Faculty of Agriculture

Faculty of Agriculture

 

Hasanuddin University

Kuliah Umum Mentan R.I.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan kuliah umum dihadapan 1000 Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar Kamis (15/2)

Dalam orasi yang bertemakan "Pembangunannya dan Kewirausahaan Pertanian" Amran menyampaikan, pertanian jaman now sangat menjanjikan karena kontribusinya terhadap pembangunan nasional mencapai 60 s/d 70 persen.

Selama tiga tahun ini Kementerian Pertanian telah membagikan 100 ribu alat mesin pertanian. Pertanian kini sudah menggunakan teknologi canggih" kata Amran.

Menteri yang juga tercatat sebagai Alumni Unhas tersebut, lebih lanjut mengatakan, "Kalau mau jadi konglomerat masuklah pertanian", seru Amran bersemangat.

Pada kesempatan tersebut Amran yang dari dulu mengaku sangat menyukai dunia pertanian mengungkapkan, "Kami sudah turun ke 300 kabupaten, kami melihat banyak persoalan yang harus segera diselesaikan" ujarnya 

Untuk itu Amran mengajak seluruh mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa agar tetap disiplin dan terus belajar. Ia juga mengingatkan agar selalu waspada, hindari perasaan iri dan jangan anggap sebelah mata sebuah tantangan. 

Alumnus berprestasi dan terbaik dari Universitas Hasanuddin tersebut memaparkan capaian dan strategi pengelolaan pertanian jaman now, serta empat komoditas yang telah dianggap berhasil yakni beras, jagung, cabai dan bawang merah sekaligus pengambilan kebijakan dan keputusan yang tepat. 

Sebelumnya Dekan Fakultas Pertanian Prof. Sumbangan Baja menuturkan harapannya agar sosok seperti Menteri Amran yang juga sebagai alumni terbaik Unhas dapat selalu ikut membangun Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin.(*)