Penentuan Indukan Burung Cucak Ijo

Trik yang pertama yang perlu kita buat persiapan untuk beternak cucak ijo di dalam rumah ialah kita mesti teliti menentukan indukan cucak hijau yang berkualitas bagus. Indukan yang berkualitas bagus bakal beresiko positif bagia anda lantaran bisa membuahkan keturunan/anakan yang berkualitas juga. Dalam menentukan indukan cucak hijau, baca tip-tips dibawah ini :

Indukan cucak ijo jantan berumur di atas 2 tahun.
Indukan cucak ijo betina berumur di atas 1 tahun.
Situasi kesehatan cucak ijo mesti bagus.
Indukan mesti gesit.
Gacor/rajin berkicau untuk cucak ijo jantan.
Tak cacat fisik.
Miliki tubuh yang selaras (besar serta panjang) .

Baca juga: suara cucak ijo

Proses Penjodohan Burung Cucak Ijo

Sehabis kita tuntas menentukan indukan jantan serta betina cucak ijo yang bagus serta berkualitas, sesudah itu proses penjodohan indukan. Dalam menjodohkan cucak hijau, ada sejumlah kesukaran terlebih sukarnya membuat jantan serta betina berjodoh. Untuk menangani itu, dibawah ini kami beri teknik serta tehnik menjodohkan indukan cucak hijau :
Masukan indukan cucak hijau jantan dalam sangkar ke kandang.
Lantas masukan indukan cuak hijau betina dalam sangkar ke kandang.
Dekatkan ke dua indukan akan tetapi tidak sama sangkar.
Nantikan reaksi ke dua indukan kacer itu apa telah tampil rukun atau belum.
Anda dapat memanfaatkan sekat/papan pada sangkar jantan serta betina.
Untuk jelas telah jodoh atau belum anda tinggal buka sekat.
Beberapa ciri indukan cucak hijau telah rukun ialah cucak hijau jantan terus berkicau sembari mendekat ke betina, serta si betina memberi respon dengan turun ke basic sangkar sembari berkicau unik cucak hijau betina/ngepler-ngepler.
Kalaupun belum jodoh, umumnya betina bakal menghindar serta cuek pada cucak hijau jantan.

3. Kandang Penangkaran serta Sarang Burung Cucak Ijo

Untuk kandang penangkaran/peternakan cucak ijo tidak sama dengan kandang hariannya. Kala beternak cucak hijau anda butuh kandang yang lebih luas serta nyaman biar CI jantan serta betina cepat kawin serta bertelur, semisalnya

Tinggi kandang 2, 5 mtr..
Lebar kandang 3 mtr..
Di kandang di taruh pohon pohon yang lebat seperti pohon belimbing, sawo, mangga, atau pohon lain yang lebat.
Sajikan tempat pakan
Sajikan tempat minum
Sajikan karamba atau tempat mandi
Sajikan tangkringan
Sarang dapat memanfaatkan batok kelapa yang dibelah.

Untuk beberapa bahan membuat sarang cucak ijo, anda cukup memanfaatkan daun cemara/pinus atau bisa pula dengan merang. Sejumlah di taruh di kotak/gelodok untuk merangsang cucak ijosegera membuat sarang, sejumlah di taruh di basic kandang.

artikel referensi: harga cucak ijo

Pakan Burung Cucak Ijo

Untuk beternak cucak ijo butuh pakan yang tak seperti perawatan harian lantaran keperluan bakal nutrisi jelas lebih beberapa dari umumnya. Pakan kala penangkaran mesti lebih beberapa dari hari biasa, seperti voer, cacing, serangga, serta buah-buahan. Yang penting ialah konsumsi gizi untuk indukan cucak ijo sebaiknya imbang serta ingat untuk memberikannya multivitamin di air minumnya.

Periode Pengeraman Burung Cucak Ijo

Dalam periode pengeraman, indukan cucak ijo butuh kenyamanan serta ketenangan di kandang serta lebih kurang kandang. Yakinkan tak ada problem tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman cucak ijo lebih kurang 14 hari (2 minggu) , serta daya tetas telur bergantung dari keadaan situasi serta betina tersebut. Jadi usul, ketika periode mengeram kurangilah memberikannya EF lantaran bisa membuat cucak hijau agresif serta birahi tinggi serta bakal beresiko jelek pada telur yang dierami. Sebelum telur menetas (lebih kurang 2 hari sebelum menetas) perbanyaklah berikan EF serta ingat sajikan kroto. Biarlah indukan cucak ijo berikan makan anakannya dengan koroto, lantaran kroto baik untuk anakan cucak ijo yang baru menetas.

Tags: , ,