Kini peluang usaha baru telah banyak bermunculan dan banyak pula wirausahawan baru di Indonesia. Bahkan bukan hanya pengusaha dengan skala yang besar saja, akan tetapi juga ada pengusaha kecil dan menengah dan bahkan saat ini usaha kecil menengah juga telah mulai mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Dengan banyaknya muncul berbagai macam peluang usaha cara membuat banyak orang ingin mencoba membangun usaha.

Sudah cukup banyak juga pengusaha kecil menengah yang bukan hanya membuka toko fisik saja, akan tetapi mereka juga membuka toko virtual di internet yang mana jangkauannya akan lebih banyak lagi. Bahkan beberapa dari pengusaha online sudah punya penghasilan yang cukup fantastis dari toko virtualnya di internet.

Ada beberapa dari calon pengusaha yang telah memutuskan untuk mundur saat mereka menemukan kendala di dalam bisnis yang dijalaninya. Justru peluang usaha yang menjanjikan sebenarnya sudah ada di depan matanya namun sudah terlanjur mundur. Terdapat masalah klasik yang kerap kali kita dengar yakni masalah modal di awal dalam memulai bisnis.

Usaha Kecil yang Menjanjikan dengan Menjadi Penulis Lepas

Solusi dari mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memilih usaha kecil yang menjanjikan, misalnya dengan menjadi penulis lepas. Menjadi penulis lepas bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan maupun bisnis utama Anda. Bagan bisnis ini juga sangat cocok jika untuk pelajar maupun mahasiswa dan ibu rumah tangga. Apalagi bisnis penulis lepas ini tidak membutuhkan modal namun hanya membutuhkan koneksi internet dan juga peralatan seperti laptop dan smartphone.

Keuntungan Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas memang sangat menjanjikan dengan banyaknya keuntungan yang didapat, sebagaimana berikut ini:

• Waktu yang Fleksibel

Penulis lepas yang masih berstatus pelajar maupun mahasiswa tentu saja bisa bekerja tanpa terikat waktu. Oleh karena itu bisnis penulis lepas ini sangat cocok sebagai usaha kecil yang menjanjikan. Hal tersebut disebabkan karena waktu yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan ini sangat fleksibel.

Tidak seperti karyawan lainnya yang harus berangkat pagi-pagi dan pulang sore bahkan bisa sampai malam hari. Selain itu, jadwal dan juga waktu pekerjaannya juga sudah ditentukan oleh perusahaan. Nah, jika Anda menjadi penulis artikel lepas, maka Anda punya banyak waktu untuk mengerjakan artikel di mana saja dan kapan saja. Asalkan Anda harus tetap memperhatikan deadline yang sudah disepakati.

Dengan demikian, tinggal pintar-pintar Anda saja dalam mengatur waktu. Bahkan jika Anda ingin mengambil libur juga tak masalah dan bisa Anda tentukan sendiri kapan Anda ingin libur tanpa adanya batasan waktu.

• Tempat Kerja yang Fleksibel

Bukan hanya waktu saja yang fleksibel untuk mengerjakan pekerjaan penulis lepas ini, begitupun tempat kerja yang dibutuhkan. Anda tidak perlu kantor untuk mengerjakan artikel. bahkan Anda bisa menerima pesanan artikel dan mengerjakannya sembari duduk di taman, tiduran di kasur, di depan TV dan tempat yang lainnya. Akan tetapi tentu saja Anda harus membutuhkan koneksi internet dan juga mencari referensi sehingga carilah tempat yang nyaman untuk Anda.

Di samping itu, Anda juga bisa beralih tempat sesuai dengan mood dalam mengerjakan artikel. Misalnya dengan mencari tempat di alam terbuka maupun di tempat sepi seperti kamar untuk menemukan ide kreatif Anda.

• Menambah Ilmu dan Pengetahuan

menjadi penulis lepas bukan hanya akan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan, Akan tetapi Anda juga bisa menambah ilmu dan pengetahuan. Hal tersebut dikarenakan setiap adanya permintaan artikel, tentu saja Anda harus mencari referensi supaya lebih memudahkan Anda dalam menulis konten. Dari referensi tersebutlah Anda akan banyak mendapatkan pengetahuan tambahan.

• Punya Penghasilan Tambahan

Meskipun Anda sebagai ibu rumah tangga, mahasiswa maupun pelajar dan tidak punya penghasilan utama, namun dengan menjadi penulis lepas ini Anda akan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. Anda bisa mengerjakan bisnis tersebut tanpa meninggalkan tugas sebagai mahasiswa, ibu rumah tangga maupun pelajar sekalipun. Menulis artikel ini bisa Anda kerjakan di sela-sela waktu senggang Anda seperti saat sudah selesai mengantarkan anak sekolah maupun selesai pulang sekolah.

Nah, itulah tadi usaha kecil yang menjanjikan sebagai penulis artikel lepas dengan waktu dan tempat yang fleksibel. Semoga bermanfaat.

Tags: