Sahabat burung sudah pernah alami burung kicauan kecintaannya terlepas dari sangkar? Apa sebab lupa tutup sangkar atau sebab terjatuh. Memang tidak bisa dipungkiri susah bersatu dengan rasa jengkel dalam hati tidak tertahankan lihat kandang yang biasanya terisi burung kicauan kecintaan mendadak terbang lenyap tidak tahu ke mana.

baca juga: suara jangkrik

Hal seperti ini sering berjalan dan bisa menerpa sahabat burung sekaligus, tidak cuma meningkatkan ketelitian pada saat ganti pakan burung atau memandikan burung di keramba mandi agar burung kicauan sahabat tidak bergerak pergi tinggalkan sangkarnya.

Nah terus bagaimana tangkap burung kicauan yang terlepas dari sangkar/kandangnya? Berikut langkah yang harus sahabat burung kerjakan:

1. Tangkap Burung dengan Umpan EF

Terus tenang dan jangan sampai cemas! Hal seperti ini akan membikin burung jadi pergi terbang jauh tinggalkan sangkarnya.

Sediakan pakan berupa EF seperti jangkrik dan ulat hongkong, sediakan piring ukuran kecil yang dapat dimasukkan pada sangkar, letakkan ulat hongkong dan dengan jangkrik yang sudah lebih dulu dipotong kaki bagian belakangnya, letakkan pada bagian basic sangkar! Dan bebaskan tangkringan yang ada di sangkar.

Posisikan sangkar burung pada bagian atas, sama dengan atap rumah atau lebih baik bila ada tiang untuk gantungkan sangkar, optimis pintu sangkar terbuka.

artikel lainnya: suara belalang emas

2. Tangkap Burung dengan Kandang Jerat

Sediakan kandang jerat yang umum digunakan pemikat burung untuk menjebak burung liar.

Pada bagian/ruang kandang jerat masukan burung kicauan betina, berguna untuk memancing burung kicauan jantan yang lepas

Tunggu dan perhatikan.

Butuh di ingat, jika burung kicauan yang anda mempunyai dirawat secara baik. Pasti burung itu tidak terbang jauh serta condong akan kembali jika setiap saat terlepas. Berdasar pengalaman pribadi, 2 kali burung jalak suren kami terlepas dari kandang, serta tetap kembali cukup dengan buka kandangnya saja yang didalamnya telah dikasih makanan kegemarannya.