Agroteknology

Agroteknologi

 

Universitas Hasanuddin

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

Program Studi Agroteknologi (disingkat Agrotek) merupakan program studi yang terbentuk dari hasil kolaborasi tiga program studi/jurusan, yaitu: Budidaya Pertanian, Hama dan Penyakit Tumbuhan, dan Ilmu Tanah sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) No. 163/DIKTI/Kep/2007 tanggal 29 November 2007 tentang penataan dan kodifikasi program studi pada perguruan tinggi yang merampingkan beberapa program studi yang ada pada Fakultas Pertanian. Program Studi Agroteknologi mulai beroperasi pada bulan Agustus tahun 2009 dan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2009/2010.

Program Studi Agroteknologi didukung oleh staf akademik sebanyak 67 orang dengan kualifikasi pendidikan S3 sebanyak 39 orang (58,21%) dan S2 sebanyak 28 orang (41,79%) dari berbagai disiplin ilmu dibidang pertanian dengan latar belakang pendidikan dari dalam dan luar negeri. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran Program Studi Agroteknologi didukung 16 laboratorium dari 3 departemen serta 2 kebun percobaan dengan luas total sekitar 22 ha, setiap ruang kuliah dilengkapi fasilitas internet, AC dan LCD.

Program Studi Agroteknologi mendapat nilai akreditasi (A) pada tahun 2012 berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012. Selanjutnya pada tahun 2017 kembali memperoleh akreditasi A berdasakan Keputusan BAN-PT No. 4096/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 yang berlaku selama lima tahun yaitu sejak tanggal 31 Oktober 2017 sampai dengan 31 Oktober2022.

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

Lulusan bidang Program Studi Agroteknologi diharapkan mampu menjawab tantangan isu isu pertanian dengan menerapkan IPTEK   dalam proses produksi ( pra produksi, produksi hingga pasca produksi )berdasarkan pertanian yang ramah lingkungan yang berprinsip pada pertanian yang berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan produktivitas, dan mampu berkomunikasi, menjalin kerjasama secara efektif dengan mengikuti etika bsinis  sesuai dengan kompetensi utama yang harus dimiliki lulusan Program Studi Agroteknologi.  Adapun profil lulusan program studi Agroteknologi yaitu :

  1. Manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator)
  2. Pelaku di bidang pertanian
  3. Pengusaha(entrepreneur, initiator, adaptor, cooperator)
  4. Peneliti
  5. Komunikator (fasilitator, motivator dan mediator)

STAF PENGAJAR

Program Studi Agroteknologi memiliki staf akademik sebanyak 70 orang dengan kualifikasi pendidikan S3 sebanyak 50 orang (71,42%) dan S2 sebanyak 20 orang (28,57%).  Staf akademik yang memiliki jabatan akademik guru besar adalah sebanyak 19 orang (27,14%) dan selebihnya non guru besar sebanyak 51 orang (72,86%). Dari sebaran kualifikasi pendidikan yang dimiliki staf akademik pada Program Studi Agroteknologi, terlihat bahwa 100% staf akademik memiliki kualifikasi pendidikan S2 dan S3 yang sudah melebihi sasaran yang ditetapkan pemerintah yaitu hanya sebesar 50% dari total staf akademik yang ada. Oleh karena itu, dari segi kualitas dan kuantitas keilmuan, dapat dikatakan bahwa staf akademik pada Program Studi Agroteknologi mendapat kategori sangat baik.Keberhasilan tersebut telah dibuktikan dengan mendapatkan peringkat (nilai) akreditasi program studi tertinggi (A) pada tahun 2012 berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012.

SARANA PENDUKUNG

Sarana penunjang yang dimiliki berupa ruang kuliah, laboratorium, ruang seminar, ruang baca dan perpustakaan dilengkapi dengan prasarana AC, LCD, dan koneksi intra/internet. Perpustakaan memiliki koleksi jurnal nasional dan internasional, text book, prosiding, dan tugas akhir mahasiswa (skripsi). Kemampuan jaringan akan dikembangkan melalui pemasangan jaringan Wimax.
Untuk Laboratorium, Prodi Agroteknologi memiliki 17 laboratorium yaitu :

  1. Laboratorium Agroklimatologi
  2. Laboratorium Pemuliaan dan Benih
  3. Laboratorium Fisiologi Tumbuhan
  4. Laboratorium Kultur Jaringan/Bioteknologi
  5. Laboratorium Biofertilizer
  6. Laboratorium Komputer
  7. Laboratorium Jaringan Tanaman (Ruang Tanam)
  8. Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah
  9. Laboratorium Fisika Tanah
  10. Laboratorium Mikrobiologi Tanah
  11. Laboratorium GIS
  12. Laboratorium Penyakit Tanaman
  13. Laboratorium Bahan Alami dan Pestisida
  14. Laboratorium OPT Kakao
  15. Laboratorium Hubungan Serangga dengan Tanaman
  16. Laboratorium Toksikologi
  17. Laboratorium Identifikasi dan Pengendalian Hayati

Tiap laboratorium dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang dapat menunjang proses perkuliahan, praktikum dan penelitian mahasiswa dan staf dosen.

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

Jln. Perintis Kemerdekaan Km. 10
Gedung Fakultas Pertanian Lt.3 - Kampus Unhas Tamalanrea
Makassar 90245
Sulawesi Selatan, Indonesia
email : agrotekunhas@gmail.com, agrotekunhas@agri.unhas.ac.id 

Phone : +62411-586014