Fakultas Pertanian Unhas

Fakultas Pertanian

 

Universitas Hasanuddin

Kuliah Umum Menteri Pertanian Republik Indonesia "Kewirausahaan Pertanian"

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr Ir Andi Amran Sulaiman, M.Si, memberikan kuliah umum di depan mahasiswa, dosen Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin dan sejumlah pejabat terkait di Provinsi Sulawesi Selatan. Kuliah umum berlangsung di aula Fakultas Pertanian, Kamis (13/12/2018), pukul 10.00 WITA.

 

Dalam kuliahnya yang berjudul Kewirausahaan Pertanian, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan sejumlah hal, di antaranya capaian pemerintah di sektor pertanian yang mengalami perkembangan membanggakan.

Selama empat tahun terakhir ini sektor pangan penyumbang penekan inflasi rendah dibandingkan dengan sektor lain, dimana inflasi pangan pada tahun 2018 hanya mencapai 1,26 persen dari 10,57 persen pada tahun 2014.

Nilai ekspor pertanian, nilai investasi serta kontribusi PDB Pertanian terhadap pendapatan nasional juga konsisten menunjukkan kenaikan.

Amran Sulaiman juga mengklaim, sejumlah indikator pertanian yang mengalami perkembangan tersebut merupakan capaian yang luar biasa bagi negeri ini.

Hanya saja, menurutnya, ada pihak-pihak yang kurang senang dengan kemajuan ini, sehingga capaian pemerintah dianggap tidak berhasil. “Memang berat, kami dibully, kami diserang, tapi harus diterima karena itu risiko jabatan,“ ungkap Menteri Amran.

Selain mempresentasikan kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di bidang pertanian, Amran Sulaiman juga memberikan motivasi kepada mahasiswa yang hadir.

Dia mengatakan kepada mahasiswa untuk mengubah mainset, perilaku, dan kebiasaan. Dia juga mendorong mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. Usaha di bidang pertanian, menurutnya, sangat menjanjikan, hanya saja membutuhkan perubahan dan kerja keras.

“Jadi kalau Anda mau kaya, pertama punya mimpi besar, orang besar bermimpi besar. Setelah mimpi besar, rubah mindset. Setelah berubah mindset berubah kebiasaannya. Kebiasaan buruk dibuang, ambil yang baik, kemudian ulangi terus menerus, “ katanya di depan ratusan mahasiswa yang hadir.