beberapa orang suka pada burung murai batu karena 3 hal, yaitu : gampang menyesuaikan, penyabar serta kompetitor dan jinak hingga beberapa orang akan merasakan gampang untuk merawatnya. namun bila salah perawatan bisa menjadi tidak baik buat keadaan si murai batu itu. tetapi di sini anda tak perlu cemas, sebab kita akan mengulas tentang panduan atau langkah menjaga murai batu secara baik.

1. jika burung dlm kondisi sehat

burung murai batu yakni tipe burung yang memiliki tiga kondisi. yaitu, dlm kondisi sehat, saat nafsu birahinya mencapai puncak, serta saat drop. jika burung murai batu dlm kondisi sehat, karena itu langkah merawatnya yang awal ditangani yakni angin-anginkannya semenjak pagi, misalnya ditangani di teras rumah. jangan sampai terlalu lama mengangin-anginkannya, kira-kira sepanjang 1/2 jam saja.

Baca artikel : suara murai batu

setelah diangin-anginkan, mandikanlah burung murai batu anda. waktu memandikannya, bisa ditangani dengan menyemprot bersamaan dengan sangkarnya atau burungnya saja. itu tergantung pada apa yang anda pilih sendiri.

jangan sampai lupa utk selalu ubah pakannya, maksimal dua hari sekali. taruhlah dlm toples serta letakkan di dalam sangkarnya. selalu membersihkan sangkarnya. bisa lebih baik, jika ditangani masing-masing hari. juga bisa ditambah lagi makanan lain yang bisa membuat suara dari burung murai batu jadi makin bagus .

jika pingin menjemurnya, kerjakanlah antara jam 8 s/d jam 11. selama menjemurnya, jangan sampai dahulu burung murai batu anda didekatkan dengan burung murai batu lainnya. jika sudah dijemur, angin-anginkanlah sesaat kira-kira 10 menit. baru setelah itu bungkus sangkarnya kembali.

selama burung di dalam bungkusan, coba utk terus membunyikan suara burung murai batu dari mp3 atau dlm bentuk rekaman lainnya. anda bisa download suara burung murai batu melalui internet.

di sore hari, jika anda rajin karena itu bolehlah utk memandikan burung murai batu kembali. setelah diangin-anginkan kurang lebih 10 menit, lalu masukan ke dlm sangkarnya serta bungkus kembali. lalu dengarkan kembali rekaman suara dari burung murai batu. suara rekaman berikut yang mana akan membuat bisa memiliki suara yang benar-benar merdu.

2. saat nafsunya mencapai puncak

burung murai batu terhitung tipe burung yang memiliki nafsu birahi yang besar. jika tengah mencapai puncak, dia memiliki pertanda. salah satunya, kelihatan demikian agresif perilakunya, sangkar seringkali di patuk-patuknya, serta bulu sayapnya seringkali turun. jika keadaannya seperti ini, karena itu bagian pakannya dikurangi jadi 1/2 serta usahakan sering memandikannya. lalu berikanlah makan 2 ekor cacing 2 x 1 minggu. lalu, diembunkan masing-masing pagi serta waktu penjemurannya dikurangi.

3. saat dalam kondisi drop

jika dlm kondisi drop, karena itu yang benar-benar penting ditangani yakni memberikannya makan jangkrik, kelabang serta mandinya dikurangi jadi 1 hari sekali saja. jika dlm kondisi drop seperti ini, usahakan jangan sudah sempat dia bertemu serta lihat burung murai batu lain. ditambahkan, jangan sudah sempat dia dengarkan suara burung murai batu yang sehat.

Ulasan lain: harga murai batu

nah, seperti berikut langkah perawatan burung murai batu yang memiliki suara merdu serta selalu dicari oleh sebagian orang. merawatnya memang tidak sulit, tetapi harus tekun.

Tags: , ,