Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Penandatanganan kerjasama penelitian dan student exchange dengan Tohoku University - Jepang

Fakultas Pertanian menggelar penandatanganan MoU dan MoA pada tanggal 16 Maret 2015 sebagai awal kerjasama dengan Universitas Tohoku Jepang. Kegiatan yang terlaksana di Ruang Rapat A lantai empat gedung rektorat Unhas tersebut dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Unhas Prof. Sumbangan Baja bersama dosen perwakilan dari tiap jurusan di Fakultas Pertanian, serta dosen-dosen ahli pertanian dari Universitas Tohoku Jepang.

Prof. Sumbangan Baja selaku dekan Fakultas Pertanian Unhas menerangkan bahwa penandatanganan MoU kali ini adalah untuk membangun kerjasama banyak bidang. Adapun kerja sama yang terbentuk adalah riset, student exchange (pertukaran pelajar), pertukaran dosen dan juga riset fellowship. Riset fellowship sendiri merupakan sebuah penelitian dimana dosen dari fakultas pertanian Unhas dapat melaksanakan penelitian di Universitas Tohoku Jepang, dan begitupun sebaliknya.

“Harapan saya tentu saja kerjasama penelitian ini harus berjalan. Yang paling utama itu harus ada produk, dan produknya itu disamping artikel-artikel ilmiah yang dipublis di jurnal, juga dalam bentuk varietas padi dari hasil penelitian, berupa padi lokal dari mutasi gen” tegasnya siang itu.

Kerja sama yang dibentuk kali ini berupa Mou akademik Exchange yang berupa penelitian dosen dan mahasiwa. Yaitu kerja sama yang akan melibatkan mahasiswsa S2 yang terpilih serta dosen yang diusulkan untuk melakukan penelitian di sana.

Rinaldi Sjahril selaku panitia dan penggagas kegiatan tersebut menjelaskan bahwa pada  akhirnya melalui kerja sama ini Fakultas Pertanian Unhas dan Universitas Tohoku Jepang  akan membuat Konsorsium, yaitu penelitian bersama untuk 5 tahun kedepan. Sehingga jika ada dosen dari Fakultas Pertanian yang ingin mengembangkan penelitiannya, maka hal tersebut dapat didukung oleh konsorsium tersebut.

“Saya harap teman-teman dosen dan mahasiswa  dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kerja sama ini, karena kerjasama ini akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tuturnya siang tadi, Senin (16/3). Benny