Sekian lama ini demikian banyak masukan jika membuat kenari gacor tidak ringan, meski sebenarnya pengagum burung yg satu ini lumayan banyak terlebih di ibukota. Lantaran cukup sukarnya menggacorkan kenari di lapangan lomba, selanjutnya satu orang kicaumania ibukota coba memberi ilmunya mau membuat kenari bisa tampil optimal di gantangan lomba.

Menurut Yadi, yg terutama kita mesti menyadari karakter burung kenari yg kita mempunyai. Seperti kenari yg sekian lama ini dirawat oleh Yadi, sukses membuat banyak prestasi, atas pandangan ciri-ciri serta perawatan teratur yg dijalankannya.

Seperti yg di tuturkan oleh Yadi, tiap-tiap bawa kenari turun ke lapangan lomba, pertama kali Yadi buka kerodong burung terlebih dulu, serta gantungkan burung di kurang lebih lapangan, biar burung bisa tahu lingkungannya terlebih dulu.

Seusai burung mulai mengeluarkan bunyi satu hingga sampai kedua kalinya, baru Yadi bakal memandikan burung itu melalui cara disemprot dengan perlahan-lahan. Seusai bulu burung basah keseluruhannya, baru burung kembali di jemur atau di angin-anginkan. Seusai sekitar 1/2 jam, burung kembali dikerodong untuk menjauhi biar burung tak tiada henti mengeluarkan bunyi.

Dua sesi sebelum Kelas Kenari dimainkan, burung kembali dibuka sesaat, untuk membawa makanan serta extra fooding (EF) dan air minum yg berada pada dalamnya, untuk menghindari burung makan atau minum pada waktu di gantangkan di lomba.

Melalui cara perawatan sesuai ini mendekati lomba, Yadi sudah sukses melambungkan kenari di lapangan lomba, sama dengan gelaran yg berjalan di Kedaung, Ciputat, Tangerang Selatan saat kemarin. Kenari yg sekian lama ini dirawatnya sukses mengambil juara satu di kelas Kenari Bintang.

Yang pasti, dengan melaksanakan perawatan yg simple sesuai ini, keadaan burung di mengharapkan tetap setabil. Serta sekedar utk memperingatkan, jangan sampai melaksanakan penjemuran yg terlalu berlebih pada saat burung bakal digantangkan di lomba, lantaran hal itu bisa memengaruhi perform serta penampilannya di gantangan waktu lomba.

Bagaimana menjadikan burung favorit di perlombaan. Simak ulasannya di suara burung.