Keluarga merupakan satuan terkecil dari sebuah strata sosial yang tentunya sangat mempunyai dampak pada kita sebagai manusia. Keluarga khususnya ibu dan juga ayah merupakan dua orang yang sangat mempunyai pengaruh terhadap kehidupan anak-anaknya kelak. Hal ini nampak terlihat dari dampak yang diberikan oleh mereka pada tumbuh kembang yang anak perlihatkan. Peranan dan fungsi dari keluarga yang dalam hal ini adalah orang tua menjadi sangat vital terutama dalam membentuk kepribadian anak. Hal ini juga sangat berpengaruh pada pembentukan karakter dari sikap yang ditunjukan oleh anak dan berikut adalah beberapa tips dalam mendidik anak untuk mendukung tumbuh kembang anak yang baik.

Tips yang pertama adalah meluangkan waktu yang cukup untuk anak kita. Terkadang karena kesibukan yang kita miliki, menjadikan kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk dapat mendampingi anak kita. Pada umumnya anak dalam masa ini membutuhkan perhatian yang intens sehingga anak dapat terarahkan dengan baik dan tumbuh menjadi seseorang yang baik pula. Usahakan untuk dapat meluangkan waktu sejenak bersama anak anda sesibuk apapun aktivitas yang anda miliki. Bahkan hanya untuk sekedar minum tea keluarga sariwangi bersama, sambil berbincang tentang apa yang telah dapat dilakukan oleh anak anda.

Tips yang kedua adalah menerapkan tutur kata yang baik pada anak. Biasanya anak dalam masa ini sedang gemar-gemarnya memperhatikan, mendengar dan melihat apa yang ada disekitarnya. Dan hal ini pada akhirnya menjadikan cerminan yang anak anda ikuti. Maka biasakan untuk dapat menggunakan tutur kata yang baik, terlebih jika sedang berada dan berkumpul bersama anak anda. Hal ini juga diyakini dapat menumbuhkan rasa hormat seorang anak pada anda sebagai orang tuanya. Hal ini juga dapat memberikan sugesti yang berujung pada pembiasaan anak untuk dapat bertutur kata yang baik bahkan hingga dia dewasa kelak. Dan itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam mendidik anak yang baik yang tentunya dapat mendukung tumbuh kembang anak yang baik pula. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Tags: ,