Saat ini bisnis rumahan sebagai jasa servis reparasi barang-barang elektronik dan juga gadget memang banyak dibutuhkan. Bahkan saat ini juga banyak peluang usaha sampingan yang ada dibidang elektronik dan gadget ini. Bahkan juga prospek peluang usaha ini masih sangat diminati di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan semua orang tentunya punya alat elektronik dan juga gadget seperti HP maupun alat elektronik rumah tangga untuk segala keperluannya.

Coba amati, bahwa setiap rumah tentu saja punya alat elektronik seperti TV, kulkas dan lain sebagainya. Bagi keluarga dengan tingkat ekonomi lumayan bahkan punya alat-alat elektronik di rumah tangga yang lebih lengkap, seperti mesin cuci, DVD, rice cooker, AC dan lain sebagainya. Sedangkan alat-alat elektronik yang umum di kantor seperti mesin fax, mesin fotocopy, printer, komputer, pesawat telepon dan lain sebagainya.

Saat terjadi masalah pada alat-alat elektronik tersebut seperti mengalami kerusakan, maka masih belum tentu akan langsung dibuang. Bahkan mereka lebih suka memperbaikinya daripada membeli yang baru. Selain dikarenakan harganya yang mahal, terkadang ada saja alasan bernilai historis sehingga membuat orang-orang lebih memilih servis. Nah, di sinilah jasa tukang servis dibutuhkan dan perannya sangat penting.

Peluang Usaha Servis Alat Elektronik

Apabila Anda punya keterampilan dalam memperbaiki barang-barang elektronik rumah tangga, maka hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis servis alat elektronik. Daripada ilmu keahlian Anda dalam mengutak-atik barang-barang elektronik Anda luntur begitu saja sebab tidak pernah Anda praktikkan, maka akan jauh lebih baik untuk mendirikan usaha servis barang-barang elektronik.

Akan tetapi, apabila Anda masih ragu untuk membuka bisnis servis barang-barang elektronik dan bertanya-tanya apakah usaha tersebut potensial atau bahkan tidak. Permulaan Anda bisa mulai dari membuka bisnis servis barang-barang elektronik kecil-kecilan di rumah bahkan juga bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan dengan modal kecil.

Jenis Usaha Jasa Service Elektronik

Berbagai jenis usaha pada bidang elektronik dan gadget ini sangat banyak pilihannya. Biasanya juga kita banyak menemui bahwa jasa servis punya multi skill yang mana ia mampu memperbaiki berbagai kerusakan pada barang-barang elektronik. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi pada seluruh barang elektro tidak jauh bedanya.

Akan tetapi, ada juga jasa tukang servis barang-barang elektronik spesialis yang mana ia hanya melayani perbaikan-perbaikan pada produk tertentu saja. Misalnya seperti:

• Jasa servis komputer, notebook, laptop, printer, LCD dan proyektor
• Jasa reparasi kulkas dan freezer
• Jasa servis kamera digital
• Jasa servis hp dan tablet
• Jasa perbaikan mesin cuci
• Jasa servis alat musik elektrik seperti organ, piano, keyboard dan gitar listrik
• Jasa servis mesin fotocopy dan fax

Nah, dengan banyaknya pilihan jasa reparasi alat-alat elektronik, maka Anda bisa membuka jasa servis elektronik, baik itu memilih fokus satu jenis service atau melayani semua perbaikan barang elektronik. Hal tersebut sudah bukan rahasia umum lagi karena banyak juga tukang servis yang sok jual mahal dan menolak untuk menyervis barang murah. Mereka beralasan lebih baik membeli baru yang mana harganya lebih murah daripada diservis yang justru banyak mengeluarkan biaya.

Modal membuka usaha servis elektronik

Jasa reparasi elektronik merupakan salah satu jenis usaha yang berbasis skill. Modal paling utama dari usaha tersebut yaitu berupa keahlian yang handal serta memberikan pelayanan yang prima. Sedangkan modal untuk membuka bisnis ini relatif sedikit yakni di bawah 5 juta. Dengan uang tersebut Anda bisa membeli peralatan reparasi yang cukup lengkap.
Alat-alat yang dibutuhkan untuk usaha servis barang-barang elektronik adalah sebagai berikut:

• DC power supply
• Multitester yaitu alat yang digunakan mengukur komponen, mengecek jalur hubungan antar komponen serta untuk mengecek batteray
• Seperangkat tools kit yaitu berupa obeng, pinset, tang, gunting dan lain sebagainya
• Solder: sukcer
• Lampu service
• Kawat timah beserta perlengkapan kecil lainnya

Nah, jadi itulah tadi peluang usaha dibidang elektronik dan gadget yang bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan. Semoga dengan artikel di atas bisa membantu Anda untuk menemukan bisnis yang sesuai dengan keahlian Anda. Selamat mencoba.

Tags: