Agroteknology

Agroteknologi

 

Universitas Hasanuddin

Laboratorium Fisiologi dan Nutrisi Tanaman

Laboratorium Fisiologi dan Nutrisi Tumbuhan merupakan Laboratorium dasar dibawah Departemen Budidaya Pertania, Fakultas Pertanian Unhas. Mengelola praktikum mata kuliah-mata Fisiologi Tanaman dan Nutrisi  Nutrisi Tanaman serta mata kuliah lain yang berkaitan erat dengan ilmu Fisiologi Tumbuhan dan Nutrisi Tanaman yang ada di Fakultas Pertanian Unhas.  Disamping itu pada laboratorium ini melayani kegiatan penelitian mahasiswa S1, S2 dan S3 yang terkait dengan as[ek Fisiologi tanaman dan nutrisi tanaman.

Praktikum yang diselenggarakan di Laboratorium Fisiologi Tanaman dan dan Nutrisi tanaman bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan kepada para mahasiswa dalam  bidang  Fisiologi  Tanaman  dan  Nutrisi  Tanaman serta  beberapa  mata  kuliah  yang  terkait dengan  bidang  Fisiologi  dan  Nutrisi  tanaman  seperti:  matakuliah  Biokimia pertanian  dan  Pasca Panen.

Dalam biadang Penelitian, kegiatan yang dilakukan masih terbatas pada aspek pengamatan yang terkait dengan bidang fisiologi dan Nutrisi tanaman sesuai dengan pera;atan yang dimiliki

KONDISI LABORATORIUM Rauangan Laboratorium

Kondisi Laboratorium saat ini masih sangat sederhana. Ruangan Laboratorrium maksimal menampu mahasiwa sekitar 30 orang.

Bahan

Bahan yang ada masih angat terbatas. Bahan kimia yang ada masih terbatas dan pengadaan bahan kimia dalam dua tahun terakhir di Laboratorium ini sama sekali tidak ada,   Untuk kegiatan praktikum mahasiwa masih menggunakan sisa bahan lama dan sebahaian besar sudah tidak bisa lagi di gunakan.  Untuk kegiatan praktikum dalam menunjang kegiatan pengajaran harus diadakan oleh mahasiwa praktikan.

Peralatan.

Pralatan yang ada saaat ini sangat terbatas. Dalam dua tahun terakhir Laboratorium ini tidak pernah  menerima  pralatan  baru.     Untuk  berlansungnya  kegiatan  praktimun  maka  dilakukan modifikasi alat secara sederhana untuk membuktikan teori yang ada.

Peralatan yang ada saat ini adalah

1.   CCM + 200 untuk mengukur indeks khlorofil daun dan total khlorofil dauin 1 buah,

2.   1 buah mikroskop elektrik untuk mengamati komponen stomata daun 1 buah

3.   Miniatur spektrofotometer untuk mengukur komponen radiasi Matahari 1 buah

Organisasi Laboratorium

Sampai saat ini Organisasi Laboratorium hanya ada 1 orang sebagai Ketua Laboratorium. Untuk menjalangkan kegiatan laboratorium, dibantu oleh 3 orang doson yang selama ini aktif membimbimbing asisten Yang direkrut dan dilatih untuk menmbantu menjalangkan kegiaytan yang ada dengan sukarela. Dosen yang terlibat dalam Kegiatan Laboratorium adalah

1.

Dr. Ir. Nasaruddin, MS

(Kapala Laboratorium)

2.

Dr. Ir. Ifayanti Ridawan Saleh, MSc.

(Anggota)

3.

Ir. Abdul Molla Jaya, MP sebagai Anggota

(Anggota)

4.

Rahmansyah Darmawan , SP. MS.

(Anggota)

 AKTIVITAS PELAYANAN

Laboratorium Fisiologi Tanaman dan Nutrisi Tanaman memberikan pelayanan kepada para mahasiswa maupun masyarakat umum yang memerlukan. Aktivitas pelayanan yang dapat ditangani dalam laboratorium Fisiologi Tanaman dan Nutrisi Tanaman antara lain:

 1.   Praktikum Fisiologi Tanaman dan Nutrisi Tanaman.

 Pada  kegiatan  Praktikum  Fisiologi  dan  Nutrisi  Tanaman  telah  Disusun  GPRP Praktikum dan Penuntun Praktikum Fisisiologi Tanaman dan Nutrisi Tanaman untuk menununtun mahasisawa dalam melakukan kegiatan Praktkum dan Nutrisi Tanaman.

Kegiatan praktikum yang dilakukan pada Laboratorium Fisiologi dan Nutrisi Tanaman smester ganjil 2016 adalah

No.

Mata Kuliah

Klas

Rekwensi kegiatan

1

Fisiologi Tumbuhan

A

10 x

 

 

B

10 x

 

 

C

10 x

 

 

D

10 x

 

 

E

10 x

2

Nutrisi Tanaman

A

6 x

 

 

B

6 x

 2.   Kegiatan Penelitian.

Untuk melayani kegiatan penelitian, Laboratorium ini masih terbatas pada pelayanan terhadap pengamatan yang terkait dengan bidang Fisiologi Tanaman dan Nutrisi Tanaman bagi mahasiswa S1, S2 dan S3. Pada kegiatan ini proses pengamatan oleh peneliti di pandu lansung oleh Asisten yang bertugas terutama dalam memanfaatkan peralatan yang ada. Jenis pengamatan yang dapat dilakukan pada Laboratorium Fisiologi Tabnaman dan Nutrisi tanaman adalah. a) Pengamatan terhadap komponen stomata daun meliputi Jumlah stomata, kerapatan stomata, Indeks stomata dan Luas bukaan stomata daun, b) Indeks Khlorofil daun dan Total Khlorofil daun, c) Pengamatan terhadap komponen cahaya seperti tingkat Tingkat penerimaan radiasi cahaya, persentase Radiasi pantulan, Persenrase radiasi transmisi, dan persentase radiasi Absorsi oleg daun tanaman.

3.   Kegiatan Pengabdian. Pada kegiatan Pengabdian, Laboratorium ini melayani konsultasi mahasiswa yang akan melakukan penelitian dalam bidang hidrofonik serta masyarakat luar yang ingin mencoba melakukan budidaya hidrofonik.

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

Jln. Perintis Kemerdekaan Km. 10
Gedung Fakultas Pertanian Lt.3 - Kampus Unhas Tamalanrea
Makassar 90245
Sulawesi Selatan, Indonesia
email : agrotekunhas@gmail.com, agrotekunhas@agri.unhas.ac.id 

Phone : +62411-586014