Salah satu bahan bangunan atau bahan furnitur yang paling sering ditemukan adalah Tripleks ada yang terbuat dari kayu dan melamin. Kamu pasti sudah sering mendengar soal tripleks kayu, tapi bagaimana dengan tripleks melamin?
Tripleks melamin adalah material yang biasanya digunakan pada furnitur rumah tangga seperti lemari, laci, dan beberapa kitchen set. Tripleks melamin pada dasarnya adalah plywood yang menggunakan polyester dan melamin. Standar ketebalan dari tripleks ini adalah 2 mm, 3 mm, dan 9 mm.
Ada banyak alasan yang bisa membuatmu mempertimbangkan dan menggunakan tripleks melamin untuk kebutuhan furnitur rumah tangga. Inilah beberapa di antaranya!

Baca Juga : Harga Triplek Melamin

1. Harga tripleks melamin cukup terjangkau
Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh tripleks melamin, ternyata harganya masih cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal dibandingkan dengan tripleks lainnya. Kisaran harganya ada pada 66 ribu hingga 250 ribu rupiah tergantung pada ukuran dan ketebalannya.

2. Tripleks melamin memiliki permukaan yang halus
Jika dilihat dari fisikinya, tripleks melamin memiliki lapisan permukaan yang halus dan licin dan berbeda dari tripleks kayu yang kasar serta memiliki serat. Karena permukaannya yang halus, tripleks melamin lebih mudah dibersihkan ketika terkena noda.
Kamu bisa mengelapnya menggunakan tekstil dapur basah tanpa perlu khawatir lembaran kayunya akan lembap dan mudah rapuh. Tripleks ini cocok untuk diletakkan di dapur yang mudah kotor.

3. Warna tripleks melamin terbilang cukup awet
Permukaan halus yang dimiliki oleh tripleks melamin juga membuat proses finishing menjadi lebih mudah. Pemberian warna pun akan terlihat sangat rapi karena tidak ada rongga-rongga cat. Hasilnya, warna pada tripleks melamin bisa bertahan hingga hitungan tahun.

4. Proses penggunaan tripleks melamin tidak rumit
Pada saat menggunakan tripleks kayu biasa, kamu harus mendempul dan mengamplas permukaan dan pinggirannya terlebih dahulu. Hal ini cenderung membuang waktu dan tenaga. Lain halnya dengan penggunaan tripleks melamin yang tidak rumit karena tidak perlu mendempul atau mengamplasnya lagi.

5. Tripleks melamin tidak mudah lapuk
Dibandingkan dengan ketahanan tripleks kayu, tripleks melamin tidak akan mudah lapuk. Hal ini berkat proses pembuatannya yang menggunakan plywood lalu kemudian dilapisi melamin. Rongga dan serat kayu tertutup rapat sehingga rayap sulit menembus, perubahan cuaca pun tidak akan memiliki dampak yang begitu besar terhadap tripleks melamin.

Saran Redaksi : Akrilik

6. Tripleks melamin tersedia dalam aneka warna
Tripleks kayu hanya memiliki satu warna, yaitu warna kayu itu sendiri. Jarang ada yang melapisinya dengan cat lagi karena hasilnya tidak terlihat bagus (berongga). Tripleks melamin tersedia dalam aneka pilihan warna seperti putih, hijau muda, biru muda, krem, dan merah muda. Dengan banyaknya pilihan warna, kamu bisa menyesuaikannya sesuai seleramu.

7. Tripleks melamin juga multifungsi
Biasanya tripleks melamin digunakan sebagai pelapis bagian dalam atau belakang lemari dan laci. Permukaannya yang halus juga bisa dimanfaatkan sebagai whiteboard di sepanjang dinding. Jika ada anak kecil di rumah, mereka bisa dan menggambar dan berkreasi di sini. Para orang tua pun tidak perlu khawatir kalau rumah akan menjadi kotor karena tripleks melamin mudah dibersihkan.
Ternyata ada banyak alasan untuk mempertimbangkan penggunaan tripleks melamin di rumah, ya. Tertarik menggunakan tripleks melamin?