Faculty of Agriculture

Faculty of Agriculture

 

Hasanuddin University

Petani Kakao Bantaeng sangat puas terhadap kegiatan pendampingan mahasiswa fakultas pertanian KKN-PPM-Dikti Unhas.

Faperta - Selama 36 hari mahasiswa KKN-PPM-Dikti Kakao telah melakukan pendampingan petani kakao di Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng yang terdiri 47 mahasiswa fakultas pertanian unhas dan terdistribusi pada tiga kelompok tani kakao berbeda yakni KT Sinar Ujung, KT Talaka, dan KT Sumber Jaya.

Selama mendampingi, mahasiswa bersinergi, belajar, dan bekerja bersama petani dikebun kakao dengan berbagai kegiatan pendampingan diantaranya praktek perkebunan kakao yang baik, peremajaan tanaman, manajemen pembibitan, pembuatan dan aplikasi pupuk kompos dan pestisida nabati, pengelolaan paska panen, dan penggunaan mikroorganisme pengendali penyakit tanaman.

Pendampingan ini mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari petani yang didampingi dan berharap pendampingan seperti ini akan selalu ada untuk membantu petani. Menurut H. Abd .Hakim, ketua kelompok KT Sinar Ujung mengatakan bahwa KKN pendampingan ini sangat bagus adanya dan sangat membantu petani kakao dan perlu dilanjutkan, hal yang sama juga dikatakan oleh Bapak Sahada, petani KT Sinar ujung, dan H. Ridwan dari petani KT Talaka.

Selanjutnya oleh Bapak Kadir dan Ali dari KT Sumber Jaya mengatakan kegiatan ini sangat positif karna membantu dan meningkatkan semangat petani dalam merawat kebunnya kembali karena teknologi yang dibawakan, hal ini juga diamini oleh Risal, petani muda dan Wanita tani, Rosdiana dari KT Sumber Jaya.

“Program KKN-PPM ini telah melakukan distribusi teknologi manajemen kebun kakao dan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kepada petani kakao, terkhusus kepada mahasiswa KKN, Kata Asman, S.P,M.P. selaku ketua tim program ini. Selain itu program ini juga dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Ade Rosmana, dan Dr. rer.nat. Zainal, STP., MFoodTech.

Terlaksananya program ini berkat dukungan sejumlah pihak diantaranya DRPM Kemenristekdikti selaku penyandang utama pendanaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan UPT KKN Unhas, Fakultas Pertanian Unhas, Pemda Bantaeng, Cocoa Research Group Faperta Unhas, dan  Kelompok Tani (Sinar Ujung, Talaka, dan Sumber Jaya).*