Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai

1. VISI

Kondisi yang hendak diwujudkan dalam perjalanan Fakultas Pertanian kedepan (2014-2018) adalah berkembangnya Fakultas Pertanian sebagai:

Pusat Pendidikan PertanianTerkemuka yang Berkarakter
dan Bertaraf Global

Visi ini mengandung pengertian dan indikasi pencapaian sebagai berikut:

Pusat Pendidikan dimaksudkan bahwa Fakultas Pertanian Unhas akan semakin mewujudkan suasana yang nyaman, indah dan menyenangkan bagi berlangsungnya aktivitas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian melalui pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Suasana sebagai taman secara fisik ditandai oleh ketersediaan sarana dan parasarana pembelajaran, penelitian dan pendukungnya yang memenuhi kualitas internasional; dan secara non fisik ditandai oleh aktivitas ilmiah dan interaksi civitas akademika yang memanifestasikan tata nilai dan norma akademik yang universal secara konsisten.

Terkemuka dimaksudkan bahwa Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin akan semakin menempati posisi terdepan dibanding fakultas pertanian lainnya di Indonesia, dilihat dari indikator-indikator yang berlaku secara nasional dan internasional terkait dengan kinerja  pembelajaran dan pengajaran, penelitian dan  publikasi karya ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat. Posisi terkemuka dimaksud akan berkontribusi bagi pencapaian Universitas Hasanuddin menuju Universitas berkelas dunia.

Berkarakter dimaksudkan bahwa luaran Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin memiliki karakter yang dengan itu memampukannya untuk berkontribusi optimal bagi kemajuan pertanian Indonesia secara khusus dan peradaban manusia secara umum. Dari segi  alumni yang dihasilkan, identitas luaran Fakultas Pertanian Unhas dicirikan oleh karakter sebagai SDM yang memiliki kompetensi dan kapasitas berbasis etik-spiritual dan rasionalitas-holistik. Dari segi karya ilmiah yang dihasilkan, identitas luaran Fakultas Pertanian Unhas dicirikan oleh konsep dan teknologi yang memanifestasikan inovasi bagi kemajuan pertanian yang selaras dengan kelestarian alam dan kesejahteraan berkelanjutan.

2. MISI

Untuk mencapai visi tersebut di atas, maka misi Fakultas Pertanian Unhas adalah sebagai berikut:
Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian bidang pertanian dan sumberdaya alam secara terpadu, yang relevan dengan perkembangan pembangunan

Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat, dan transfer IPTEK pertanian kepada masyarakat dan industri.
Menguasai, mengembangkan, dan menerapkan IPTEK pertanian dan pengelolaan sumberdaya alam.

3. TUJUAN

Tujuan Fakultas Pertanian Unhas adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang adaptif, mandiri, berjiwa entrepreneurship, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Menghasilkan karya ilmiah inovatif di bidang pertaniandan sumberdaya alamuntuk memperkaya khasanah IPTEK.
  3. Memperluas jejaring dan meningkatkan peran Fakultas Pertanian Unhas melalui pemasyarakatan informasi dan ide inovatif bidang pertanian dan pengelolaan sumberdaya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. NILAI

Dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, Civitas Akademika Fakultas Pertanian menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai berikut:

T =Tauladan
A = Amanah
M = Mandiri
A = Adaptif
N = Nyata berkarya

Berikut ini adalah penjabaran makna masing-masing kata/frase nilai (TAMAN):

Tauladan. Dalam mengemban tugas tridarma perguruan tinggi, Fakultas Pertanian Unhas harus menjadi contoh bagi pengembangan lembaga sejenis di kawasan ini. Demikian pula dengan alumninya, yang memiliki kemampuan , kompetensi, dan kapasitas berbasis etik-spiritual dan rasionalitas-holistik yang dapat diteladani oleh masyarakat.

Amanah. Seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian menjalankan tugas tridarma dengan penuh keikhlasan, dengan landasan bahwa semua itu adalah untuk mendapat ridha, yang merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

Mandiri. Di usianya yang menjelang setengah abad, Fakultas Pertanian harus menunjukkan kemapanan, dan memiliki kemandirian. Begitu pula alumninya yang karena bekal ilmu, keterampilan, teknologi, dan etik-spiritual yang dimilikinya akan memiliki kemandirian dalam berkiprah di lingkungan masyarakat.

Adaptif. Fakultas Pertanian dan alumni Fakultas Pertanian bersifat adaptif, yang selalu dapat menyesuaikan diri dengan dinamika perkembangan zaman (aspek ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi).

Nyata berkarya. Semua sivitas akademika Fakultas Pertanian seharusnya berkarya secara nyata untuk kemajuan bangsa dan berkontribusi pada perubahan peradaban.