Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai menyadari adanya makanan pokok yang dapat dijadikan pengganti beras yang selama mereka konsumsi. Bahan makanan pengganti tersebut sama-sama menghasilkan sumber karbohidrat, namun kandungan gizinya lebih baik. Bahan tersebut adalah beras merah. Para pelaku diet biasanya akan mengkonsumsi beras jenis ini sebagai pengganti sumber utama karbohidrat mereka. Umumnya nasi merah akan dimakan seperti layaknya nasi putih biasa. Meskipun sebagian orang yang diet cenderung memilih mengkonsumsi nasi dengan mengurangi porsi normalnya.

Gambar terkait

Beras jenis ini memiliki beberapa keunggulan dibanding beras jenis lainnya. Masyarakat yang sangat peduli dengan kesehatannya akan memilih mengkonsumsi beras jenis ini karena terdapat berbagai kandungan gizi yang lebih baik dari beras lainnya. Setiap 1,5 cangkir yang dimasak, setidaknya mengandung 110 kalori di dalamnya. Beberapa kandungan yang ada dalam beras ini yaitu:

  • Karbohidrat sebesar 85%.
  • Protein sebesar 8%.
  • Lemak sebesar 7%.
  • Serat sebesar 7%.
  • Adanya jenis vitamin B, seperti vitamin B6, riboflavin, thiamin, folat dan niacin.
  • Beberapa mineral lainnya, seperti kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Sedangkan manfaat kesehatan yang diperoleh dari konsumsi beras jenis ini adalah:

  • Menyehatkan saluran pencernaan

Serat memiliki peranan penting, salah satunya yaitu memperlancar metabolisme tubuh yang ada di usus. Kandungan serat ini berasal dari kulitnya yang dapat berfungsi baik pada saluran pencernaan tubuh. Sehingga akan menghindarkan dari permasalahan pencernaan yang datang di kemudian hari.

  • Mengontrol gula darah dengan baik

Bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes, disarankan untuk mulai mengkonsumsi nasi merah yang memiliki kalori lebih rendah daripada nasi putih biasa, namun kandungan seratnya jauh lebih tinggi.

  • Mengatur kolesterol dalam tubuh

Layaknya penyakit diabetes, pemilik riwayat penyakit jantung juga sebaiknya mulai mengganti menu nasi putih mereka dengan nasi merah. Diketahui jika beras merah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada pada tubuh.

  • Sumber antioksidan

Adanya berbagai macam vitamin dan mineral dalam beras jenis ini dapat membantu mengatasi kandungan radikal bebas pada tubuh yang didapat dari berbagai macam makanan yang dikonsumsi.

  • Menjaga kesehatan tulang Anda

Adanya kandungan kalsium dan magnesium sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang serta gigi Anda. Magnesium sendiri diketahui merupakan mineral yang berfungsi seperti vitamin D sehingga mempunyai peranan penting yang sama.

  • Sebagai menu diet paling tepat

Sudah banyak sekali literatur yang membahas mengenai manfaat yang satu ini. Rendahnya jumlah kalori yang terkandung di dalamnya dirasa sangat efektif untuk mencegah Anda dari kegemukan atau perut buncit. Dengan mengkonsumsi beras jenis ini akan menjadikan Anda tidak mudah lapar karena adanya kandungan karbohidrat kompleks.

Studi dalam Nutrition Research pernah mengungkapkan perbandingan manfaat yang dihasilkan dari konsumsi nasi merah bercampur hitam dengan konsumsi nasi putih umum. Hasil studi yang dilakukan selama 6 minggu tersebut mengungkapkan bahwa responden yang mengkonsumsi nasi merah bercampur hitam lebih banyak kehilangan berat pada tubuhnya dibanding dengan responden yang mengkonsumsi nasi putih.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi beras merah. Meskipun sedang berusaha menurunkan berat badan agar menjadi berat ideal, bukan berarti Anda harus mengurangi porsi asupan gizi Anda. Dan beras ini bias menjadi menu diet sehat andalan yang banyak direkomendasikan oleh berbagai pakar ahli kesehatan. Sehingga Anda tak perlu mengorbankan kesehatan hanya karena sedang berdiet.

Tags: ,