Di zaman serba digital sekarang, ada kecenderungan di mana orang mulai meninggalkan CD dan mengunduhnya secara digital. Apalagi sekarang ini bentuk digital sudah semakin praktis, dengan adanya Harddisk berkapasitas besar dan Flash disk yang memungkinkan orang-orang menyimpan ratusan hingga ribuan lagu di dalamnya, sebuah kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan Compact Disc biasa.

Nyatanya, masih ada yang membeli format ini. Beberapa tahun yang lalu, Compact Disc merupakan solusi praktis karena tak semua orang mempunyai kapasitas internet bagus untuk mengunduh musik yang diinginkan, belum lagi adanya DRM untuk file digital resmi yang sangat membatasi. Wajar saja jika banyak yang membeli format fisik ini, lantaran praktis, ringan, dan mempunyai kualitas suara yang lebih baik. Harganya juga terjangkau, dan setiap rumah mempunyai player yang bisa memutarnya.

Tapi apakah alasan itu masih berlaku di zaman sekarang? Tak bisa dipungkiri, CD memang mengalami penurunan popularitas yang cukup drastis. Tetapi ini bukan alasan untuk Anda membuang koleksi disc Anda ataupun menjual kembali player yang Anda miliki. Seperti juga vinyl disc yang mulai populer kembali, selalu ada pasar niche sendiri untuk musik yang dibuat dan didistribusikan dengan format seperti ini. Apa saja alasan yang membuat Compact Disc masih menjadi pilihan banyak orang? Ini dia:

  • Kualitas suara

Sekarang ini standar untuk MP3 adalah 320kbit, hampir setara dengan kualitas suara Compact Disc. Namun kebanyakan situs penyedia musik, seperti iTunes dan Amazon, masih mengompres musik-musik digital yang dijual, membuat kualitas suara menurun drastis. Bagi yang menyukai suara jernih di sound system mereka , hal ini tentu sangat menjengkelkan.

  • Mendengarkan di mobil

Mayoritas mobil sekarang masih mempunyai player untuk Compact Disc. Gampang digunakan dan Anda bisa langsung memainkannya.

  • Packaging

Album art, cover, booklet, dan bonus-bonus lainnya membuat format ini menjadi collector item yang berharga.

  • Teknologi lama masih eksis

Banyak rumah masih menggunakan teknologi lama, dan itu berarti player untuk Compact Disc juga masih digunakan sampai sekarang. Untuk orang-orang tua, ini proses yang lebih mudah daripada mengunduh musik digital.

  • Harga satu album lebih murah

Selain proses pembelian yang lebih sederhana daripada mengunduh file digital dan memindahkannya ke ponsel atau USB stick, harga Compact Disc untuk satu album utuh lebih murah daripada membeli lagu satu per satu.

Kesimpulannya, banyak faktor kenapa CD merupakan format yang masih bertahan sampai sekarang. Entah itu faktor sentimental atau nostalgia, koleksi, ataupun karena kualitas suara di dalamnya, untuk beberapa tahun terakhir ini, Compact Disc masih akan terus eksis. Mungkin nantinya, ketika musik digital sudah lebih berkualitas dan sambungan internet lebih baik, barulah format fisik seperti ini ditinggalkan.

Tags: