Sundog yakni petunjuk optis yang memperlihatkan beberapa titik jelas di langit, serta umumnya pada cincin halo di sekitar matahari.

Simak Juga : teks eksplanasi
” Sundog nampak jadi pancaran sinar berwarna di kiri-kanan Matahari, punya jarak 22° serta pada jarak yang sama diatas cakrawala, serta pada halo es. Sundog bisa disaksikan dimana juga serta waktu musim apa pun, tetapi tak selama-lamanya nampak bersinar serta cemerlang dan dapat nampak jelas serta cerah waktu Matahari nampak rendah, ” demikian keterangan yang ditayangkan melalui account instagram @infobmkg, Minggu (14/10) malam.

Normalnya sundog sendiri terwujud dari kristal es piringan yang bersifat sisi enam pada awan sirus yang tinggi serta dingin, atau saat musim dingin yang benar-benar dingin. Setelah itu, oleh kristal es yang disebutkan debu intan tertiup ke udara.

” Kristal-kristal itu berperan jadi prisma, membelokkan sinar yang melewatinya dengan defleksi minimal 22°. Apabila kristal-kristal itu terorientasi dengan cara acak, karena itu lingkaran di sekitar Matahari dapat tampak, yaitu halo. Jika kristal-kristal tenggelam di udara serta teratur dengan cara vertikal, karena itu sinar Matahari terbiaskan dengan cara mendatar. Dalam masalah ini, sundog bisa tampak, ” demikian kelanjutan info pada account BMKG itu.

Sejalan Matahari yang kian meninggi, sinar yang melalui kristal-kristal itu kian dicondongkan dari sektor datar. Pojok deviasi mereka makin bertambah serta sundog kian menjauhi Matahari.

” Sampai-sampai senantiasa nampak pada ketinggian yang sama seperti Matahari, ” pungkas info dari account BMKG itu.

Baca Juga : contoh teks eksplanasi

Selain itu, mengambil dari situs Sky and Telescope, Rick Fienberg sebagai sisi dari Penduduk Astronomi Amerika menyampaikan penamaan sundog pada petunjuk itu berlangsung mulai sejak awal 1600 yang lalu. Sampai-sampai, sambungnya, gak didapati tentu kenapa petunjuk itu dinamakan sundog.

” Ada beberapa buku serta situs perihal petunjuk atmosfer, tetapi tidak ada satupun sejauh yang telah saya check kembali menyampaikan suatu hal kenapa petunjuk parhelia ini diberi nama sundogs, ” tulisnya di situs itu.