Bahasa yaitu alat buat memberikan kabar dari orang yang ketahui terkait suatu hal pada seseorang yg belum tahu. Jadi, walaupun kita gak sempat menyaksikan bulan dengan cara langsung, kita dapat paham ciri-cirinya dari kabar yg diungkapkan oleh banyak astronot yg sempat memijakkan kaki disana.

Dalam bahasa terdaftar, tulisan yg dimanfaatkan buat memvisualisasikan satu orang, tempat atau barang dikatakan paragraf atau esai deskriptif. Menurut Keraf (1997) , paragraf deskriptif sebagai paragraf yg mendeskripsikan suatu hal dengan jelas sampai pembaca seakan-akan menjelaskan atau alami sendiri perihal atau moment yg dideskripsikan.

Simak Juga : teks eksposisi

Ada 2 model paragraf deskriptif yg kamu butuh tahu, ialah :

1. Uraian sugestif
Paragraf ini arahnya yaitu berikan pengalaman pada diri pembaca sampai pembaca bisa berikan kesan-kesan serta interpretasi pada objek yg dideskripsikan.

2. Uraian tekhnis atau ekspositoris
Paragraf yg ini arahnya berikan kabar terkait satu objek sampai pembaca bisa mengenalnya.
Nah, terus bagaimana trik bedain di antara paragraph uraian dengan paragraph naratif, eksposisi, atau lainnya? Umumnya, ada beberapa tanda-tanda paragraph uraian, ialah :

a. Berwujud rincian dari objek spesifik.
b. Objek yg dilukiskan yaitu suatu hal yg fakta (kenyataan, bukan saran)
c. Sifat-sifat objek yg dilukiskan jelas.
d. Memiliki tujuan berikan pengalaman pada pembaca.
e. Berikan sugesti pada pembaca sampai pembaca punyai kesan-kesan atau interpretasi spesifik (Keraf, 1984) .

Jadi bila kamu kebetulan membaca suatu paragraph serta ada tanda-tanda di atas, pastinya itu paragraf deskriptif. Supaya gak bingung, ini satu contoh untuk kamu :

Artikel Terkait : contoh teks eksposisi

” Bulan yaitu satelit alami Bumi salah satu serta sebagai bulan paling besar ke-5 dalam Tata Surya. Bulan pun sebagai satelit alami paling besar di Tata Surya menurut ukuran planet yg diorbitnya, dengan diameter 27%, kepadatan 60%, serta massa 1. 23% dari Bumi. Pada satelit alami yang lain, Bulan yaitu satelit terpadat ke dua seusai Io, satelit Yupiter. “