangat strategis dalam menghimpun berbagai pemikiran cerdas para rektor perguruan tinggi negeri.  Beliau mengharapkan peran MRPTNI yang lebih besar lagi dalam memberikan berbagai masukan ke kementerian pendidikan untuk memajukan kualitas pendidikan agar dapat mengahasilkan SDM yang berkarakter kebangsaan, cerdas, ber-etika dan berakhlak mulia. MRPTNI diharapkan dapat mengawal pengesahan UU Pendidikan yang sementara digodok agar dapat menjadi payung hukum bagi semua perguruan tinggi di tanah air dalam melaksanakan pembangunan pendidikan yang berkarakter.  Wakil menteri juga mengapresiasi keberhasilan MRPTNI dalam menyelenggarakan SNMPTN 2011 yang menggunakan system IT denganm baik, sehingga diharapkan kepengurusan ini tetap menjaga kebersamaan perguruan tinggi tersebut dalam pelaksanaan SNMPTN 2012. Rapat Musayawarah anggota MRPTNI kali ini dihadiri oleh 39 rektor perguruan tinggi negeri mulai dari Sumatera hingga Papua.

Demikian  dilaporkan oleh : A. Ilham Makhmud, sekretaris eksekutif MRPTNI langsung dari Palembang Sumatera Selatan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>