Berita Terbaru

UNIVERSITAS HASANUDDIN

Gelar Halal Bihalal, FKG Unhas Hadirkan Rektor UIN Makassar Sebagai Narasumber

Dalam rangkaian Hari Raya Idul Fitri 1442 H, sivitas akademika Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelengarakan halal bihalal, mengusung tema “Bumikan Kebermaknaan Hidup Dengan Memperkuat Jejaring Kemanusiaan”. Kegiatan berlangsung pukul 14.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan terhubung secara langsung melalui kanal YouTube FKG Unhas, Kamis (20/05).

Mengawali kegiatan, Ketua Ikatan Alumni (IKA) FKG Unhas drg. Hj. Hasnah Syam, MARS., memberikan apresiasi atas upaya FKG untuk terus menyambung tali silaturahmi bersama para alumni maupun sivitas akademika lainnya. Menurutnya, kegiatan seperti ini akan semakin meningkatkan dan mengokohkan semangat kekeluargaan.

“Menjaga ukhuwah sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga kebersamaan. Dengan terjalinnya rasa kebersamaan, kita berharap memberikan dampak positif untuk pengembangan FKG maupun Unhas kedepan,” jelas drg. Hasnah.

Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Sp.BM(K), Ph.D., menyebutkan bahwa momentum halal bihalal dimanfaatkan sebagai media untuk saling memaafkan dan menguatkan hubungan silaturahmi. Dengan kegiatan ini, maka diharapkan mampu membangkitkan spirit untuk bersama-sama melangkah menuju tujuan dan target kinerja serta peran FKG dalam masyarakat.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H bagi segenap sivitas akademika lingkup Unhas, khususnya FKG. Beliau menuturkan, momen halal bihalal dapat memperkuat silaturahmi dan mengoptimalkan seluruh elemen yang tergabung di Unhas untuk berkontribusi terhadap peningkatan Unhas di masa mendatang.

“Semangat silaturahmi yang masuk dalam tradisi akademik diharapkan dapat menghasilkan capaian yang lebih baik, karena seluruh pihak saling bekerja sama menjalankan peran dan kontribusi, didukung dengan hati yang lapang,” ungkap Prof. Dwia.

Dalam kegiatan halal bihalal, dihadirkan Prof. Dr. Hamdan Juhanis, MA., Ph.D., yang merupakan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar sebagai narasumber. Beliau menyampaikan makna halal bihalal.

Prof. Hamdan menjelaskan pentingnya jejaring sebagai hasil dari proses silaturahmi. Menurutnya, jejaring adalah bentuk dari fasilitas hidup yang berada diatas kekayaan harta. Hal ini terjadi karena jejaring merupakan buah dari etika kemanusiaan.

“Orang cerdas adalah orang yang dapat berjejaring. Jejaring menjadi bagian dari nilai substansial dalam ajaran Islam sebagai bentuk interaksi sosial kemanusiaan, termasuk di dalamnya silaturahmi. Olehnya itu, silaturahmi dengan sesama menjadi proses untuk mencapai jejaring lebih luas,” jelas Prof. Hamdan.

Halal bihalal FKG Unhas yang diikuti kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 15.30 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Berita terkait :

Share berita :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

This post is also available in: Indonesia

Skip to content