Pemahaman
Teks naratif yakni esai yg memastikan atau mengatakan satu moment atau moment berdasar pada seri waktu. Moment dalam teks naratif sebetulnya dapat berlangsung atau cuma jadi fantasi.

Apa Anda mulai memikirkan arti teks naratif? Teks naratif tidak sekedar datang dari moment riil, namun dapat juga datang dari narasi imajiner atau imajiner seperti novel, novel, narasi, drama serta biografi.

Model teks naratif
Dibawah ini yakni keterangan dari teks naratif :

Simak Juga : teks eksposisi

1. Teks Expositorium
Teks keterangan yakni sisi naratif yg mempunyai tujuan buat memberi kabar yg tepat perihal satu moment atau moment, dengan maksud memperluas kata hati serta pengetahuan orang perihal histori satu orang.

2. Teks naratif sugestif
Teks naratif sugestif yakni cerita yg bertujuan buat layani maksud spesifik atau memberikan pesan tersembunyi pada pembaca atau pendengarnya. Jadi kayaknya pembaca serta pendengar bisa memandang serta jelas apa punya arti.

Dibawah ini yakni keterangan perihal sifat-sifat teks naratif :

Teks naratif terdiri dalam tiga unsur khusus, ialah angka, waktu serta moment.
Teks naratif yakni fiksi serta non-fiksi.
Teks naratif berisi narasi, narasi, moment serta moment.
Teks naratif mesti memberikan kabar atau pengalaman yg gak terabaikan pada pembaca atau pendengar.

Contoh teks eksposisi naratif
4 Juli 1927, Ir. Soekarno dirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan maksud kemerdekaan Indonesia. Memang, pada tanggal 29 Desember 1929, dia dibawa ke penjara Sukamiskin di Bandung oleh Belanda hingga sampai tanggal 31 Desember 1931.

Ia diberhentikan serta masuk dengan Partindo, namun buat ke-2 kalinya Ir. Soekarno diamankan serta dibuang pada tahun 1933 sehabis berakhirnya, Flores. Dia selanjutnya dipindahkan ke Bengkulu.

Sehabis perjuangan yg panjang, dia serta Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Artikel Terkait : contoh teks eksposisi

Contoh teks naratif pendek
Arya pergi ke pasar dengan sepedanya sewaktu ia datang di pasar, beli kebutuhannya dengan ayahnya yg sakit. Sehabis semua benda sudah dibeli, dia pulang dengan sepedanya serta selekasnya pergi ke tempat tinggalnya, yg cuma berwujud gubuk kecil dipinggir sungai.

Catatan : contoh diatas yakni acara Arya yg pergi ke pasar buat cari nafkah dan selanjutnya pulang. Ke-tiga moment ini berurutan buat membuat urutan.

Ini yakni diskusi singkat perihal arti teks naratif, model teks naratif, ciri teks naratif, serta contoh teks naratif pendek. Saya berharap Anda bisa berperan pada kata hati Anda.

Contoh teks naratif sugestif
Berkelahi saat pagi buta
Kala itu, matahari belum muncul dari kombinasi, ayam bahkan juga belum kerjakan pekerjaannya. Namun Tuan Raden sudah tinggalkan rumah tinggalnya. Kulitnya berkerut serta tipis seakan-akan ia tidak kerja pada angin pagi yg coba membekukan kulitnya.

Tangannya yg kuat bawa kapak di tangan kirinya, sesaat hadiah yg besar ada pada tangan kanannya.

Sewaktu ia beranjak sawah dengan kakinya, ia mendadak berhenti pada tangisan bayi kecil itu, yg selanjutnya mengakibatkan kerusakan kesunyian. Dengan ketakutan, Tuan Raden cari sumber jeritan itu.

Terperanjat, Tuan Raden memandang seseorang yg sangatlah kecil serta cantik berbaring dibawah pohon beringin besar.

Sewaktu ia coba mengusung bayi itu, mendadak seekor harimau lumayan besar buat menyerangnya.

Namun Pak Raden dengan tangkas menghindarkan harimau. Nyatanya air mata bayi itu pula terdengar seperti harimau. Serta kayaknya harimau itu kelaparan.

Harimau itu tetap memandang anak itu. Sewaktu ia memandang harimau itu, Pak Raden mengusahakan mencegah dari harimau itu dengan cangkulnya.

Namun harimau kembali buat berhadapan. Ia kembali buat menyerang Tuan Raden serta sukses menyakiti Tuan Raden. Ia jatuh ke tanah serta dihimpit, sebab harimau itu mau mulai lari ke arahnya , Tuan Raden ambil kapaknya di dekat tubuhnya.

Menyebabkan, Pak Raden sukses taklukkan harimau dengan cangkulnya, yg menyerang perut harimau hingga sampai harimau itu mati.

Sehabis sukses membunuh harimau itu, Pak Raden membesarkan anak itu serta membawanya pulang buat menjaga putranya.

Contoh teks eksposisi naratif
Pada 10 November 1945, suatu pergerakan perlawanan dari beberapa orang Surabaya pecah, buat mengusir penjajah Belanda serta sekutu mereka dengan cara teristimewa buat lokasi Surabaya di negara itu.

Perang ini dibuat dari kemarahan tentara Inggris sebab satu diantara pemimpinnya, Brigadir Jenderal Mallaby, terbunuh. Sehabis kematian pemimpin mereka, Inggris serta sekutunya memberi semua pejuang Surabaya suatu ancaman buat menyerah selekasnya.

Bukannya menyerah, ancaman dipandang seperti penghinaan oleh banyak pejuang serta beberapa orang Surabaya. Mereka membuat perjuangan milisi buat hadapi Inggris, yg meneror akan menyerang.

Jelas kalau ancamannya tidak diterima, Inggris serta sekutunya sangatlah berang. Pada 10 November, mereka memperlancarkan serangan besar di laut, udara serta darat, mengerahkan seputar 30. 000 infantri.

Beberapa pesawat, tank serta kapal perang ditempatkan ke Surabaya. Kota Surabaya serius terserang oleh Sekutu. Mereka membom gedung-gedung pemerintah serta membunuh semua parang prajurit yg turut serta.

Moment kala itu mengerikan, pembunuhan ada dimana saja serta bikin banyak pejuang bahkan juga lebih putus harapan. Ide buat menyisihkan kota Surabaya dalam tiga hari sangatlah mengiris hati di luar semua angan-angan.

Semua pejuang serta beberapa orang Surabaya turun ke jalan buat berhadapan. Semangat banyak pejuang Surabaya kala itu sangatlah membara. Ini sebab timbulnya seseorang pemuda bernama Bung Tomo.

Kala itu Bung Tomo memberi pidato berani pada orang Surabaya buat membakar semangat juang yg mereka punya hingga sampai mati.

Perlawanan Surabaya terjadi seputar 3 minggu serta dimenangi oleh Sekutu, biarpun kota Surabaya sudah jatuh ke tangan Sekutu.