Menjadi mahasiswa, merupakan momen penting bagi seseorang untuk membentuk karakter dalam mempersiapkan diri menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri. Tak ayal, meskipun mendapatkan uang jajan dan biaya kuliah dari orang tua, seorang mahasiswa baru perlu mendapatkan uang tambahan sebagai simpanan pribadi.

5 Usaha Sampingan Paling Cocok Untuk Mahasiswa Baru

Terlebih bagi mahasiswa baru yang terpaksa kos karena jauh dari kota asalnya, selalu ada biaya pengeluaran tak terduga. Maka dari itu mempunyai penghasilan sendiri menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa baru tersebut.

Usaha Sampingan Buat Mahasiswa

Berikut adalah 5 usaha sampingan ibu rumah tangga paling cocok untuk mahasiswa baru yang patut dicoba untuk menambah pundi-pundi keuangan kamu, yaitu:

1. Jadi Event Organizer

Dalam dunia perkampusan, banyak sekali acara anak muda yang butuh jasa even organizer. Kaum milenia cenderung suka mengadakan acara-acara semacam perayaan kejutan ulang tahun, anniversary perayaan hari jadi pacaran, hari kelulusan, jalan-jalan, dan masih banyak lagi.

Mulai saja dulu dengan menerima order kecil-kecilan. Atau menawarkan bantuan kepada temanmu yang bingung akan memberikan surprise party untuk seseorang. Bila satu acara saja membuat mereka terkesan pasti kamu akan diminta untuk menjadi EO kembali.

Bia sudah mulai berkembang dan banyak orderan, libatkanlah teman-teman kampusmu lainnya. Selain kamu bisa membuka lapangan kerja untuk mereka, sistem kerja bersama akan lebih teratur dan teroganisir dengan baik. Kamu bahkan bisa membuka peluang bisnis baru di sini, semisal broker katering, broker jasa dokumentasi, broker peralatan dan masih banyak lagi.

Yang jelas untuk menjadi EO, kamu dapat berpeluang menjadi multi bisnismen. Urusan omset, tentunya akan mengikuti, tergantung sejauh mana kamu konsisten dengan pelayanan yang baik dan promosi yang dilakukan.

2. Mendirikan Usaha Les Privat

Buat kamu yang punya karakter pendidik dan sering menolong adikmu belajar atau mengerjakan PR, usaha menjadi guru privat sangat cocok untuk kamu. Atau kalau kamu tidak bisa terjun langsung di dalamnya sebagai pengajar, kamu bisa berperan sebagai pengelolanya dan kamu tinggal mencari pengajarnya saja.

Bukalah usaha les privat untuk SD,SMP, atau SMA untuk semua mapel pelajaran. Atau kalau ada yang ingin les musik, kamu juga bisa mencarikan guru les musik untuk siswa yang punya bakat dalam musik atau les vokal. Namun pastikan pengajar yang bekerja dalam usaha privat-mu adalah yang betul-betul mumpuni di bidangnya, sabar dan berjiwa pendidik.

Dengan usaha les privat ini, kamu tinggal mengawasi kinerja gurunya saja dan mengelola managemen usahamu. Usaha ini cukup menggiurkan, mengingat banyak siswa yang membutuhkan les privat untuk meningkatkan prestasi akademiknya di sekolah, bahkan ada juga untuk alasan prestis. Maka jangan sampai kamu meremehkan peluang usaha modal kecil ini.

3. Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance adalah salah satu usaha yang cukup diminati. Apalagi bila kamu sudah dipercaya oleh beberapa orang yang membutuhkan jasa pengetikanmu. Ada beberapa jenis jasa penulis freelancer, ada yang sebagai jasa pengetikan dimana tugasnya hanya mengetik buku atau tulisan saja. Ada juga yang menjadi copywriter. Tugas copywriter biasanya menulis dan menyusun tugas kuliah, makalah, atau artikel sesuai dengan yang diminta oleh pengguna jasa. Bahkan kalau kamu jago menterjemahkan bahasa inggris, kamu bisa juga menjadi freelancer sekaligus penerjemah bahasa inggris.

Biasanya kamu bisa menentukan harga artikelmu sesuai dengan jumlah kata atau per lembar kertas ukuran legal. Kebijakan harga tentunya disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan kreatifitas yang kamu curahkan dalam artikel tersebut.

Pengguna jasa bisa saja dari teman-teman kuliahmu yang merasa tidak mampu membuat esai atau makalah. Bila antar teman sudah puas dengan hasil tulisan yang kamu buat pasti dari mulut ke mulut, hasil penulisanmu yang bagus akan menjadi sangat diminati dan mereka akan kembali memakai jasamu. Jangan lupa juga untuk membuat brosur atau profil untuk mempromosikan usahamu.

Bahkan tidak hanya di kampus, melaului situs web, blog, dan majalah online, kamu juga bisa dibayar untuk menulis artikel dan e-Book untuk mereka. Bahkan untuk penulis pemula, bisa mengikuti kursus online semisal Earn More Writing untuk membantumu cara membuat tulisan yang baik.

4. Menjadi Pedagang Online

Di era industri 4.0, internet bisa menjadi kios dagang untuk kamu berjualan tanpa sewa kios bahkan bisa jadi tanpa modal. Kamu bisa mulai jualanmu untuk teman-teman di kampusmu atau bahkan untuk orang lain. Dengan membuka lapakmu, meng-upload gambar-gabar produkmu dengan semenarik mungkin, kamu bisa memasarkannya di dunia maya. Pakailah setiap media sosial yang kamu punya untuk memasarkan produk yang kamu jual.

Tentang barang yang kamu pasarkan bukan harus yang kamu produksi sendiri, bisa saja kamu hanya sebagai jasa pemasarannya saja, namun supplier-nya dari toko teman atau saudaramu. Bila ingin menjadi jasa dropshiper, kamu juga harus berhati-hati. Pastikan penyedia barang benar- benar bisa dipercaya dan lakukan beberapa survei sebelum memutuskan memasarkan produk-nya.

Keuntungan dari jualan online ini lumayan menjanjikan. Tak jarang penghasilan dari toko online ini bisa untuk membayar uang kuliahmu. Kuncinya, konsisten, jujur, ramah dan fast respon terhadap pelanggan.

5. Ojek Online

Usaha satu ini lumayan banyak diminati para mahasiswa baru. Saat waktu senggang menunggu kelas atau saat kamu sudah tidak ada jadwal mata kuliah, kamu bisa menambah penghasilanmu dengan menjadi ojek online. Motor atau Kendaraan pribadimu bisa digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Masalah hasil lumayan besar untuk kamu yang benar-benar tekun.

Itulah dia 5 peluang usaha sampingan paling cocok untuk mahasiswa baru yang patut kalian coba. Namun perlu diingat, baiknya ada keseimbangan dalam mengatur waktunya agar tujuan utamamu belajar tidak ternomor duakan. Selamat mencoba!

Tags: