Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Ilmu dan Teknologi Pangan (S2)


Ketua Program Studi: Prof. Dr. Ir. Meta Mahendradatta
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


 

I. PROFIL

Program Magister Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian Unhas mulai berdiri berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No 1770/D/T/2009 tanggal 5 Oktober 2009. Mahasiswa angkatan pertama diterima pada semester awal tahun ajaran 2010/2011.

Metode pembelajaran yang diterapkan adalah kuliah tatap muka, pemberian tugas kelompok maupun tugas mandiri untuk dipresentasikan di depan kelas, praktikum baik di dalam laboratorium maupun kunjungan ke industri. Sedangkan tugas akhir meliputi seminar usul, pelaksanaan penelitian, penulisan jurnal, penyusunan tesis, seminar hasil serta ujian tesis.

II. VISI PROGRAM STUDI
Menjadikan Program Magister ITP sebagai salah satu pusat pendidikan terkemuka di Indonesia, dalam bidang riset dan pengembangan agro-industri pangan meliputi tanaman pangan, hortikultura dan hasil perkebunan berlandaskan nilai-nilai budaya berbasis benua maritim.


III. MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister S2 yang berkompeten dalam bidang ITP   dengan reputasi tinggi dan menjunjung tinggi profesionalisme dan etika akademik yang berorientasi pada perolehan HKI dan publikasi karya ilmiah
  2. Menunjang kepentingan riset dan pengembangan bidang agro-industri dengan lebih terfokus pada produk pangan terutama di wilayah Kawasan Timur Indonesia

IV. TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Bidang Pendidikan: Menghasilkan lulusan magister (S2) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja dalam bidang Ilmu dan Teknologi Pangan.
  2. Bidang Penelitian: Menghasilkan riset-riset terbaru dan unggul untuk peningkatan nilai tambah produk pangan.
  3. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat: Melakukan pembinaan terhadap agroindustri pangan baik skala kecil, menengah dan besar khususnya di kawasan Timur Indonesia.

V. KOMPETENSI LULUSAN

  1. Mampu mengembangkan ilmu dan teknologi pangan melalui aspek proses dan manajemen dalam bidang industry pangan yang inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam bidang proses dan manajemen di industry pangan melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola dan mengembangkan industry pangan melalui riset yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

Info Lebih lanjut mengenai Prodi S2 Ilmu dan Teknologi Pangan dapat di download pada file attachment di bawah ini

Attachments:
Download this file (Berkas pembibingan-seminar hasil-ujian.zip)Berkas pembimbingan-seminar-ujian-S2 ITP[berisi kumpulan kelengkapan berkas unutk pembimbingan, seminar hasil dan ujian]355 Kb
Download this file (Profil S2 ITP Unhas.pdf)Profil Prodi S2 Imu dan Teknologi Pangan Unhas[Profil S2 Ilmu dan teknologi Pangan]836 Kb