Dropship merupakan sebuah bisnis maupun jualan yang proses penjualannya dilakukan secara online di mana dropshipper yang merupakan penjual tidak perlu mempunyai stok produk sendiri. Hal ini dikarenakan dropshipper yang menjadi pelaku bisnis hanya akan menawarkan produk-produk dari supplier atau distributor. Dropship ini memang bisa dikatakan pekerjaan yang mirip sekali dengan sales yang bekerja di bawah naungan perusahaan, dimana seorang sales akan mempromosikan produk maupun barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Ketika Anda mulai tertarik untuk menjalankan sebuah bisnis tentunya Anda pernah mendengar bisnis dropship. Nah, dropship sendiri dapat dilakukan di marketplace maupun membangun sebuah aset toko online sendiri. Dropship untuk saat ini menjadi salah satu bisnis populer di kalangan masyarakat Indonesia itu di kalangan remaja mahasiswa ibu rumah tangga bahkan orang yang sudah lanjut usia bisa menjalankan usaha sampingan untuk karyawan. Kenapa seperti itu? Hal ini dikarenakan bisnis dropship itu adalah bisnis yang sangat mudah untuk dikerjakan di mana pun bahkan Anda bisa melakukannya di rumah dengan santai.

Seperti yang sudah kita ketahui jika di negara Indonesia terdapat banyak marketplace yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Contohnya saja ialah marketplace shopee, marketplace Tokopedia, marketplace Bukalapak, marketplace OLX, marketplace blibli.com dan lain sebagainya. Dari semua market list tersebut tentunya akan menjadi jalan kesuksesan Anda menjadi seorang pebisnis dropshipper.

Nah berikut ini beberapa tahapan cara mengenai memulai bisnis dropship di marketplace:

Lebih baik fokus pada satu marketplace

Jika Anda ingin menjadi seorang dropshipper dengan menggunakan via marketplace maka trik yang pertama untuk bisa meraih kesuksesan ialah fokus. Banyak sekali orang yang mengalami kegagalan dikarenakan hilangnya fokus dalam diri. Untuk itulah akan lebih baik bagi seorang pemula untuk selalu mengingat hal tersebut. Jangan sampai Anda melakukan bisnis dropship di banyak marketplace hal ini tentu saja akan memecah fokus Anda kecuali jika memang Anda sudah master. Itulah mengapa agar bisnis yang Anda jalani berjalan dengan baik Anda wajib menyediakan banyak waktu untuk mengelola marketplace Anda.

Memiliki pelayanan fast respon kepada pelanggan

Untuk trik yang selanjutnya ketika Anda menjadi seorang dropshipper usahakan Anda memiliki layanan fast respon kepada para konsumen. Jika memang terdapat beberapa customer yang menanyakan tentang produk yang ada jual maka segeralah untuk membalas pertanyaan mereka sehingga para customer pun bisa mendapatkan informasi sesegera mungkin dan puas dengan pelayanan Anda.

Pilihlah produk penjualan yang sedang trending atau yang sangat diperlukan

Sebagai seorang penjual tentunya Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar serta meraih kesuksesan. Nah, agar dapat meraih kesuksesan tersebut maka Anda perlu untuk memilih produk yang saat ini tengah terkenal atau populer ataupun menjual produk-produk yang memang dibutuhkan oleh kebanyakan masyarakat.

Akan tetapi sebagai seorang dropshipper tentunya akan mengalami kesusahan jika barang barang trend yang Anda promosikan telah terjual habis di supplier. Agar bisa mengatasi hal tersebut Anda juga bisa menjual produk-produk yang tengah diperlukan oleh kebanyakan masyarakat di mana produk yang Anda jual tersebut menjadi solusi atau jawaban yang dibutuhkan oleh para customer.

Buatlah tokoh yang profesional

Kebanyakan para customer tidak hanya melihat produknya namun juga melihat bagaimana kepercayaan dari toko. Kebanyakan mereka akan mempertanyakan apakah tokoh tersebut terbaik apakah reputasinya terbaik kredibel nya dan lain sebagainya. Untuk itulah Anda perlu membangun toko online yang bisa dipercaya, walaupun customer tidak akan mudah percaya namun Anda akan memperoleh banyak pelanggan sekitar 2 sampai 3 bulan kemudian.

Memperbanyak followers

Kebanyakan toko yang menjadi tempat bisnis online akan memerlukan banyak followers. Kegunaan dari followers ini tentu bukan hanya memperlihatkan seberapa banyak pengikutnya namun dengan banyak followers ini tentunya akan memancing konsumen untuk membeli produk maupun barang yang Anda jual. Banyak sekali peluang usaha tanpa modal yang mana kebanjiran order di marketplace dikarenakan menggunakan cara yang seperti ini. Bahkan beberapa tempat kursus online yang berbayar juga terdapat materi untuk bisa memperbanyak followers.

Nah itulah sekilas info mengenai 5 cara membangun bisnis dropship via marketplace yang bisa diberikan kepada Anda. Dengan adanya ulasan diatas diharapkan mampu memberikan bantuan serta manfaat bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis tanpa ada modal yang banyak.

Tags: