Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Fakultas Pertanian mendapat Giliran Audit Surveillance



"Perlu dibicarakan bersama dengan pemimpin lainnya terkait skop penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dari seputar pengelolaan dan layanan administrasi diperluas ke proses perkuliahan di Fakultas Pertanian Unhas"" ujar Wakil Dekan II yang juga sebagai Manager Referensentative (MR) ISO menjawab saran Auditor dari SAI Global. Hal tersebut disampaikan pada acara Penutupan Audit Surveillance Audit 2, Rabu, 10 November  2015 di Ruang Dekanat Gedung Teaching Industri Lantai II.
Terkait penerapan SMM ISO 9001:2015 (versi terbaru), akan diprogramkan pada tahun 2016 yang didahului dengan training dan pengenalan SMM ISO 9001:2015, tambah Wakil Dekan II Dr. Ir. Andi Nasruddin, M.Sc. yang mewakili Dekan Fakultas Pertanian Unhas. "Semoga audit ini dapat menunjukkan ke kita apa yang tidak sesuai (kelemahan) sehingga ke depan  dapat ditingkatkan mutu layanan terhadap stakeholder kita", harap Nasruddin sebelum menutup acara Audit yang berlangsung dari tanggal 9 - 10 November 2015. Kegiatan Surveillance Audit 2 sendiri dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil.



Yuniawan Setyono, Auditor SMM ISO dari perusahaan sertifikasi ISO SAI Global membeber temuannya antara lain belum dicatat dampak pelatihan yang telah diikuti staf terhadap peningkatan kinerjanya, belum terpantau dengan baik pencapaian Sasaran Mutu. Disampaikan pula temuan Audit sebelumnya belum dicatat penyebab ketidaksesuaian dan cara tindakan perbaikannya, walaupun hampir semua temuan auditor sebelumnya telah dipenuhi dan dilaksanakan.
Auditor mengaudit MR/ISO Secretariat, Kasubag Keuangan dan Kepegawaian, Kasubag Pendidikan serta Kasubag Umum dan Perlengkapan.  Setiap unit tersebut ada temuan ketidaksesuaian namun tidak ada yang bersifat mayor sehingga Sertifikat ISO 9001:2015 tetap diperpanjang. “Penerapan SMM ISO 9001: 2015 berlaku mulai tahun ini dan masa penyesuaian sampai 2018” tutur Yuniawan menutup hasil temuannya.
Hadir pada acara penutupan tersebut Wakil Dekan I Prof.Dr.Ir.Hj. Sitti Bulkis, MS, Kepala Sekretariat ISO Drs. Mastam, M.M, para kasubag dan pengelola ISO Faperta Unhas. (Mastam)