Playpen atau umum dimaksud sebagai ruang penjaga anak (box bayi) telah tidak asing sekali lagi sekarang ini. Furniture ini jadi buruan untuk beberapa orangtua, terlebih mereka yang mempunyai anak umur 0-2 th..

Playpen melindungi supaya anak tetaplah aman saat orangtua mesti beraktivitas beda seperti memasak, membereskan tempat tinggal, mandi, serta semuanya aktivitas beda yang mengharuskan mereka melepas anak mereka sendiri.

Type playpen juga beragam. Ada yang terbuat dari kayu, tetapi ada pula yang terbuat dari plastik. Baik material kayu ataupun plastik mempunyai tawaran harga yang berlainan tidak tebal.

Bila dilihat dari marketplace on-line, harga untuk playpen beragam material sekitar Rp1, 5 juta – Rp1, 8 juta. Berbeda dengan toren air.

Usaha penitipan anak (daycare) juga sering mendesain ruang penitipan dengan mirip playpen memiliki ukuran luas.

Bambang Purnama, guru SMP YPPSB Sumedang, memberi ide buat playpen sendiri, memakai pipa pvc.

baca juga : harga kabel listrik

Pada akun Facebook kepunyaannya, Bambang menuturkan step untuk step pembuatan yang telah diapresiasi oleh beberapa followernya.

Kesempatan ini Tempat tinggal. com juga akan merangkum step untuk step langkah buat playpen yang di inspirasi dari inspirasi menari Bambang.

Playpen kesempatan ini juga akan direncanakan memiliki ukuran 200cm x 200cm x 60cm. Alat serta bahan yang dibutuhkan diantaranya :
– 60 batang pipa PVC ukuran 3/4 inchi dengan panjang 60cm.
– 8 buah sambungan siku ukuran 3/4 inchi.
– 120 buah sambungan I ukuran 3/4 inci.
– 112 buah pipa ukuran 3/4 inci dengan panjang 8cm
– 8 buah pipa ukuran 3/4 inci dengan panjang 6cm.
– Palu
– Gergaji
– serta penggaris.

Langkah merakit :
Bentuk yang akan di buat berbentuk persegi panjang dengan susunan sisi siku-pipa 6cm-Pipa T-Pipa 8cm-Pipa T-Pipa 60cm-Pipa T, dan sebagainya. Sampai tiap-tiap akhir rangkaian disudahi memakai pipa memiliki ukuran 6cm yang nanti dikaitkan dengan siku.

“Setelah ke-4 bagian usai dirangkai (15 batang pipa untuk tiap-tiap bagian), padukan keempatnya dengan memakai elbow/sambungan siku. Lantas jam perlahan dengan palu supaya pipa sambungan tidak tampak, serta elbow (siku) melekat dengan sambungan pipa T, ” kata Bambang.

Lalu, jika semuanya rangakian tersambung, jam dengan palu untuk mengoptimalkan kemampuan sambungan.