Nyaris tidak ada orang yang selamat dari masalah atau gangguan jerawat, dan paling sering muncul di area wajah. Jerawat merupakan kondisi dimana bagian kulit membengkak dan membentuk bentol baik besar maupun kecil akibat adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Pada dasarnya jerawat bisa muncul secara alami dengan sendirinya dan akan hilang dengan sendirinya pula. Hanya saja karena sering muncul di area yang mudah terlihat banyak yang gemas ingin mempercepat penyembuhan masalah kulit ini.

 

Fakta Menarik Terkait Jerawat

Mengintip 6 Fakta Menarik Terkait Jerawat yang Wajib Dipahami

Meski mengganggu namun sabar menghadapi jerawat adalah kunci untuk membuat kulit mulus kembali. Agar memperlakukan jerawat dengan benar maka kenali beberapa fakta menariknya di bawah ini:

 

  1. Jerawat lebih sering menyerang wanita dewasa,

Masalah jerawat sudah dimulai ketika seseorang menginjak masa remaja, dan uniknya semakin parah ketika sudah dewasa. Namun masalah jerawat ini menurut sebuah penelitian memang terbukti lebih sering dialami perempuan dibanding laki-laki. Maka wajar jika perempuan berusaha mencegah kemunculan jerawat dengan beragam cara dibandingkan pada lawan jenisnya.

 

  1. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan jerawat,

Perlu diketahui bahwa masalah jerawat yang sedang dialami bisa jadi semakin parah ketika terpapar sinar matahari. Meski tidak semua orang mengalami kondisi ini namun seringnya memang demikian. Kondisi akan semakin parah ketika mempergunakan obat jerawat atau tengah menjalani perawatan khusus untuk mengatasi jerawat, misal datang ke klinik. Penggunaan produk dan obat tertentu meningkatkan sensitifitas kulit sehingga jerawat lebih parah ketika terkena sinar matahari.

 

  1. Makeup bisa memperburuk kondisi jerawat,

Bagi wanita makeup adalah sahabat sejati dalam beraktivitas hanya saja kandungan mineral di dalamnya punya efek kurang bagus pada kulit berjerawat. Mineral ini bisa memperparah jerawat bahkan membuat jumlahnya semakin banyak. Maka penting sekali untuk menghentikan penggunaan makeup sementara dulu ketika jerawat muncul. Opsional lainnya adalah mengaplikasikan makeup yang formulanya ramah bagi jerawat, misalnya bedak tabur yang nyaman untuk kulit berjerawat.

 

  1. Kondisi lingkungan bisa memperburuk jerawat yang dialami,

Ketika jerawat muncul maka pada dasarnya kulit perlu lingkungan yang steril, namun untuk mewujudkannya tentu tidak mudah. Pasalnya faktor lingkungan memang sangat mempengaruhi kondisi jerawat, bisa membaik dan bahkan bisa pula kebalikannya. Oleh sebab itu dianjurkan untuk memperhatikan kebersihan minimal di rumah sendiri. Misalnya dengan memastikan tidur di sprei yang bersih, memakai handuk yang bersih, dan lain sebagainya.

 

  1. Kulit berminyak bisa menyebabkan jerawat,

Semua orang tentu tahu bahwa salah satu penyebab jerawat adalah adanya penyumbatan di pori-pori kulit. Selain dipengaruhi oleh faktor genetik dan lain sebagainya, penyumbatan ini ternyata juga bisa karena produksi minyak yang berlebihan. Maka pemilik kulit berminyak cenderung lebih sering berjerawat dibanding pemilik jenis kulit lainnya. Fakta ini membantu pemilik kulit berminyak untuk meminimalisir produksi minyak misalnya dengan menghindari makanan berlemak.

 

  1. Mencuci muka ternyata bisa memperburuk jerawat,

Saat jerawat bermunculan biasanya akan muncul perasaan geli untuk segera memencetnya, namun usahakan tidak melakukan tindakan ini. Sebab dijamin membuat bekas jerawat lebih dalam dan permukaan kulit menjadi tidak rata. Kemudian jangan pula mengatasi rasa geli tersebut dengan mencuci muka terlalu sering sebab malah memicu produksi minyak secara berlebihan. Usai mencuci muka kulit wajah akan seketika kering dan nantinya secara otomatis kulit mulai merangsang pembentukan minyak sehingga jerawat semakin parah.

Tags: ,