Polres Metro Tangerang Selatan tangkap 4 aktor pembobolan mesin ATM berisi uang Rp 700 juta dalam suatu minimarket di Tangerang Selatan. Aktor berlaga sesudah memonitor keadaan minimarket itu sepanjang 3 hari.

784

Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan, AKP Muharam Wibisono menjelaskan masalah pencurian itu berlangsung pada (6/12/2019) pada pagi hari dalam suatu minimarket di Jalan Raya Pondok Kacang RT 03/03 Pondok Aren, Tangsel. Barisan ini terbagi dalam Alan, Ronal, Ivan serta Ryan

“Hasil penyelidikan didapatkan info jika beberapa aktor mengaku sudah lakukan pencurian jebol di toko Indomaret Pondok Kacang,” kata Muharam dalam infonya pada wartawan, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga : Biaya Kuliah UNTIDAR

Bukan sekedar menjebol uang, beberapa aktor sempat juga ambil beberapa barang yang di jual di mini market itu. Beberapa aktor berlaga sesudah memonitor keadaan minimarket sepanjang 3 hari.

“Pencurian berawal waktu 4 aktor bergabung di kontrakan terduga Ivan untuk lakukan pencurian. Awalnya sepanjang 3 hari beruntun aktor Alan, Ronald serta Ryan memeriksa tempat yang bisa menjadi target pencurian,” papar Muharam.

Waktu survey, beberapa aktor sempat masuk ke minimarket serta memeriksa mesin ATM disana. Seputar jam 01.30 WIB, beberapa aktor dengan memakai 2 sepeda motor langsung berjalan ke arah tempat.

Aktor masuk ke minimarket dengan mengakibatkan kerusakan pintu minimarket. Mereka selanjutnya mengakibatkan kerusakan mesin ATM serta bawa beberapa uang memakai tas. Tindakan komplotan ini dipergoki oleh masyarakat seputar.

“Sesudah sukses ambil uang, Alan tertangkap masyarakat serta Ronal masih bersembunyi di sekitaran pemukiman masyarakat, selanjutnya tas berisi hasil kejahatan di menyembunyikan oleh Ronal di seputar TKP dengan terpal,” kata Muharam.

Baca Juga : Universitas Tidar Magelang

Singkat kata, pada esok harinya, terduga Ronal hadir ke seputar TKP untuk ambil tas berisi uang itu. Tetapi, tas berisi uang telah diketemukan oleh masyarakat terlebih dulu serta diberikan ke polisi. Ronal selanjutnya sukses ditangkap polisi sebab kelihatan meresahkan waktu ada di seputar TKP.

“Pada terduga Ivan Ryan sukses ditangkap sesudah terduga lain tertangkap,” jelas Muharam.

Muharam menyebutkan komplotan ini telah berlaga berkali-kali menjebol mesin ATM. Beberapa terduga dipakai Klausal 363 KUHP dengan intimidasi hukuman 7 tahun penjara.

“Hasil dari penyelidikan didapat info jika terduga Alan serta Ronal sudah seringkali lakukan pencurian di minimarket, baik ambil beberapa barang yang berada di dalamnya atau jebol ATM,” pungkas Muharam.