Warna adalah alat komunikasi yang kuat dan dapat digunakan untuk memberi sinyal aksi, memengaruhi suasana hati, bahkan memengaruhi reaksi fisiologis. Termasuk warna tembok rumah, bisakah memengaruhi mood penghuninya?

Dikutip dari Verywell Mind, warna-warna tertentu bisa memengaruhi peningkatan tekanan darah, peningkatan metabolisme, dan kelelahan mata. Lantas, bagaimana dengan warna tembok rumah? Menurut pakar warna dan dekorator interior Natalie Craig dari Natalie Craig Design, warna tembok rumah juga bisa memengaruhi mood penghuninya.

Baca Juga : Cat Tembok Terbaik

“Warna di sekitar Anda akan memiliki efek psikologis yang signifikan,” kata Craig dikutip dari Good Housekeeping.

Warna tembok rumah yang cocok akan meningkatkan suasana hati dan kreativitas. Menarik, bukan? Akan tetapi, bagi kita yang bukan ahli warna, akan sulit untuk mengetahui apa efek warna sebenarnya.
Oleh karena itu, Craig dan ahli strategi warna Leslie Harrington, Ph.D, dari LH Color menjelaskan dan menyarankan Bunda memilih warna yang terbaik untuk menjaga suasana rumah sebahagia mungkin. Berikut lima warnanya.

1. Biru muda
Biru muda bisa membangkitkan ketenangan dan menjernihkan pikiran. Kata Craig, warna biru itu kompleks dan dapat memiliki banyak interpretasi, tetapi sebagian besar memberikan perasaan yang baik. Menurut Harrington, warna biru melambangkan ketenangan dan sering dikaitkan dengan langit dan air.

2. Ungu
tua bisa memberi efek hati yang gembira. Warna ungu menciptakan suasana hati yang dalam dan berhubungan dengan kekayaan juga tradisi. Ditambah, ada kesan mewah pada warna ungu.

3. Biru tua
Biru tua bisa membuat suasana rumah terasa hangat. Memilih warna yang mencolok adalah cara sempurna untuk mendekorasi ruang tamu di rumah. “Biru tua cenderung memiliki hubungan dengan kepercayaan,” kata Harrington.
Sementara itu, Craig bilang warna-warna berani baik untuk menambahkan efek dramatis, serta menciptakan suasana yang hangat dan anggun.

Saran Redaksi : Harga Aquaproof

4. Hijau pucat
Hijau pucat atau pale green sangat menenangkan. Ini karena memberikan nuansa yang sama dengan alam. Seperti biru, hijau dikenal karena suasananya yang damai dan netral, demikian kata Harrington.

“Hijau pucat sangat berkaitan dengan alam. Itulah mengapa warna hijau pucat adalah warna yang ideal untuk ruang yang membutuhkan ketenangan. Bunda bisa aplikasikan warna ini di kamar mandi utama,” tuturnya.

5. Putih
Ruangan berwarna putih membuat ruangan terasa bersih dan segar. Putih adalah warna netral yang ideal untuk ruangan-ruangan kecil seperti kamar. Namun, jika tembok sudah putih, jangan sampai perabot lainnya juga didominasi warna putih. Tambahkan furnitur dengan warna supaya enggak membosankan