program

Program Studi Profesi Apoteker Unhas Mulai Dibanjiri Pendaftar

Sesuai dengan maklumat pengumuman Dekan Fakultas Farmasi Unhas No. 1566/UN4.17/PP.37/2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Awal 2016/2017 Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) tercantum bahwa rentang waktu pendaftaran dimulai tanggal 6 Juni 2016 dan akan ditutup tanggal 17 Juni 2016. Walaupun, waktu pendaftaran masih menyediakan waktu 1 minggu lagi, tetapi PSPA Fakultas Farmasi Unhas mulai dibanjiri para pendaftar.

Per hari Jum’at, 10 Juni 2016, data pendaftar yang telah mengambil blanko pembayaran sebanyak 245 orang. Dari angka itu, sebanyak 224 orang telah melakukan pembayaran untuk registrasi pendaftaran dan telah mengambil formulir pendaftaran. Jumlah ini diprediksi masih akan terus bertambah. Asmawati, salah seorang panitia penerimaan mahasiswa baru PSPA mengatakan bahwa sampai saat ini, sebagian besar pendaftar masih berasal dari institusi farmasi yang ada Sulawesi Selatan. Beliau menambahkan bahwa pendaftar yang berasal dari institusi farmasi di luar Sulsel, seperti Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Papua dan daerah lain, masih minim. Diprediksi para pendaftar dari daerah-daerah ini akan membludak di paruh ke-2 masa pendaftaran yakni tanggal 13 Juni – 17 Juni 2016.

Bercermin pada penerimaan tahun-tahun sebelumnya, pihak PSPA Fakultas Farmasi Unhas akan menerima sekitar 150 – 160 mahasiswa baru PSPA yang nanti akan dibagi menjadi 3 kelas belajar. Para mahasiswa yang diterima di PSPA Unhas akan menjalani pendidikan selama 2 semester untuk mendapatkan gelar profesi apoteker (Apt.). Selama 2 semester proses pembelajaran tersebut, para mahasiswa akan mendapatkan pendalaman teori pada semester pertama dan pada semester ke-2, mahasiswa akan diarahkan untuk melaksanakan praktik kerja profesi di rumah sakit, di apotek dan di industri farmasi (chm).

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Awal 2016/2017 Prodi Apoteker Fakultas Farmasi Unhas

PENGUMUMAN

No. 1566/UN4.17/PP.37/2016

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEMESTER AWAL 2016/2017

PROGRAM STUDI PROFESI APOTEKER (PSPA)

 

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Program Studi Profesi Apoteker (PSPA), Semester Awal  2016/2017 dengan rincian sebagai berikut :

JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI

 1. Pendaftaran calon mahasiswa baru

:

6 – 17 Juni 2016
 2. Ujian Seleksi Tertulis

:

21 Juni 2016
 3. Ujian wawancara

:

22 Juni 2016
 4. Test TOEFL

:

Jadwal pusat bahasa
 5. Pengumuman hasil seleksi

:

18 Juli 2016
 6. Pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi

:

25 Juli – 12 Agustus 2016
 7. Penyambutan Mahasiswa Baru

:

19 Agustus 2016

  (more…)

Mahasiswi Farmasi Unhas Raih Medali Emas di Ajang EuroInvent 2016

Qonita Kurnia Anjani berfoto bersama piagam penghargaan dan trofi atas keberhasilannya meraih medali emas di ajang EuroInvent 2016. Sumber foto: www.kemlu.go.id/bucharest)

Qonita Kurnia Anjani berfoto bersama piagam penghargaan dan trofinya atas keberhasilannya meraih medali emas di ajang EuroInvent 2016. (Sumber foto: www.kemlu.go.id/bucharest)

Qonita Kurnia Anjani, mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, kembali menorehkan prestasi pribadinya. Kali ini, mahasiswi angkatan 2012 ini berhasil merengkuh medali emas pada ajang EuroInvent 2016 yang diselenggarakan di Rumania. Tentu saja prestasi ini tidak sekedar menambah rekor pribadinya, tetapi juga mengharumkan nama bangsa, khususnya lagi nama Fakultas Farmasi, Universitas Hasanuddin. (more…)

Prodi S2 Ilmu Farmasi Rampungkan Borang Akreditasi

Bertempat di ruang pertemuan FF UH, sejumlah dosen yang diinstruksikan untuk terlibat menyiapkan dokumen borang akreditasi melakukan perampungan dokumen-dokumen tersebut. Hal ini dilakukan mengingat sertifikat akreditasi untuk Prodi S2 Ilmu Farmasi Unhas akan berakhir pada akhir tahun 2016 ini.

Beberapa hal didiskusikan dalam rapat perampungan ini demi mempertahankan predikat akreditasi A yang telah diperoleh prodi sebelumnya. Berbeda dengan akreditasi prodi lainnya yang bernaung di BAN-PT, prodi-prodi kesehatan, termasuk prodi S2 Ilmu Farmasi dinaungi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Sebagai akibat dari dinamika proses pendidikan, format borang akreditasi pun mengalami perubahan. Sebagai contoh, jika pada format lama menggunakan istilah “Standar”, maka untuk format baru ini menggunakan istilah “Kriteria”. Jika dulu ada 6 standar, maka sekarang dikenal 9 kriteria. Untuk periode pengajuan borang akreditasi kali ini, panitia borang diharuskan mengirimkan 2 bentuk dokumen yaitu dokumen dengan format lama maupun yang baru. Setelah perampungan ini selesai, maka borang akreditasi akan dikirimkan ke pihak auditor untuk mendapatkan asesmen awal (chm).

Program PKM, FF UH Usulkan 10 Judul

Sebanyak 10 judul program pengabdian kepada masyarakat (PKM) BOPTN telah diseminarkan di tingkat fakultas untuk kemudian diusulkan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhas. Usulan judul program PKM tersebut berasal dari 9 laboratorium yang berada di FF UH.

Ke-10 usulan judul untuk program PKM tahun 2016 adalah sebagai berikut.

  1. IbM Komunikasi, Informasi dan Edukasi Obat Narkotika dan Psikotropika di SMAN I Masamba, Kabupaten Luwu Utara.
  2. IbM Pengenalan Tipe Wound Dressing yang Tepat serta Pendekatan Pengobatan Tradisional untuk Infeksi Luka akibat Diabetes (Luka Gangren) pada Masyarakat Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar.
  3. IbM Upaya Mengoptimalkan Swamedikasi Dermatitis dan Diare melalui Pemanfaatan BeeProduct di Desa Manimbahoi dan SMAN I Parigi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa.
  4. Sintesa Pemutih Gigi Berbasis Natrium Bikarbonat Menggunakan Bahan Alami di Kabupaten Luwu Timur
  5. IbM Penyuluhan dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Tanaman Cengkeh sebagai Sumber Minyak Atsiri Alami pada Pembuatan Produk Sabun Antiseptik Skala Rumah Tangga Petani Cengkeh Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa.
  6. ITM-W kelompok Usaha Ternak Ayam sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Unggas melalui Penerapan Suplemen Probiotik Pakan Ayam di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan
  7. Penyuluhan tentang Resiko Gangguan Ginjal akibat Obat Swamedikasi disertai Deteksi Dini Gangguan Ginjal di Kabupaten Soppeng
  8. Deteksi NAPZA dan Penyuluhan Dampak Penyalahgunaannya di Kabupaten Sidrap
  9. IbM Penyuluhan dan Pelatihan Pengolahan Bahan Baku Obat Tradisional bagi Siswa SMK Muhammadiyah Ahmad Dahlan di Kabupaten Pinrang dalam Rangka Mendukung Program Pemerintah
  10. Teknologi Pengolahan Limbah Cair Kakao dan Pulp Kakao Menjadi Minuman Kesehatan dan Nata de Cocoa di Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Banggai

Di LP2M, ke-10 usulan tersebut akan dikompetisikan dengan usulan-usulan yang berasal dari fakultas-fakultas lain dalam lingkup Unhas. Semoga berhasil (chm).

Penyumpahan Apoteker Periode Maret 2016

Suasana sidang terbuka pengambilan sumpah/janji apoteker baru periode Maret 2016 (28/3).

Suasana sidang terbuka pengambilan sumpah/janji apoteker baru periode Maret 2016 (28/3).

Sebanyak 140 apoteker baru saja dilantik dan diambil sumpahnya di Aula Prof. A. Amiruddin Unhas. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Hasanuddin yang diwakili oleh Bapak Wakil Rektor IV Unhas. Selain itu, acara pelantikan ini dihadiri pula oleh perwakilan dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Drs. Totok Sudjianto, M.Kes., Apt., Ketua Komite Farmasi Nasional, Drs. Purwadi, Apt., MM., ME., Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt., dan Ketua Program Studi Profesi Apoteker Unhas, Dra. Ermina Pakki, M.Si., Apt. (more…)

Yudisium Mahasiswa S1 Farmasi Unhas

Sebanyak 31 mahasiswa tingkat S1 Fakultas Farmasi Unhas diyudisium sebagai prosesi untuk mengikuti wisuda periode Maret 2016. Kegiatan ini dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. yang berlangsung di gedung Fakultas Farmasi. Untuk tingkat Fakultas Farmasi Unhas, lulusan terbaik yakni Cynthia Frans dengan IPK 3,83.

Wisuda tingkat Universitas Hasanuddin sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Maret 2016 di Baruga A. P. Pettarani, Unhas. Untuk tanggal 23 Maret, wisuda akan dilaksanakan untuk lulusan strata-1. Kegiatan wisuda dilanjutkan pada tangga; 24 Maret untuk lulusan strata-2, strata-3 dan profesi (chm).

***SELAMAT***

156 Maba PSPA Farmasi UH Dikukuhkan

Dekan Fak. Farmasi UH, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt., sedang menyampaikan sambutan sekaligus menerima secara resmi maba PSPA FF UH (5/2).

Dekan Fak. Farmasi UH, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt., sedang menyampaikan sambutan sekaligus menerima secara resmi maba PSPA FF UH (5/2).

Sesuai Surat Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 2807/UN4/PP.37/2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pendidikan Profesi Apoteker pada Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin, maka pada hari ini (5/2) sebanyak 156 mahasiswa baru (Maba) Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Unhas diterima dan dikukuhkan oleh Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt. Kegiatan berlangsung di Aula Fakultas Farmasi UH. Hadir pula pada prosesi ini Drs. Abd. Muzakkir M. Rewa, M.Si., Apt selaku Wakil Dekan III FF UH, Dr. Latifah Rahman, DESS., Apt dalam kapasitas sebagai Kepala Prodi Profesi Apoteker UH dan Usmar, S.Si., M.Si., Apt. selaku Sekretaris Prodi PSPA UH. (more…)

Mahasiswa Farmasi STIKES Avicenna Praktik di FF UH

Sebanyak 14 mahasiswa program studi Farmasi dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Avicenna Kendari melakukan praktik di Fakultas Farmasi Unhas. Praktik dilakukan selama kurang lebih 1 bulan dengan agenda melakukan praktik di 5 laboratorium besar di Fakultas Farmasi Unhas.

DSCN3639

Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan Avicenna Kendari berfoto bersama di depan Laboratorium Biofarmasi FF UH (2/2)

Momen ini juga dimanfaatkan oleh ke-2 belah pihak untuk memperkuat tali silaturahmi dan diharapkan dapat menjadi awalan yang baik bagi hubungan positif di masa yang akan datang. Pendamping ke-14 mahasiwa tersebut, Ikhsan Sidik, S.Si., Apt., mengatakan bahwa praktikum akan dilaksanakan dengan rentang waktu per jenis praktikum sekitar 3-4 hari lamanya.

Tentu saja kerjasama ini dihajatkan agar tidak berhenti sampai di sini. Ke depan, diharapkan jalinan kerjasama apik ini dapat ditingkatkan lagi untuk hal-hal lainnya (chm).

 

Fakultas Farmasi UNHAS Mengadakan Workshop Pelatihan Penulisan Naskah Soal Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI)

Fakultas Farmasi Unhas mengadakan Workshop Penulisan Naskah Soal Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI). Workshop ini diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Farmasi Unhas dan beberapa pihak dari luar UNHAS seperti beberapa rumah sakit dan perguruan tinggi swasta di lingkup Makassar. Kegiatan ini juga diikuti oleh para anggota Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan.

20150213_095006

Workshop ini diselenggarakan untuk memberikan pelatihan kepada para stakeholder yang berkepentingan dalam pendidikan apoteker untuk menyediakan soal-soal yang representatif untuk menguji kompetensi apoteker.

Dalam pembukaannya, Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Farmasi Unhas mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk melatih para stakeholder menyediakan soal yang akan digunakan sebagai materi exit exam sesuai blueprint yang ada.

20150213_094954

Acara ini diagendakan selama 2 hari yang dimulai tanggal 13 Februari 2015 sampai 14 Februari 2015. Sesuai agenda, hari pertama akan diisi dengan workshop dimana yang menjadi fasilitator adalah Usmar, S.Si., M.Si., Apt dan Dra. Ermina Pakki, M.Si., Apt. Keesokan harinya, kegiatan ini akan memasuki tahapan evaluasi yang akan difasilitasi oleh Dra. Endang Wahjuningsih, M.S., Apt. (chm)

Fakultas Farmasi © 2015 Frontier Theme