Di Indonesia saat ini yang menjadi salah satu tren donasi yaitu wakaf online. Hal ini Wajar saja terjadi karena saat ini masuk pada zaman dimana teknologi semakin berkembang. Sehingga apapun transaksi yang dilakukan pasti berbasis IT. Sebelum adanya layanan wakaf online, kebanyakan orang lebih dulu mengenal sedekah online dan zakat online. Apapun yang berbau online memang memiliki keuntungan dan kekurangan tersendiri.

Inilah Plus Minus dari Waqaf Online

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan menggunakan wakaf online, aelain cepat untuk dilakukan transaksi wakaf online ini juga bisa membantu wakif untuk lebih mudah dalam melaksanakan wakaf. Sehingga tidak perlu lagi membuang waktu dan tenaga untuk mengantri. Bahkan kini sudah tersedia aplikasi wakaf online yang berbasis Android, sehingga Anda bisa membayar wakaf lebih cepat kapan saja dan dimana saja. Nah, sebelum anda memutuskan untuk membayar wakaf online ketahui plus minus dari wakaf online berikut ini.

Keuntungan Menggunakan Waqaf Online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan wakaf online. Sebagaimana berikut ini keuntungan keuntungan yang bisa anda dapatkan:

• Untuk melakukan pembayaran wakaf secara online, pewakaf bisa langsung membuka HP dan mengikuti instruksi yang telah disediakan pada aplikasi wakaf online. Proses wakaf online bisa terlaksana hanya dalam hitungan detik.

• Menggunakan wakaf online sistem pembayarannya akan sangat mudah, karena bisa dilakukan melalui ATM atau Mobile Banking. Sehingga pemberi wakaf tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk datang ke kantor pelayanan wakaf.

• Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan yaitu wakaf online bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan layanan ini sangat cepat diakses karena sudah menggunakan teknologi yang modern.

• Pembayaran wakaf online sangat cocok dilakukan oleh seseorang yang sibuk bekerja dan sedikit memiliki waktu luang. Karena wakaf online ini menyediakan kemudahan fasilitas serta informasi yang lengkap.

• Wakaf online bisa dibilang lebih hemat baik itu hemat dalam segi biaya maupun hemat waktu. Dengan membayar secara online anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi, bahkan membayar wakaf secara online bisa dilakukan secara gratis serta bisa dilakukan dimana saja.

Kekurangan Waqaf Online

Meski memiliki banyak keuntungan, namun wakaf online ini juga memiliki banyak kekurangan serta memiliki beberapa masalah yang perlu dicermati. Hntuk itu sebelum anda memutuskan untuk membayar wakaf online, simak beberapa kekurangan dari wakaf online berikut ini.

• kekurangan yang terletak pada wakaf online yaitu mengenai tertib administrasi nya. Karena aplikasi waqaf online ini perlu di cermati ijin operasionalnya di BWI atau Badan Wakaf Indonesia. Jika lembaga tersebut sudah terdaftar, maka aman untuk digunakan. Selain perihal perijinan, format formulir wakaf juga sering menjadi permasalahan.
•Pendaftaran wakaf yang menjadi rancu, karena jika biasanya pendaftaran wakaf secara manual langsung datang ke KUA. Karena syarat administrasi wakaf online tidak terpenuhi.
•Kekurangan dalam penggunaan wakaf online yaitu ikrar wakaf atau sebuah pernyataan wakif untuk menyerahkan wakaf kepada nadhir. Sesuai dengan kebiasaan yang berlaku, ikrar di ucapkan secara langsubg antara wakif dan nadhir. Namun jika wakaf secara online, tentu saja hal tersebut tidak terpenuhi. Karena jika dilakukan secara online, maka ikrar yang dilakukan hanya sebatas pengisian formulir dan di tanda tangani secara elektronik. Namun pada kenyataannya formulir ini tidak seragam dengan lembaga lainnya, sehingga badan wakaf indonesia tidak bisa menonitor.
•Kekurangan dari wakaf online yaitu kepercayaannya yang sulit terdeteksi. Karena harta yang dikeluarkan oleh wakif tidak mudah terdeteksi oleh nadhir. Berbeda jika wakaf dilakukan secara langsung, maka akan lebih mudah untuk berkomunikasi langsung.

Bahkan jika harta tidak bisa dikelola dengan baik oleh nadhir, maka wakif bisa mengusulkan penggantian wakif. Wakaf secara online membuat komunikasi antara wakif dan nadhir menjadi terbatas, sehingga bisa lebih mudah munculnya harta yang disalahgunakan.
Itulah ulasan mengenai plus minus wakaf online. Karena pada dasarnya apapun yang dilakukan secara online, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung bagaiman cara kita untuk menyikapinya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan wakaf online.