Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan beberapa tujuan wisata super prioritas, diantaranya Labuan Bajo. Untuk memberi dukungan tujuan wisata ini, beberapa infrastruktur akan dibuat.

474

Kepala Kantor Daerah Direktorat Jenderal Daftar Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Lidya Kurniawati Christyana menjelaskan, pembangunan infrastruktur untuk memberi dukungan tujuan wisata ini telah dikerjakan semenjak tahun 2017. Mengenai yang dibuat seperti jalan akses Lapangan terbang Komodo ke Labuan Bajo dengan budget Rp 27,9 miliar.

Baca Juga : Biaya Kuliah UNSYIAH

“Pembangunan jalan akses Lapangan terbang Komodo tahun 2017 kelanjutan sebenarnya yang sampai saat ini diteruskan itu Rp 27,9 miliar,” tuturnya di Labuan Bajo, Jumat (15/11/2019).

Seterusnya, ada preservasi rehabilitasi jalan dari Labuan Bajo ke arah Ruteng dengan budget Rp 9,8 miliar. Pembangunan dikerjakan sebab Ruteng menaruh kekuatan pariwisata, tetapi akses ke arah kesana riskan longsor.

Selanjutnya, yang dibuat di 2018 salah satunya dermaga di Padar serta Pink Beach. Dan meneruskan pembangunan jalan akses Lapangan terbang Komodo dengan budget Rp 46,1 miliar.

Di tahun 2019, beberapa project untuk memberi dukungan pariwisata dibuat yaitu pembangunan jalan nasional Labuan Bajo-Malwatar dengan budget Rp 13,4 miliar, jalan Labuan Bajo-Terang- Pelabuhan Bari I Rp 19,5 miliar, serta Labuan Bajo-Terang-Pelabuhan Bari II Rp
23,9 miliar.

Diluar itu, ada pula peningkatan pelabuhan berbentuk reklamasi terminal penumpang Rp 14,5 miliar serta sarana pelabuhan Labuan Bajo dengan budget Rp 11,7 miliar.

Baca Juga : Universitas Syiah Kuala

“Reklamasi terminal penumpang alokasinya 2019 Rp 14,5 miliar untuk terminal penumpang serta sarana pelabuhan Rp 11,7 miliar,” tuturnya.

Di tahun kedepan, ada beberapa alokasi untuk memberi dukungan pariwisata prioritas seperti alokasi Rp 214,24 miliar untuk satker bandar udara Komodo dan berbelanja modal jalan serta jembatan Rp 507,62 miliar.

“(Alokasi) Masih kelanjutan, sifatnya kelanjutan spesial lumayan tinggi Lapangan terbang Komodo 2020 Rp 214 miliar,” tutupnya.