Kelahiran prematur diidentifikasi jadi penyumbang paling besar angka kematian bayi di Indonesia. Bayi yang lahir prematur yaitu bayi yang lahir dibawah umur kehamilan 37 minggu serta biasanya berat tubuh lahir kurang dari 2. 500 gr. Kelahiran prematur bisa dihindari mulai sejak dalam kandungan.

“Rencanakan kehamilan begitu perlu serta lakukan check kesehatan waktu hamil, ” tutur dokter spesialis anak, Rinawati Rohsiswatmo, dalam satu diskusi di Jakarta, Selasa, 14 November 2017.

info terkait : menghitung masa subur

Dokter Rina memberikan, kekurangan nutrisi waktu hamil bisa memengaruhi kesehatan bayi didalam kandungan. Data dokter kandungan Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia yang ambil sampel dengan random mengatakan, sejumlah 60 % ibu muda kekurangan vitamin D.

“Padahal kita negara tropis, wanita-wanita muda itu berasumsi putih itu cantik, jadi menghindar dari cahaya matahari. Kekurangan vitamin D serta kalsium sepanjang hamil tidak juga bagus, buat tulang buruk, ” katanya. Anda juga harus rutin menghitung usia kehamilan bayi anda.

Terkecuali kekurangan vitamin D, mikronutrien seperti selenium yang ada dalam sayuran juga memengaruhi kesehatan ibu serta janin.

“Banyak yang minum susu, tapi tidak sukai sayuran, tidak makan ikan, serta hindari cahaya matahari. Jadilah preeklamsia, lahir prematur, ” tutur dokter yang staf Departemen Pengetahuan Kesehatan Anak Tempat tinggal Sakit Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta, itu.

Karenanya, Rina mengutamakan bila menginginkan mempunyai keturunan, buat persiapan kehamilan dengan seoptimal mungkin saja. Termasuk juga pemenuhan keperluan nutrisi ibu serta janin.