Rumah kokoh tidaknya di tentukan oleh bahan bangunan yang di gunakan, apakah mampu tahan lama atau sebaliknya. Ada banyak pilihan bahan bangunan yang biasa di gunakan untuk membangun sebuah rumah, contohnya batako semen.

Batako semen atau batako press yang ada di pasaran umumnya menggunakan bahan dasar semen di campur dengan batu pasir kasar yang di cetak menggunakan mesin press. Material batako mempunyai kekurangan soal kekuatan jika di bandingkan dengan batu bata merah dalam hal isi.

Baca Juga: ukuran paving block

Maksudnya jika batu bata merah tidak ada rongga di dalamnya, namun batako ada rongga di dalamnya. Sehingga ketika di aplikasikan dalam sebuah bangunan misalnya untuk dinding batako cenderung kurang kuat, karena rongga yang di miliki batako.

Satu hal lagi kekurangan penggunaan batako untuk dinding yaitu bahan dasar batako adalah semen sehingga ketika batako di jadikan sebagai dinding cenderung lebih panas atau kurang bisa menyerap panas ketika terjadi terik matahari dan menjadikan ruang yang dindingnya terbuat dari batako akan panas atau gerah.

Kelebihan Batako Semen /Batako Press
Kelebihan yang dimiliki dari penggunaan material batako, karena bentuknya yang rata dan halus, ketika dipasang (diikat) oleh seorang tukang yang rapi, tentu tidak di perlukan dinding untuk di plester, sehingga ada penghematan biaya untuk plester.

Menggunakan material bangunan rumah dengan batako semen PC atau Batako press didalam pengerjaan lebih cepat, karena bentuk material yang cenderung seragam, sehingga mudah dalam proses pengerjaan.

Karena bentuk batako press yang cukup besar jika di banding dengan batu bata merah, memberikan nilai plus dalam proses pengerjaan lebih murah, jika di banding dengan material batu bata merah yang ukurannya cenderung lebih kecil.

Artikel Terkait: ukuran bata merah

Material batako semen PC/Batako Press lebih cenderung kedap air, sehingga ketika di jadikan dinding tidak berpotensi ada rembasan air atau bocor.