Kini semakin banyak orang yang menggunakan microwave untuk mempermudah kegiatan masak memasaknya. Cara kerja microwave yang praktis dan mudah, semudah cari tiket murah ke Bangkok di Traveloka. Selama ini microwave hanya dikenal sebagai alat penghangat makanan saja. Padahal, ada fungsi lain microwave yang mungkin belum banyak orang ketahui. Penasaran dengan fungsi lain microwave? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengurangi efek pedih di mata saat mengiris bawang

Mengiris bawang sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang paling menyebalkan untuk sebagian orang. Bagaimana tidak, seringkali rasa perih di mata dan hidung tak bisa dihindarkan ketika sedang mengiris bawang. Akibatnya, mata berair dan membuat kita menangis. Nah, supaya kita tak lagi menahan rasa pedih saat mengiris bawang, manfaatkan saja microwave yang ada di rumah.

Caranya pun mudah, kamu cukup memasukkan bawang utuh yang telah dipotong ujung-ujungnya ke dalam microwave dan panaskan selama kurang lebih 1 menit. Cara ini akan membuat bau menyengat yang menyebabkan rasa pedih di mata hilang karena diserap oleh microwave. Setelah dipanaskan, kamu bisa mengiris bawang seperti biasa. Dijamin kamu tak akan merasakan pedih ketika mengiris bawang.

2. Merenyahkan roti dan membuatnya empuk

Kalau kamu ingin roti yang kamu beli selalu dalam keadaan fresh, renyah, dan empuk walau sudah disimpan selama beberapa hari, simpan saja roti tersebut di dalam microwave. Tak perlu menyalakan microwave karena kamu hanya perlu menyimpannya di dalam microwave sampai kamu ingin mengonsumsinya.

Meski dalam keadaan mati, microwave akan membuat tekstur roti tetap empuk. Hal Ini dikarenakan microwave yang tertutup rapat akan membuatnya kedap udara sehingga tak akan ada jamur yang tumbuh pada roti. Dengan begini, roti yang kamu beli akan selalu fresh dan nikmat saat dimakan. Microwave juga bisa dimanfaatkan untuk roti yang mulai mengering. Caranya, cukup panaskan roti tersebut di dalam microwave selama 2 – 5 menit. Dijamin tekstur roti akan kembali empuk.

3. Memudahkan memeras lemon sehingga lebih banyak air yang dihasilkan

Seringkali lemon yang kita peras hanya menghasilkan sedikit air, padahal kita sudah mencoba memerasnya dengan kekuatan penuh. Nah, supaya lemon yang kamu peras menghasilkan lebih banyak air, masukkan saja lemon yang akan kamu peras ke dalam microwave. Panaskan selama 3 menit, lalu dinginkan sebentar. Setelah itu, kamu bisa memerasnya seperti biasa.

Dengan memanaskan lemon ke dalam microwave, kamu akan membuat bulir-bulir lemon melunak akibat panas sehingga lemon akan lebih mudah diperas. Tak percaya? Kamu bisa melihat perbedaan jumlah air lemon yang dihasilkan dengan menggunakan cara ini. Teknik ini juga bisa kamu terapkan saat ingin memeras jeruk. Sekarang, kamu bisa mendapatkan perasan air lemon yang lebih banyak!

4. Memasak sayur lebih cepat

Tahukah kamu kalau ternyata microwave juga bisa digunakan untuk memasak sayur. Kegiatan memasak sayur mungkin cukup membosankan karena kamu harus menunggu air sampai mendidih sebelum memasukkan semua bahan sayuran. Belum lagi kamu harus mengaduknya dan membumbui sayur tersebut. Kalau tak ingin menunggu waktu lama, kamu bisa memasak sayur dengan microwave.

Caranya, letakkan sayur yang ingin kamu masak beserta bahan-bahan lainnya di sebuah pinggan antipanas. Lalu, tutup rapat dan masak di dalam microwave. Voila, sayur akan matang lebih cepat dari biasanya! Meski begitu, perlu kamu ketahui kalau waktu yang dibutuhkan untuk memasak sayur berbeda-beda tergantung dari jenis sayur itu sendiri.

Untuk sayuran lunak seperti bayam, kangkung, dan tomat dibutuhkan waktu kira-kira 30 detik, sedangkan untuk sayuran bertekstur keras seperti wortel, kentang, dan buncis membutuhkan waktu sekitar 4 menit pemasakan.

5. Mengupas bawang putih dengan mudah

Microwave juga bisa digunakan untuk mempermudah mengupas bawang putih. Ya, cukup panaskan bawang putih utuh di dalam microwave selama beberapa menit maka kulit ari bawang putih akan lepas dengan sendirinya. Dengan begini, waktu memasak pun akan menjadi lebih ringkas dan efisien. Kamu pun bisa memanfaatkan sisa waktu memasak dengan hal lainnya.

Nah, kalau sudah tahu fungsi lain dari microwave, yuk, mulai manfaatkan microwave untuk kegiatan memasak lainnya. Jangan biarkan microwave yang ada di rumah terbengkalai begitu saja. Selamat mencoba!

Tags: