Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Sarana Pendidikan

Fasilitas Pembelajaran

Fasilitas pembelajaran di Fakultas Pertanian dianggap masih sangat minim, dibanding dengan jumlah mahasiswa yang saat ini kurang lebih 2.000 orang. Fakultas Pertanian memiliki 15 ruang kuliah full AC (kapasitas bervariasi antara 50-150 orang) termasuk 1 lecture theatre yang dikelola langsung oleh fakultas, dan beberapa yang digunakan bersama dengan fakultas lain. Setiap ruangan memiliki Slide Projector, yang dapat digunakan setiap saat. Fakultas juga memiliki 30 laboratorium, 1 unit teaching industry, 4 unit rumah kaca (kondisi rusak) (lihat Gambar 1), 1 unit galery tanaman. Selain itu, juga terdapat kebun percobaan (experimental farm), yakni di bagian utara (belakang kampus Tamalanrea) seluas 10,24 ha, dan di MoncongloE seluas 15 ha. Saat ini juga terdapat kebun milik Fakultas Pertanian di Kabupaten Bulukumba, meskipun belum dikelola secara optimal.

 

Laboratorium

Fakultas Pertanian saat ini memiliki 31 laboratorium (disingkat lab); satu lab terpadu yang dikelola bersama oleh jurusan-jurusan, dan yang lainnya tersebar di masing-masing jurusan. Masing-masing lab dipimpin oleh satu kepala lab yang beranggotakan beberapa peneliti dalam bidang keahlian yang relevan, ditambah dengan laboran dan teknisi (meskipun saat ini tidak semua lab memiliki teknisi tersendiri). Dengan kata lain satu teknisi melayani beberapa lab dalam satu jurusan.

Menurut fungsinya, laboratorium di Fakultas Pertanian saat ini terdiri atas laboratorium pengajaran (teaching lab), laboratorium penelitian (research lab). Dalam pemanfaatannya, dua fungsi tersebut umumnya dijalankan secara bersama-sama dalam setiap lab di Fakultas Pertanian. Laboratorium-laboratorium tersebut tidak hanya digunakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian, tetapi juga dari fakultas lain di Unhas, serta beberapa universitas binaan seperti: Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP Gowa), Universitas Islam Makassar (UIM), Universitas 45 Makassar, dan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.