Terduga penipuan berkedok TNI gadungan, Sukamdi (45) alias Andi Saputro nyatanya bukan hanya menipu seorang janda berinisial H (47). Nyatanya ada empat orang lain yang menjadi korban tipu daya Sukamdi.

781

“Dari penelusuran hp punya aktor, ada empat orang yang dalam rayuan si aktor, semua dijanjikan untuk dinikahi,” kata Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Riko Sanjaya waktu temu wartawan di Mapolres Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta (DIY), Selasa (21/1/2020).

“(Korban) Kebanyakannya janda,” sambungnya.

Baca Juga : Biaya Kuliah UNPAD

Riko menjelaskan ke empat orang wanita itu tidak terhitung H. Salah satunya yang buat beberapa wanita itu luluh dengan mulut manis pria yang akui berpangkat kapten itu.

“Terus sebelum diamankan tanggal 18 (Januari) itu, nyatanya tanggal 16 ia nikah siri,” katanya.

Untuk memberikan keyakinan H, Sukamdi sempat juga memberi jaket doreng pada korban. Tetapi, korban sempat berprasangka buruk sebab tidak lama jaket itu kembali disuruh oleh Sukamdi.

“Ia sempat juga beri jaket doreng ke korban, tetapi disuruh serta dari pengakuannya jaket itu di jual di pasar loak,” tutur Riko.

Sukamdi juga mempersiapkan beberapa nama samaran untuk menipu beberapa korban yang sebagian besar janda itu. Salah satunya Agung Setiawan atau Angga Setiawan. Dia akui dengan status duda.

Baca Juga : Universitas Padjajaran

Masalah seragam doreng yang digunakan Sukamdi, Riko menyebutkan baju itu dibeli dari toko peralatan militer. Sesaat untuk Kartu Sinyal Anggota (KTA) atau beberapa surat dipalsukan sendiri oleh Sukamdi.

“Aktor ini residivis untuk masalah yang sama yakni penipuan dengan modus akui anggota TNI. Awalnya ia diatasi Polres Sleman serta terkena 2 tahun (penjara) serta baru keluar Maret 2019,” tuturnya.

Atas tindakannya, aktor disangkakan Klausal 378 KUHP mengenai Penipuan dengan intimidasi hukuman 4 tahun penjara.

Selain itu, Sukamdi mengaku jika sudah menikah dengan salah satunya korbannya dengan siri. Pernikahan itu dia memenyelenggarakan sebelum penangkapan polisi.