Membuat tempat tinggal sendiri memanglah mempunyai kenikmatan sendiri bila di banding dengan beli tempat tinggal jadi dari developer. Tetapi, karenanya Anda mesti keluarkan saat, tenaga, serta fikiran ekstra. Pasalnya, membuat tempat tinggal sendiri begitu merepotkan.

Ada tiga alur hubungan kerja yang bisa Anda kerjakan dengan tukang atau pembangun tempat tinggal : harian, borongan jasa atau tenaga, dan system borongan penuh. Perhatikan juga info harga kayu

System harian adalah yang paling banyak dikerjakan. Anda cukup membayar tukang serta beli barang atau material yang diperlukan untuk membuat tempat tinggal Anda.

Menurut Sherly Surya Handoyo, Direktur perusahaan kontraktor PT Estetika Kusuma, honor tukang beragam. “Rata-rata, honor tukang batu sekitar Rp100 ribu /hari, sesaat tukang kayu sekitar Rp150 ribu /hari, ” terang Sherly pada Tempat tinggal. com.

Walau demikian, system ini mempunyai kekurangan. Ada saatnya si tukang perlambat pekerjaan supaya bayarannya semakin banyak harga satuan perkerjaan tukang.

Ke-2, system borongan jasa (tenaga). Dengan system ini, tukang dibayar sesuai sama luas bangunan yang ditangani. Berdasar pada penilaian Tempat tinggal. com, sekarang ini harga borongan jasa tukang di Jabodetabek sekitar Rp600 ribu sampai Rp800 ribu per mtr. persegi.

Memakai system ini, tukang juga akan bekerja secara cepat, karna makin lama saat yang di habiskan, makin tidak tebal keuntungan yang didapat. Walau demikian, Anda mesti bersiap ribet bila memakai system ini. Pasalnya, si tukang cuma bekerja, sesaat Anda yang perlu menyiapkan semuanya material yang diperlukan untuk membuat tempat tinggal.

Ke-3, system borongan penuh. Menurut Sherly, dengan system ini, Anda tidak butuh ribet beli barang, cukup menyampaikan hasrat Anda pada kontraktor atau pemborong, baik bentuk tempat tinggal ataupun spesifikasi material ukuran triplek, jadi si kontraktor atau pemborong yang juga akan mengerjakannya untuk Anda.

“Biasanya client kami memberi spefikasi material serta bentuk bangunan yang dikehendaki. Lalu kami membikinkan perincian cost yang dibutuhkan, termasuk juga harga material serta cost pembangunan” paparnya.

Sherly berikan deskripsi, harga borongan sekitar Rp3 juta – Rp5 juta per mtr. persegi, bergantung spesifikasi yang dikehendaki. “Untuk tempat tinggal standard umumnya Rp3 juta per mtr. persegi, namun untuk tempat tinggal elegan dapat menjangkau Rp5 juta per mtr. persegi, ” ujarnya.