Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Agroindustri (S2)

Program Studi Teknik Agroindustri merupakan Program Pascasarjana Unhas yang diberi izin penyelenggaraan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (No. 119/E/O/2014 tertanggal 23 Mei 2014) untuk melakukan kajian dan pengembangan keilmuan di bidang agroindustri secara terpadu antara teknologi proses, peralatan dan sistem manajemen dalam pengelolaan agroindustri. Teknik agroindustri memiliki bidang kajian pada berbagai sektor pertanian yang meliputi teknologi proses dalam bidang pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan dan pengembangan teknik pengolahan dan peralatan yang diperlukan serta teknik manajemen dalam pengelolaan agroindustri.
Program Studi Teknik Agroindustri dirancang untuk menghasilkan magister yang memiliki kompetensi dalam melakukan analisis, pengembangan, perancangan, pengendalian proses, pengendalian mutu dan pengelolaan serta pemecahan masalah dalam bidang agroindustri. Teknik agroindustri mencakup penanganan pasca panen, industri hasil pertanian, hasil hutan, hasil perikanan, industri pengolahan makanan dan minuman, industri biofarma, industri bioenergi, industri pengolahan hasil ikutan, industri alat dan mesin pertanian dan jasa industri pertanian.
 
VISI :
Menjadi program studi yang aktif mengkaji dan mengembangkan ilmu dan teknologi melalui kegiatan pembelajaran dan penelitian inovatif untuk menghasilkan sumberdaya manusia dan iptek unggul dalam bidang agroindustri berbasis benua maritim menjelang tahun 2020

MISI :
1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan mengembangkan iptek inovatif dalam bidang agroindustri untuk membentuk lulusan magister yang kompoten, profesional dan beretika akademik.
2. Mengembangkan penelitian yang berkontribusi terhadap perkembangan iptek dan pemecahan masalah-masalah dalam bidang agroindustri.
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penyebarluasan IPTEK dan hasil-hasil penelitian yang mendukung pengembangan agroindustri di Indonesia
 
TUJUAN :
Sebagai Negara agraris dengan potensi sumberdaya alam yang melimpah, maka produk pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan perlu mendapat perhatian untuk peningkatan nilai tambah. Oleh karena itu agroindustri perlu dikembangkan sebagai objek formal dengan pembukaan Program Magister Teknik Agroindustri yang berperan dalam beberapa hal, antara lain:
a. Menghasilkan akademisi, peneliti, praktisi, dan manajer, yang profesional dalam bidang Agroindustri.
b. Menghasilkan lulusan yang mampu merencanakan, mengimplementasikan,  menganalisis, dan mengevaluasi bidang agroindustri yang komprehensif melalui pendekatan inter dan multidisiplin.
c. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan mengelola riset dalam pemecahan masalah  agroindustri untuk menunjang  pembangunan dan peningkatan nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat.

PROFIL LULUSAN
Lulusan yang dihasilkan dari Program Studi Teknik Agroindustri Pascasarjana Universitas Hasanuddin adalah magister profesional yang mampu mengembangkan, memecahkan masalah, mengelola riset dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknologi, teknik, dan manajemen proses agroindustri
 
KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi utama lulusan Progam Studi Teknik Agroindustri Pascasarjana Universitas Hasanuddin adalah mempunyai kemampuan:
1. Mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang agroindustri hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
2. Memecahkan masalah dengan menganalisis dan mengevaluasi berdasarkan prinsip agroindustri.
3. Mengelola riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional
Bidang keahlian pada magister agroindustri ada 2 yakni: (1) Teknologi proses, dan (2) Manajemen proses. Kompetensi lulusan berdasarkan bidang keahlian adalah:
Teknologi Proses; mampu mengembangkan proses atau bioproses produksi agroindustri yang efisien dan produktif dengan inovasi teknologi dalam mengkonversi berbagai komoditas baik secara kimiawi atau biokimiawi, maupun secara fisik/mekanik untuk menghasilkan produk dengan nilai tambah dan daya saing yang tinggi.
Teknik dan Manajemen Bioproses; mampu mengembangkan agroindustri denganinovasi teknologi dalam bidang rekayasa sistem dan bisnis agroindustri, dengan penggunaansumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran, melalui kegiatan atau penelaahan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian sistem agroindustri